Frugal Living dan Penerapan Hemat Pangkal Kaya

Rajin pangkal pandai
Hemat pangkal kaya 
 

Siapa yang hemat dan tidak boros dalam mempergunakan uang, niscaya dia akan kaya. Makna kaya disini bukan sekadar rajin menabung lalu jadi kaya. Kalau kita hemat (tidak boros), kita akan punya simpanan dan cadangan uang untuk kondisi diluar dugaan, misal sakit, kecelakaan, atau hal darurat lain yang butuh uang sebagai solusinya.

Dalam istilah modern, hidup hemat dan tidak boros dinamakan frugal living. Jadi inti dari frugal living adalah mengatur pengeluaran secermat mungkin sesuai kebutuhan, bukan keinginan, dan menghindari pemborosan..

Tabungan dan Asuransi


Hemat pangkal kaya besar kemungkinannya tercapai kalau kita punya tabungan. Kalau masih ada sisa uang setelah disimpan di tabungan rutin, barulah kita melirik asuransi swasta dan investasi.

BPJS juga termasuk asuransi, tapi sifatnya diwajibkan oleh pemerintah sebagai bagian dari sistem Jaminan Kesehatan Nasional. Hal itu diatur dalam Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dikeluarkan 6 Januari 2022.

Kalau mau perlindungan berlapis untuk kesehatan atau kematian, kita perlu mengambil lagi asuransi dari perusahaan swasta. Bentuknya bisa asuransi kesehatan, kematian, pendidkan, atau kendaraan dan aset lain yang bisa diasuransikan.

Sedangkan investasi dibeli kalau kita sudah punya uang nganggur atau idle money. Idle money adalah sisa uang yang betul-betul tidak terpakai karena uang untuk kebutuhan dan tabungan sudah terisi.

Kalau mau investasi kecil-kecilan kita bisa beli koin emas yang dijual dengan berat 0,5 atau 1 gram. Namun harus diingat bahwa emas termasuk investasi, jadi belilah kalau kita sudah menyisihkan uang untuk kebutuhan sehari-hari dan tabungan.

Jangan sampai kita maksa beli emas, tapi dijual lagi dalam waktu dekat. Selisih nilai emas yang menghasilkan investasi baru terlihat dalam jangka waktu 3-5 tahun. Jadi simpan emas itu selama 3-5 tahun sebelum menjualnya kembali.

Frugal Living Vs Gaya Hidup Mewah Selebgram

 

Frugal living berkebalikan dengan gaya hidup selebriti internet, terutama selebriti Instagram (selebgram) yang gemar menampilkan gaya hidup mewah.

Beberapa selebgram sengaja menampilkan gaya hidup mewah karena mereka dapat penghasilan dari mempromosikan merek mewah, misal hotel bintang lima, tempat liburan mewah, atau barang-barang branded lain yang harganya mahal.

Related: Luxury Influencer Gaya Hidup Mewah Selebgram untuk Sponsor dan Iklan

Kalau kita mau menerapkan hemat pangkal kaya atau frugal living, hindarilah membuka medsos terlalu sering karena kita bisa tergoda membeli barang yang tidak kita perlukan.

Sering membuka medsos juga bisa membuat kita melakukan hal sama seperti orang lain, seperti makan di resto viral, membeli tas dan sepatu keluaran terbaru, atau liburan ke tempat eksotis.

Hal itu rentan bikin kita boros karena membelanjakan uang untuk hal yang sebenarnya gak rugi kalau kita gak beli.

Asal Kata Frugal Living

 

Arti frugal menurut Oxford Languages adalah hemat atau ekonomis yang berkaitan dengan uang atau makanan. 

Sedangkan menurut Britannica Dictionary frugal artinya berhati-hati dalam membelanjakan uang atau menggunakan barang saat tidak diperlukan. Arti lainnya: membelanjakan uang dengan hati-hati.

Jadi terjemahan bebas dari frugal living adalah gaya hidup hemat yang cermat dalam membelanjakan uang untuk kebutuhan yang tepat.

Cara Mudah Menerapkan Frugal Living Sehari-hari

 

Selalu ingat bahwa hemat pangkal kaya adalah cara termudah menerapkan frugal living. Namun perlu diingat hemat tidak sama dengan pelit. 

Orang pelit cenderung tidak mau mengeluarkan uang bahkan untuk kebutuhan yang diperlukan. Sedangkan orang hemat membelanjakan uang sesuai skala prioritas. Walau harganya mahal, tapi kalau memang diperlukan dan sesuai kebutuhannya saat itu, orang hemat tetap mau mengeluarkan uang walau dengan perhitungan cermat. 

Berikut cara menerapkan frugal living tanpa kita harus jadi seperti orang pelit.

1. Masak dan ngopi di rumah

Masak sendiri dengan bahan yang dibeli di tukang sayur atau supermarket. Masak sendiri lebih hemat dibanding beli makanan matang atau lewat GoFood.

Kalau kamu anak kost yang sedang berhemat, hindari makan mi instan sebab hitungannya lebih boros dan kurang sehat bagi tubuh.

Masaklah nasi untuk 3x makan dalam sekali masak. Lauknya cukup sebutir telur bergantian dengan tempe dan tahu. Telur, tahu, dan tempe goreng sudah lezat dimakan hanya dengan kecap tanpa tambahan bumbu lain.

Nasi membuat perut kenyang lebih lama yang membuat kita terhindar dari jajan lagi jajan lagi.

Ngopi-ngopi cantik di kafe juga tidak perlu kalau kita bisa ngopi sendiri dengan menyeduh kopi sachet di rumah sambil mendengarkan musik atau siaran radio.

2. Beli skincare sesuai kebutuhan kulit

Hindari membeli skincare hanya karena skincare itu viral atau digunakan oleh selebritas. Pastikan skincare itu sesuai kebutuhan kulit dan tidak bikin kulit bermasalah (bruntusan, merah-merah, dan berjerawat).

Hal sama berlaku untuk kosmetik. Beli merek kosmetik yang sesuai undertone dan skintone serta jenis kulit.

Related: Undertone dan Skintone Supaya Kulit Tidak Seperti Topeng Saat Pakai Kosmetik

Kalau kita cocok pakai mereka Viva, tidak perlu maksa pakai mereka Korea.

3. Tidak perlu gonta-ganti kendaraan

Sudah punya 2 mobil masih ingin tambah? Kalau tumah kita sempit dan mobilitas sudah tercukupi dengan 2 mobil saja, tidak perlu beli mobil ketiga.

Motor atau mobil yang kita pakai juga tidak perlu diganti tiap tahun sebab harga kendaraan selalu turun. Sering gonta-ganti mobil bikin kita jadi boros kecuali kita seorang Raffi Ahmad atau Sultan Brunei yang saking kebanyakan duit malah bingung ngabisinnya lalu jadi koleksi mobil.

4. Tinggal sementara di rumah orang tua atau mertua

Jangan gengsi dan malu tinggal serumah dengan mertua dan ipar kalau kita belum punya uang untuk sewa atau bayar DP kredit rumah.

Tinggal bersama orang tua atau mertua bisa menghemat pengeluaran apalagi kalau kamu pengantin baru.

5. Liburan Sesuai Kemampuan

Liburan itu penting bagi kesehatan jiwa raga, tapi tidak perlu ikut gaya liburan keliling dunia ala Syahrini. Pun tidak semua orang kaya di Indonesia punya gaya hidup seperti Syahrini, terutama mereka yang kaya dari lahir atau yang merintis usaha dari nol.

Sesuaikan liburan dan healing dengan isi kantung supaya terhindar dari jeratan pinjaman online (pinjol).

Kalau kita terhibur dengan pertunjukkan tari topeng di halaman balai desa atau organ tunggal di pernikahan tetangga, tidak perlu lagi cari hiburan di tempat mahal. Karena bahagia itu sederhana.

Inti dari gaya hidup frugal living adalah hemat tapi tidak pelit. Mudah sekali dilakukan kalau kita mau. Namun frugal living mungkin tidak bisa diterapkan kalau kita ada dalam circle anak gaul, sosialita, penggemar arisan, atau social media-minded.

Berada dalam circle-circle tersebut rentan membuat kita mengeluarkan uang berlebihan terutama untuk hal-hal kecil seperti nongkrong di suatu tempat, belanja barang terbaru, atau datang ke tempat tertentu untuk kebutuhan tampil di medsos.

Penting bagi kita untuk berada dalam circle yang mendukung frugal living atau sama sekali tidak berada dalam circle mana pun. Berteman tanpa harus ada dalam circle itu bisa banget, lho!

0 komentar

Posting Komentar