Supaya Muka Tidak Seperti Topeng Atau Kusam, Ini Cara Pilih Warna Bedak dan Foundie yang Tepat

Tujuan mengaplikasikan foundation adalah untuk menyamarkan ketidaksempurnaan wajah, misal bekas jerawat, flek hitam, bekas luka, atau bekas cacar. Begitu juga dengan bedak, kita pupurkan supaya wajah kelihatan segar dan cerah. 

Tapi pas dipakai, kok, muka kita jadi kelihatan kayak topeng. Padahal kita pakai bedaknya tipis-tipis, tanpa foundation pula. Ada juga yang mengalami muka malah jadi kusam 1-2 jam setelah pakai bedak.

Muka yang kusam terjadi karena warna bedak mengeluarkan rona keabu-abuan. Rona abu-abu itu terjadi bedaknya (atau foundation) teroksidasi dengan sinar matahari dan polusi yang bikin wajah jadi berwarna abu-abu.

Supaya muka terlihat segar, cerah, dan tidak jadi kusam atau seperti pakai topeng, kiatnya adalah mengaplikasikan shade atau warna foundation dan bedak yang sesuai dengan undertone dan skintone kulit.

Supaya tidak kusam atau mengabu-abu, wajah harus betul-betul bersih. Setelah membersihkan wajah, pakai toner, serum, dan pelembab seperti biasa. Gunanya supaya kelembaban wajah terjaga dan tidak menimbulkan banyak minyak.

Paduan sinar matahari, polusi, dan minyak di wajah akan memunculkan roba abu-abu. Makanya pemilik wajah berminyak justru wajib pakai pelembab untuk mengunci produksi minyak.

Pemakaian pelembab juga wajib bagi pemilik kulit kering supaya wajah jadi lembab saat diaplikasikan foundation dan bedak. Kulit wajah yang kering bisa bikin bedak tampak retak-retak (cakey dan cracky).

Setelah pelembab barulah kita aplikasikan sunscreen. Jadi sunscreen dipakai sebelum foundation. Kalau wajah tidak bermasalah dan mulus-mulus saja, lewatkan pemakaian foundation, langsung bedak saja. 

Namun sunscreen tidak boleh dilewatkan, bahkan kalau kita akan keluar rumah tanpa bedak, pemakaian suncsreen tetap wajib untuk mencegah kerusakan kulit dari paparan sinar ultraviolet matahari.

Kerusakan kulit ini tidak langsung kita alami. Biasanya terjadi 3-5 tahun setelah sering terpapar matahari tanpa sunscreen atau bedak yang mengandung SPF (sun protection factor).

Undertone

 

Undertone adalah warna kulit asli bawaan lahir yang bisa dilihat dari warna urat nadi. Setelah tahu apa jenis undertone, baru, deh, kita lihat penampakan warna kulit wajah apakah gelap, sedang/medium, atau terang. 

Cara menentukan undertone lihat urat nadi kamu dibawah cahaya matahari atau lampu yang terang.

Urat nadi berwarna hijau artinya undertone kamu warm atau yellow, maka pilihkan warna bedak untuk kulit warm/yellow undertone. Kamu bisa tanya ke beauty advisor atau mbak-mbak yang ada di booth yang menjual produk makeup Bisa juga ditanyakan ke penjual di marketplace atau toko online.

Urat nadi warna ungu artinya kamu punya undertone cool. Undertone cool ini punya nuansa pink (rona merah muda) dikulit, makanya sering disebut juga dengan pink undertone. Pink undertone lebih banyak dimiliki orang bule terutama Inggris dan sekitarnya.

Sedangkan undertone orang Asia lebih banyak warm/yellow atau campuran yellow dengan pink/cool undertone.

Urat nadi campuran antara ungu. hijau, atau biru artinya kamu pemilik undertone neutral. Kamu bisa pakai shade bedak warna apa saja. Yang penting tetap pakai pelembab dan sesuaikan shade dengan skintone supaya wajah tidak jadi seperti pakai topeng.

Sumber: nykaa

Wajah yang jadi keabu-abuan saat pakai bedak selain disebabkan karena matahari, polusi, dan wajah yang kelewat berminyak, juga disebabkan pemilihan shade foundie dan bedak yang tidak sesuai dengan undertone. Jadi pastikan dulu undertone kamu sebelum memilih warna foundie dan bedak.

Skintone 

 

Skintone adalah warna kulit yang langsung terlihat oleh mata. Skintone dapat berubah jadi lebih putih atau gelap karena paparan sinar matahari, pemakaian skincare, kosmetik, atau penggunaan obat-obatan.

Makamya ada banyak dari kita yang kulit wajahnya lebih gelap daripada kulit leher, terutama yang berjilbab. Skintone asli dapat dilihat dari warna kulit yang tidak pernah terbuka, seperti perut dan punggung.

Misal undertone kita warm lalu kulit wajah kita terang, berarti kita pilih shade yang light atau light to medium. Kalau kulit wajah sawo matang, pilih shade yang medium.

Bila skintone selalu berubah sesuai paparan yang kita terima, undertone tidak berubah dari lahir sampai kita tutup usia. Itulah sebabnya perusahaan kosmetik kini memberi pilihan warna yang disesuaikan dengan undertone.

Kapan Perlu Pakai Foundie

 

Kalau kamu pekerja kantoran, pemakaian foundation mungkin perlu walau tidak wajib. Foundie bisa menjaga wajahmu tetap good-looking yang mengesankan kamu orang yang rapi dan profesional.

Para frontliner seperti customer service, teller, kasir, front desk hotel, pramuniaga, sales promotion girl, dan bagian layanan masyarakat lainnya juga perlu pakai foundation tiap kerja supaya wajahnya rapi dan enak dilihat.

Tidak perlu pakai riasan tebal, cukup oleskan lipstik (atau lipcream dan sejenisnya) dan pensil alis untuk mempertegas bentuk alis. Warna alis yang saya rekomendasikan untuk tampil natural adalah abu tua atau abu muda yang sesuai dengan warna kulit dan rambut orang Indonesia.

Pensil alis warna coklat lebih cocok dipakai kalau kamu berkulit putih dan punya warna rambut pirang, coklat, coklat terang, merah, atau coklat kemerahan.

Siapa yang tidak perlu pakai foundie tiap hari:

1. Anak kuliahan. Mahasiswi (dan mahasiswa) lebih perlu pakai pelembab, sunscreen dan bedak two way cake saja. 

Bedak two way cake sudah mengandung foundie yang bisa menutupi kekurangan kulit wajah.

2. Ibu rumah tangga. Cukup pakai foundie ketika arisan atau saat ada acara sosial lainnya.

Saat antar-jemput anak sekolah sebetulnya ibu rumah tangga tidak perlu pakai foundation karena pemakaian skincare lebih dibutuhkan daripada makeup

Sama seperti mahasissi, pelembab, sunscreen dan two way cake saja sudah cukup. Kalau ada dana lebih, belilah toner, krim mata, dan serum yang dipakai sebelum pelembab dan sunscreen.

Kalau mau wajah lebih flawless, basahi spons two way cake dan bubuhkan diwajah dengan cara ditepuk-tepuk sampai rata.

3. Pedagang. Pedagang sebetulnya tidak perlu pakai bedak karena akan membuat muka jadi cemong dan belang-bentong kena panas matahari dan keringat.

Pedagang keliling atau yang sering mengantar pesanan ke tempat pelanggan lebih butuh pakai sunscreen. Jadi sunscreen saja sudah cukup. Kalau ada budget lebih boleh beli serum dan pelembab untuk menjaga kesehatan kulit wajah.

***

Kalau kamu mau sering pakai foundation supaya wajah terlihat mulus terus, pakailah foundation yang seperti berikut.

  • Mengandung pelembab untuk menjaga kelembaban kulit, walau kamu sudah pakai pelembab.
  • Tidak menutup pori-pori, supaya tidak jerawatan.
  • Non-comedogenic alias tidak menimbulkan komedo.
  • Natural coverage. Natural coverage artinya tidak menutupi noda hitam dan bekas jerawat sampai mulus tidak terlihat, tapi masih membuat wajah segar dan hampir tidak bernoda.

Dandan tanpa bikin muka seperti topeng atau jadi kusam abu-abu ternyata mudah. Intinya cuma pakai pelembab untuk menjaga kelembaban, baik yang wajahnya kering atau berminyak. Lalu sesuaikan warna bedak (atau foundation kalau mau pakai) dengan undertone dan skintone.

Untuk mencegah muka jadi menor, cukup pakai pensil alis dan lipstik. Dengan itu saja kamu sudah kelihatan kece, kok!

0 komentar

Posting Komentar