25 "phile" Istilah untuk Pencinta Hal yang Spesifik dan Spesial

Artikel ini mengandung banyak kata "phile" yang berarti ketertarikan atau punya selera yang kuat terhadap suatu hal. Phile berasal dari kata Yunani kuno, phileein, yang artinya mencintai, sangat menyukai, atau mengagumi.

Berikut istilah untuk para penggila hal tertentu yang ada di bumi dan langit


1. Melophile atau musicophile adalah sebutan untuk orang yang menyukai musik. 

Melophile berbeda dengan musikus. Sebutan musikus (musisi/musician) disematkan untuk orang yang bekerja menggunakan atau disertai instrumen musik seperti penyanyi, konduktor, komponis, arranger, dan penulis lagu.

Sementara orang yang menyukai semua jenis musik atau mengoleksi kaset, CD, dan masih menyimpan gramofon, piringan hitam, walkman, discman dapat disebut sebagai melophile meski tidak bekerja di bidang musik.

2. Logophile. Istilah ini disematkan pada orang yang menyukai kata-kata, bahasa, dan sastra. Seorang logophile cenderung mengungkapkan pikiran dan isi hatinya melalui rangkaian kata daripada berbicara secara verbal.

3. Cinephilia atau filmophilia. Ini sebutan untuk orang yang berhasrat terhadap dunia film atau gambar bergerak. 

Ciri seorang cinephilia, yaitu dia bisa menonton film yang sama sampai berkali-kali. Senang menonton film berbagai genre, membaca sinopsis sebuah film sebelum menonton, menyenangi dokumenter, juga menonton atau membaca behind the scene dari suatu film. Cinephilia juga senang menulis resensi film tanpa spoiler.

Sebutan lain yang lebih "informal" untuk penyuka film adalah film buff atau movie buff.

4. Clinophile dapat disematkan untuk orang yang suka berbaring di tempat tidur.

Kalangan psikiater mengategorikan clinophile sebagai gangguan tidur dimana pasien ingin tidur terus dalam waktu yang lama. Namun, Orang yang senang rebahan (di sofa dan kursi panjang) kini dapat juga disebut sebagai clinophile, saking mereka mager (malas gerak) banget.

5. Cynophile. Pada Maret 2021 ramai di media massa dan sosial memberitakan tentang wanita bercadar yang memelihara sampai 70 anjing. Wanita bernama Hesti ini bisa disebut sebagai cynophile alias penyuka anjing. 

Istilah phile lainnya masih ada banyak, Emper Baca merangkumnya seperti berikut

1. Astrophile. Seorang yang menyukai tentang astronomi atau benda-benda langit, seperti bintang, planet, komet dan lain-lain.

2. Autophile, istilah bagi seorang yang menyukai kesendirian. Namun, autophile bukanlah seorang yang anti-sosial.

3. Bibliophile adalah istilah bagi seorang yang menyukai buku, seperti membaca buku, merawat buku, hingga mengoleksi buku. Bahkan, seorang bibliophile bisa memiliki keinginan untuk mendirikan perpustakaan.

4. Ceraunophile, orang yang menyukai guntur dan kilat. Ceraunophile termasuk langka sebab biasanya orang merasa kaget apabila mendengar suara kilat.

5. Chionophile adalah istilah bagi seorang yang menyukai udara dingin dan salju. Chionophile memiliki fisik yang tahan terhadap udara dingin.

6. Coimetrophile adalah istilah bagi seorang yang menyukai tempat pemakaman.

7. Coulrophile adalah istilah bagi seorang yang menyukai badut atau kostum badut. Saya pikir lebih banyak yang tidak menyukai badut daripada yang senang. Tampilan badut lebih cocok dibilang menyeramkan daripada menyenangkan.

8. Dendrophile, sebutan untuk orang yang menyukai pohon dan hutan

9. Discophile, istilah bagi kolektor atau yang mempelajari tentang fonograf dan gramofon. 

Fonograf adalah mesin untuk menghasilkan dan menyimpan suara melalui pita suara di lapisan film metal yang tipis. Gramofon adalah mesin untuk menghasilkan dan menyimpan suara melalui piringan hitam.

10. Ergophile, sebutan bagi seorang yang super aktif, giat bekerja atau workaholic.

11. Heliophile adalah istilah bagi seorang yang menyukai matahari.

12. Hippophile. Orang yang senang kuda, zebra, dan kuda Nil namanya hippophile. 

13. Limnophile adalah istilah bagi seorang yang menyukai danau.

14. Nyctophile adalah istilah bagi seorang yang menyukai malam atau kegelapan. Apakah orang yang suka begadang adalah nyctophile? Tidak, itu orang yang kerja malam atau menderita insomnia. 

Nyctophile menyukai malam karena suasana yang gelap secara alami tanpa matahari, bukan gelap-gelapan karena mati listrik atau gelap karena sedang ngumpet.

15. Oenophile, istilah bagi seorang yang menyukai anggur.

16. Photophile disebut untuk orang yang menyukai cahaya. Sumber cahaya yang disukainya bisa berasal dari mana saja.

17. Pluviophile disematkan untuk penyuka hujan. Pluviophile amat jarang ditemukan di Jakarta karena kota itu amat mudah banjir. Hujan sebentar saja bisa mengakibatkan banjir tinggi dan menyusahkan aktivitas orang.

Karena itu seorang pluviophile biasanya tinggal di wilayah yang jarang hujan atau daerah yang bukan langganan banjir. 

18. Pogonophile adalah istilah bagi seorang yang menyukai janggut. Jika seorang laki-laki ada kecenderungan suka memelihara janggut. Jika seorang perempuan, maka mereka menyukai lelaki berjanggut.

19. Retrophile adalah istilah bagi seorang yang menyukai hal yang berhubungan dengan estetika (keindahan) dari masa lalu, seperti benda-benda kuno atau bersejarah.

20. Ailurophile untuk penyuka kucing.

21. Arctophile, untuk yang menyukai boneka Teddy Bear. 

22. Selenophile, sebutan bagi orang yang menyukai bulan.

23. Thalasshophile adalah istilah bagi seorang yang menyukai lautan. Para pelaut Angkatan Laut dan nelayan bisa disebut sebagai thalasshophile karena laut adalah bagian dari hidup mereka. Kalau tidak mencintai laut, mereka akan bekerja di bidang yang tidak ada hubungannya dengan laut.

24. Turophile adalah istilah bagi seorang yang menyukai keju termasuk makanan berbahan dasar keju.

25. Xanthophile adalah istilah bagi seorang yang menyukai warna kuning. Sedangkan penyuka warna biru disebut caeruleophile.


0 Comments

Posting Komentar