Perbedaan Multiverse Milik Doctor Strange dengan Metaverse

Kalau Anda pernah nonton film Doctor Strange in the Multiverse of Madness lalu mengaitkannya dengan metaverse, itu tidak tepat. Multiverse adalah alam semesta yang jumlahnya banyak, sedangkan metaverse adalah kehidupan di dalam internet.

Pada Doctor Strange in the Multiverse of Madness, Dr. Stephen Strange berkeliling ke multiverse (multisemesta) bersama para sekutu mistiknya dan menghadapi musuh baru yang misterius.

Walau internet adalah bagian dari semesta, ada perbedaan yang mencolok antara multiverse dan metaverse.

(emperbaca.com)

Multiverse

Menurut Ensiklopedia Britannica, multiverse adalah kumpulan hipotetis dari alam semesta yang teramati secara beragam. Masing-masing bagian dari alam semesta dapat diakses secara eksperimental oleh komunitas pengamat yang saling terhubung. 

Alam semesta yang diketahui dapat diamati oleh teleskop berukuran sekitar 90 miliar tahun cahaya.

Sedangkan Hipetetis berarti tidak berdasarkan suatu pengetahuan karena masih berupa dugaan atau sangkaan. 

Maka itu secara umum multiverse (multisemesta) berarti semua yang ada di alam semesta dan (mungkin hidup secara bersamaan antargalaksi (secara nyata, tidak di dalam jaringan seperti internet).

Istilah multiverse diciptakan oleh filsuf Amerika William James pada tahun 1895 untuk merujuk pada makna moral yang membingungkan dari fenomena alam dan bukan pada kemungkinan alam semesta lainnya.

Di film Spiderman: No Way Home, Spiderman kedatangan musuh-musuh lama dari multiverse karena mantra Doctor Strange mengalami malfungsi. Disini pengertian multiverse bukan lagi alam semesta dengan banyak planet, bintang, dan galaksi, tapi bergeser menjadi; alam yang sama dengan dunia nyata tempat tinggal manusia. 

Dengan kata lain multiverse adalah dunia paralel dimana orang-orang yang sama seperti kita menjalani hidupnya di dunia lain. 

Menurut Admin, sih, itu bukan multiverse, tapi alam barzakh alias alam jiwa tempat arwah orang yang sudah meninggal menunggu sampai kiamat tiba.

Beda pengertian multiverse dari yang diketahui umum dan yang ada di Doctor Strange sangat wajar. Gagasan multisemesta telah muncul dalam banyak versi, terutama dalam kosmologi, mekanika kuantum, dan filsafat. Semuanya menegaskan keberadaan fisik aktual dari berbagai konfigurasi potensial atau sejarah alam semesta yang diketahui dari pengamatan.

Fisikawan Max Tegmark dan ilmuwan komputer JΓΌrgen Schmidhuber menganggap multiverse adalah alam semesta yang setara dengan sistem formal matematika dan bahwa semua sistem matematika semacam itu sama-sama nyata. 

Yang terputus dari sistem formal matematika itu disebut alam semesta paralel atau alam spiritual. Alam semesta lain itu (alam barzakh atau alam jiwa-red) dipercaya oleh beberapa orang untuk berhubungan dengan alam semesta yang dapat diamati dan saling berinteraksi. Namun, bagaimana tepatnya interaksi ini terjadi tidak dapat didefinisikan.

Mungkin dengan bantuan paranormal, dukun, atau "orang pintar". Bisa juga dengan media orang yang kesurupan. Aduh, Admin jadi ngelantur.

Metaverse

Metaverse adalah dunia virtual di dalam internet dan dikendalikan oleh orang-orang yang hidup di dunia nyata. Dunia nyata yang dimaksud adalah bumi. Walaupun orang punya kehidupan di metaverse yang berkebalikan dari dunia nyata, tapi mereka tetaplah satu orang.

Kehidupan di metaverse semuanya digital, dibangun oleh aneka bahasa pemrograman yang diciptakan manusia. Untuk melengkapi kehidupan digital di dunia virtual, manusia bahkan menciptakan mata uang dan benda-benda untuk diperjualbelikan.

Kata digital pada internet menjelaskan teknologi elektronik yang menghasilkan, menyimpan, dan memproses data dalam dua keadaan: positif dan non-positif. Positif dinyatakan oleh angka 1 dan nonpositif dengan angka 0. 

Disebut dunia digital karena dasar ilmunya adalah matematika yang berkembang menjadi bahasa pemrograman (instruksi standar yang memerintah komputer untuk menjalankan fungsi tertentu). Semua sistem komputer menggunakan sistem digital sebagai basis datanya.

Sedangkan dunia virtual dapat diartikan sebagai komunitas dalam jaringan yang mengambil bentuk lingkungan berbasis komputer di mana pengguna dapat berinteraksi satu sama lain dan menggunakan serta membuat objek. Istilah ini sebagian besar identik dengan lingkungan virtual 3D interaktif, dimana pengguna mengambil bentuk avatar yang terlihat oleh orang lain.

Proses digital itulah yang menjadi dasar pembuatan internet (antar-jaringan) dan menciptakan dunia virtual. Salah satu dunia virtual yang paling lengkap dan menyerupai kehidupan manusia di dunia nyata adalah metaverse.

Silakan baca : Cara Belanja dan Makan di Metaverse dengan Mata Uang Kripto 

Jika metaverse kelak sudah terbentuk sempurna, manusia bisa punya dua kehidupan yang sama kerennya. Satu di alam nyata, satu di internet. Keduanya bisa saling bertolak belakang atau serupa satu sama lain. 

Doctor Strange berkeliling di multiverse tidak hubungannya dengan metaverse karena dia tidak terhubung ke jaringan internet, melainkan ke dunia gaib yang tidak kasat mata bagi sebagian orang.

Dapat disimpulkan perbedaaan multiverse dan metaverse adalah:

1. Multiverse diciptakan oleh Allah, Tuhan yang Maha Esa. Metaverse diciptakan oleh manusia.

2. Multiverse berada di alam semesta di luar bumi, bahkan diluar akal manusia karena multiverse dapat berupa alam gaib, dan dikendalikan oleh Yang Maha Kuasa. Metaverse ada di dalam bumi dan dikendalikan sepenuhnya oleh manusia.

3. Kehidupan di multiverse (bila ada kehidupan) dijalani oleh makhluk yang berbeda dari manusia. Di metaverse, kehidupan dijalani oleh makhluk (manusia) yang sama karena metaverse adalah kehidupan virtual bagi manusia dalam dunia yang mereka ciptakan sendiri.

4. Multiverse belum nyata dan baru berupa hipotesa (dugaan yang sifatnya ilmiah). Metaverse nyata adanya dan terbentuk walau belum sempurna.

***

Apa yang terdengar dan terlihat mirip, itu hanya kemiripan yang kadang tidak ada hubungan dan kesamaannya. Begitu juga dengan multiverse dan metaverse.

4 komentar


EmoticonEmoticon