5 Jenis Suara Dalam Tipe Vokal Bass

Bass atau bas adalah tipe vokal paling rendah dalam jenis suara penyanyi pria. Rendah dalam artian, bila suara yang muncul saat seorang lelaki menyanyi terdengar berat berdebam, itulah suara bass. Jangkauan nada tipe vokal bass ada di nada E hingga C1. 

Penampilan penyanyi bass opera asal Jerman, Kurt Moll (1935-2017) foto: New York Times.

Penyanyi Indonesia yang punya suara bass adalah Broery Marantika yang dikenal dengan nama Broery Pesolima. Ada pula Bob Tutupoli dan Kris Biantoro.

Waduh, apa enggak ada penyanyi bass yang lebih kekinian dari era 1070 dan 1980-an? Ada. Fabio Asher dan Jourdry Pranata bisa disebut sebagai penyanyi masa kini yang bersuara bass. Menengok kebelakang ada Baby vokalis band Romeo dengan lagu hitsnya berjudul Bunga Terakhir.

Jarang ada penyanyi pop bersuara bass dimungkinkan karena tipe suara lebih cocok untuk pertunjukkan opera. Barry White mungkin jadi satu dari sedikit penyanyi jazz terkenal dunia yang bersuara bass.

Vokal Bass di Pertunjukkan Opera


Pada abad 18, meski penyanyinya sering dapat peran sebagai penjahat, suara bass punya peran struktural yang penting sebagai fondasi harmoni yang mendukung penyanyi tenor. Para penyanyi tenor selalu jadi pemeran utama, tapi tanpa penyanyi bass, sebuah pertunjukkan opera akan hambar dan tidak menarik.

Menarik Dibaca: Kekhasan Opera dan Operet dari Drama Musikal

Berperannya penyanyi bass jadi penjahat atau orang tua dan orang yang lemah karena tipe vokal bass (pada masa itu) dianggap tidak butuh virtuoso tinggi seperti penyanyi tenor. Virtuoso dalam dunia tarik suara berarti teknik menyanyi yang sulit dipelajari sehingga penyanyi yang menguasainya dapat disebut sebagai maestro.

Subkategori Tipe Vokal Bass


Seperti semua tipe vokal manusia, jenis suara bass juga punya subkategori. Banyaknya jenis suara hanya dari vokal bass saja, membuktikan bahwa manusia diciptakan oleh Yang Maha Kuasa dengan segala keunikannya.

Bacaan Keren: Suara yang Termasuk Tipe Vokal Sopran

Berikut adalah tujuh jenis suara yang termasuk dalam tipe suara bass.

1. Basso cantante (singing bass). Jenis bass ini punya jangkauan paling tinggi dan lebih liris. Vibrato penyanyinya lebih cepat dan biasa dinyanyikan penyanyi opera Italia daripada Jerman atau Prancis. 

2. Hoher bass (high bass). Sering disebut juga sebagai bass-baritone karena jenis vokal ini terlalu rendah untuk disebut baritone, tapi masih terlalu tinggi untuk disebut sebagai bass.

Istilah hoher bass muncul di akhir abad ke-19 untuk menggambarkan penyanyi bass di pertunjukkan opera Wagnerian di Jerman.

3. Jugendlicher bass (juvenile bass) alias suara bass khas anak muda. Meskipun penyanyinya sudah tua, bila karakter vokal bassnya ringan dan seperti suara anak muda, si penyanyi termasuk dalam vokal jugendlicher bass.

4. Basso buffo (funny bass). Pada opera, suara basso buffo sering menyemarakkan suasana karena tingkah lucunya. Karakter suara penyanyi bersuara basso bass cenderung riang, gesit, dan seperti diselipkan tawa. Penyanyi basso buffo paling terkenal adalah Enzo Dara asal Italia yang lahir pada tahun 1938 dan wafat pada 25 Agustus 2017.

Menurut J. B. Steane dalam Voices, Singers & Critics, suara basso profondo berasal dari metode produksi nada yang menghilangkan vibrato cepat khas Italia. Hasilnya adalah ketukan yang lebih lambat, tapi dengan "goyangan" nada yang lebih cepat.


5. Dramatic basso profondo (low bass). Jenis suara bass paling rendah dan paling kuat. Penyanyi basso profondo terkenal era 1980-an adalah Mikhail Zlapolsky dari Uni Soviet dan Boris Christoff dari Bulgaria.

0 Comments

Posting Komentar