Pilih Kamar Superior dan Deluxe Hotel Bintang 4 Atau Suite Bintang 3 untuk Menginap?

Kalau ingin memilih hotel untuk perjalanan dinas, wisata, atau staycation yang nyaman dengan fasilitas mendekati lengkap, emperbaca.com sarankan memilih hotel minimal yang berbintang 3.

Di hotel bintang 3 kita sudah dapat complimentary berupa air mineral botol, teh, dan kopi serta pemanas air. Kamar mandinya juga sudah tersedia amenities seperti handuk, sabun, sampo, sikat gigi, dan pasta gigi.

Karena sudah ada handuk kita tidak perlu membawanya lagi dari rumah. Lumayan tidak menuh-menuhin koper. Namun, kalau ragu dengan higienitasnya, boleh saja bawa handuk sendiri.

Secara umum tipe kamar di hotel berbintang 1-5 terbagi jadi Standart Room, Superior Room, Deluxe Room, Junior Suite Room, Suite Room, dan Presidential Suite. 

Presidential Suite

 

Ini bukan kamar khusus para presiden, melainkan kamar paling mahal dan mewah yang ada di hotel berbintang. Makanya tidak semua hotel punya Presidential Suite, tergantung letak dan lokasi hotel. 

Selain fasilitas super mewah, pemandangan dari jendela kamar Presidential Suite haruslah spektakuler. Misal, pencakar langit, laut, kandang jerapah, atau bahkan di pinggir tebing. 

Itu sebab Presidential Suite di hotel bintang 5 tarifnya mencapai ratusan juta per malam. Selain mewah dan menawarkan fasilitas ala sultan, luas kamarnya pun berkisar antara 148-198 meter per segi tergantung di hotel bintang berapa kita menginap.

Perbedaan Mencolok Hotel Bintang 3 dan 4

 

Orang yang jarang menginap di hotel mungkin kesulitan membedakan kenyamanan hotel bintang 3 dan 4. Wajar saja karena dari tampilan bangunan, keramahan staf, bahkan harga sewa kamar hampir serupa kalau sedang ada promo. 

Perbedaan paling kasat mata dapat dilihat dari hal berikut.

1. Lobby

Lobby hotel bintang 4 lebih berkilau daripada bintang 3. Lantai marmernya mengkilat, dindingnya dihias lukisan, sudut-sudut lobby berhias pajangan, sofanya dari beludru empuk dan lembut, dan selama kita berada di lobby bau harum samar-samar menguar di hidung.

Sementara itu, memasuki lobby hotel bintang 3 lebih terasa seperti memasuki rumah atau kantor lembaga bantuan hukum yang bersih dan nyaman, tapi tidak terasa mewah.

2. Lift

Lift hotel bintang 4 hanya bisa jalan kalau tamu menempelkan kartu kamarnya di dalam lift. Sedangkan tamu hotel bintang 3 masih bisa menggunakan lift tanpa kartu tamu. 

Malahan di beberapa hotel bintang 4 tamu tidak dapat naik ke lantai yang berada di atas lantai kamarnya. Kalau tamu ingin naik, mereka harus lanjut menaiki tangga.

3. Spa dan Gym

Semua hotel bintang 4 pasti dilengkapi spa dan gym untuk tamu relaksasi dan berolahraga. Namun, dua layanan itu tidak ada di hotel bintang 3. 

Spa yang ada di hotel bintang 3 hanya berupa pijat (massage) dengan tarif yang lebih murah tanpa lulur dan mandi uap.

Fasilitas Kamar Superior dan Deluxe Hotel Bintang 4

 

Tipe kamar Standart sudah pasti cocok untuk yang traveling atau dinas sendirian karena memang diperuntukkan bagi tamu individu yang tidak butuh fasilitas kamar berlebihan.

Diatas kamar Standart ada kamar Superior dan Deluxe yang punya luas ruangan dan fasilitas lebih baik. Luasnya 21-28 meter per segi.

Amenities di kamar mandi Superior dan Deluxe ada tambahan seperti conditioner, sisir, shower cap, sanitary bag, dan hairdryer yang sangat berguna buat para perempuan, terutama  yang berjilbab. 

Lebih nyaman buat perempuan mengeringkan rambutnya lebih dulu sebelum beraktivitas. Pun yang berjilbab lebih nyaman dan sehat menutup kepala setelah rambut kering supaya tidak merusak batang rambut dan menimbulkan ketombe.

Handuk di bintang 4 juga lebih tebal dan lebar daripada semua kamar di bintang 3 kecuali Presidential Suite. Selain handuk mandi, kamar Superior dan Deluxe juga menyediakan handuk untuk keset dan handuk kecil untuk mengeringkan wajah dan tangan.

Kelebihan Menginap di Kamar Suite Bintang 3

 

Secara umum luas ruangan kamar Junior Suite dan Suite bintang 3 dan 4 berkisar antara 50-100 meter per segi dilengkapi dengan ruang tamu yang terpisah dari kamar mandi dan lemari baju. 

Pelayanan untuk tamu Suite di hotel bintang 3 dan 4 juga sama, yang membedakan adalah harga kamar Junior Suite dan Suite di bintang 3 sama dengan kamar tipe Superior dan Deluxe di bintang 4.

Artinya, dengan harga sama kita bakal dapat layanan lebih baik di Suite bintang 3 yang tidak kita dapatkan kalau kita menginap di kamar "biasa"hotel bintang 4.

Pelayanan cuma-cuma yang kita dapat kalau menginap di Suite bintang 3.

1. Pelayanan super ramah dari staf front desk saat check-in dan pelayanan super ramah dari staf restoran kalau kita pesan makanan via room service.

2. Diingatkan untuk sarapan walaupun kita sudah sarapan duluan di restoran hotel.

3. Ditawari makan menu tertentu dan dilayani di tempat saat sarapan di restoran hotel.

Kita boleh menolak tawaran pelayanan ini kalau mau ambil sendiri dan leluasa mengambil porsi menu sesuai keinginan.

4. Desain dan gambar sandal hotel kamar Suite beda dengan tipe kamar dibawahnya. 

Kalau kita jalan-jalan di seputar hotel untuk ke kolam renang, restoran, atau lounge dan lobby, staf hotel akan langsung mengenali kita sebagai tamu Suite.Maka sapaan super ramah akan kita dapat dari mereka.

5. Pada pukul 10.00-11.00  front desk akan menelpon kamar kita untuk bertanya apa kita akan menambah durasi menginap atau check out.

Yang Cocok Menginap di Suite Bintang 3 

 

Mereka yang ingin menjadi raja kecil di tempat yang kecil cocok menginap di Suite bintang 3 walau fasilitasnya sama dengan kamar "biasa" di bintang 4.

Buat mereka tidak masalah hanya menginap di hotel bintang 3 asalkan bisa dapat pelayanan dan fasilitas yang memuaskan hati.

Bacaan Lain

  1. Bintang 4 Mungil Ala Luminor Purwokerto 
  2. Baobab Safari Resort Bangun Tidur Disambut Impala dan Sejuknya Gunung Arjuna

Keluarga kecil dengan 2-3 anak juga lebih cocok menempati kamar Suite bintang 3 karena ruangannya luas dan tidak harus menyewa extra bed yang mahal. Daripada menyewa dua kamar Superior atau Deluxe bintang 4,  lebih ekonomis menyewa satu Suite di bintang 3.

Yang Cocok Menginap di Superior dan Deluxe Bintang 4


Hotel bintang 4 cocok untuk kalangan menengah yang sudah biasa dengan kenyaman finansial dan standar hidup mapan. Mereka tidak menginginkan pelayanan berlebihan, tapi ingin tempat menginap yang mencerminkan status sosial mereka. 

Buat mereka tidak penting menginap bukan di kamar Suite, yang penting di hotel mana kita tidur, bukan di kamar apa kita menginap.

***

emperbaca.com mengulas tentang hotel bintang 3 dan 4 karena harga sewa kamarnya masih terjangkau di kantong kelas menengah daripada bintang 5 yang sudah super mewah.

Anda juga bisa mengombinasikan menginap satu malam di hotel bintang 3 lalu esoknya pindah ke hotel bintang 4. Selain menghemat anggaran, menginap di hotel beda bintang bisa menambah keseruan staycation dan pengalaman menginap.

0 komentar

Posting Komentar