Luxury Influencer, Gaya Hidup Mewah Selebriti Internet untuk Sponsor dan Iklan

Syahrini bisa disebut pelopor luxury influencer paling sukses di Indonesia, sebelum disalip Nagita Slavina. Mengawali karir dari menyanyi, Syahrini lantas dikenal karena gaya hidupnya yang glamor, mewah, dan serba mahal. Tiada barang lokal, apalagi yang murah, menempel di tubuhnya. 

Syahrini juga jadi selebriti yang memamerkan Lamborghini Aventador dan ikut konvoi dengan rombongan klub Lamborghini. Belakangan diketahui bahwa Lamborghini itu hanya disewa olehnya, bukan dibeli.

Apa Itu Luxury Influencer?


Luxury influencer atau pemengaruh kemewahan adalah orang yang dibayar untuk mempromosikan merek dan produk yang mahal. 

Karena itulah gaya hidup seorang luxury influencer terlihat mewah dan glamor karena dia merepresentasikan merek dan barang yang harganya selangit. Selangit menurut orang kebanyakan bisa jadi cuma secuil bagi orang kaya.

Dia juga bisa mempromosikan beberapa produk dari jenama (merek) yang berbeda dalam satu sesi foto. Misal, dia sedang berpose di lapangan golf. Produk yang dia promosikan bisa berupa set tongkat golf, topi, kaus, rok, sepatu, jam tangan, sampai tabir surya dari brand berbeda.

Walau yang seperti itu memang jarang terjadi, tapi dimungkinkan bila si influencer dibayar untuk secara tidak langsung mempromosikan produk-produk itu. Gunanya supaya si influencer tetap tampil sesuai gayanya sehari-hari dan tidak tampak seperti sedang mempromosikan suatu produk.

Seorang luxury influencer atau pemengaruh kemewahan kerap kali diharuskan glamor dan jadi trendsetter. Itu karena produk yang dipromosikannya hanya bisa dibeli oleh orang berduit dan orang yang tidak ingin punya barang "pasaran" yang dipakai banyak orang.

Foto dari akun Instagram luxury influencer Tara Whiteman yang sedang berada di Dubai (intagram/taramilktea)

Siapa yang Bisa Melakoni Pekerjaan Sebagai Luxury Influencer?


Semua orang, terutama mereka yang punya paras rupawan karena umumnya kemewahan berbanding lurus dengan kebersihan tubuh, kerapian penampilan, dan keidealan bentuk tubuh.

Seseorang juga harus senang travelling dan tidak risih membeli barang berharga mahal. Plus, dia harus punya jutaan follower di media sosial (terutama Instagram) atau platform berbagi video YouTube dan TikTok.

Tidak semua orang yang punya jutaan follower di Instagram bisa jadi luxury influencer karena dia harus lebih dulu memajang gaya hidupnya yang mewah. Setelah itu baru merek-merek mahal membayarnya untuk mempromosikan produk. 

Berapa Pendapatan Luxury Influencer?


Orang yang ingin produknya dipromosikan oleh Syahrini untuk dipamerkan di Instagram harus membayar Rp150 juta untuk satu foto dan pose. Tarif endorse ratusan juta itu sepadan karena Syahrini punya 38,7 juta follower.

Sebanyak 70-80 persen dari follower biasanya sangat loyal terhadap orang yang di-follownya. Jumlah sebanyak itu adalah pasar potensial buat para pengusaha untuk menarik pasar sebanyak mungkin.

Bagaimana kalau 80% followernya loyal, tapi berkantong cekak? Mereka memang cekak, tapi jumlah mereka cukup untuk membuat trending sebuah nama atau produk. 

Kalau sesuatu sudah jadi tren di media sosial, berarti branding yang dibuat untuk suatu produk sudah berhasil. Nama brand itu akan menguat di benak masyarakat. Selanjutnya orang akan membeli barang mahal yang menurut mereka unik dan tinggi kualitasnya.

Kenapa Orang Senang Menonton Selebriti Adu Kemewahan?


Jawabnya mudah, untuk kesenangan semu. Seolah mereka ikut menikmati kekayaan dan kegembiraan hidup yang bergelimang harta. Padahal makin sering kita nonton yang seperti itu, makin kita jadi pemalas dan pengkhayal.

Bukannya malah termotivasi untuk jadi orang berduit juga?

Kalau nontonnya sesekali mungkin iya. Kita termootivasi untuk kreatif dan giat bekerja, tapi kalau sering kita malah jadi terlena. Merasa kita sudah bahagia walau cuma nonton para selebriti liburan ke mana-mana, pakai sepatu mahal, dan punya muka glowing. Akibatnya kita jadi terlena dan tumpul. 

Top 10 Luxury Influencer Dunia


Ternyata orang yang disebut sebagai Top 10 Luxury Influencers versi situs influence4you.com semuanya tidak punya follower puluhan juta seperti Syahrini, Raffi-Nagita, bahkan Bella Shofie.

  1. iamrenanpacheco.
  2. taramilktea
  3. jeremyaustiin
  4. ericasgirlyworld
  5. amelialiana
  6. lornaluxe
  7. andathousandwords
  8. leoniehanne
  9. theluxurytraveller
  10. ericconover

Mereka disebut luxury influencer bukan karena gaya hidupnya, tapi pekerjaannya sebagai kreator konten kemewahan dan mempromosikan tempat-tempat eksotis di seluruh dunia. Walau followernya tidak sampai juta-jutaan, 6 dari influencer ini sudah bercentang biru di Instagram, alias terverifikasi sebagai orang yang punya pengaruh atau orang penting.

0 komentar

Posting Komentar