Kenapa Ada Orang "Ember" dan Alasan Orang jadi "Ember"

Kata "ember" sering digunakan oleh generasi yang menjalani masa mudanya di tahun 1980-an dan 1990-an. "Ember" artinya memang benar, betul sekali, iya banget, atau untuk menyatakan kita setuju dengan mereka tentang suatu hal.

Misal, Budi berkata kepada Sinta kalau ujian Bahasa Indonesia hari ini susah. Lalu Sinta menimpali, "Ember!"

Mengingat "ember" digunakan sebagai bahasa pergaulan, maka ia digunakan hanya kepada sesama anak muda di situasi yang santai dan tidak formal, misal di tempat nongki, di rumah teman, pada jam istirahat kelas, dan di semua situasi yang tidak formal.

Jadi walau ada guru, dosen, pak RT, pak camat, atau pak ustaz yang friendly, gaul dan sedang di situasi yang santai, kita tetap tidak boleh bilang "ember" kepada mereka, karena mereka bukan teman sepergaulan.

Kenapa Kita Lebih Sering Pakai Bahasa Pergaulan daripada yang Baku?

 

Bahasa pergaulan disingkat jadi bahasa gaul-dikenal juga dengan bahasa slang alias bahasa sehari-hari yang tidak formal.

Bahasa pergaulan gunanya adalah untuk membuat obrolan terasa lebih santai, akrab, dan penuh canda-tawa. Bahasa gaul juga bermanfaat untuk mencairkan suasana sekaligus mempererat pertemanan terutama bagi anak muda yang baru saling kenal.

Selain itu anak muda biasanya punya kreativitas dan imajinasi yang lebih besar dari orang tua. Salah satu bentuk kreativitas dan imajinasi itu adalah dengan menciptakan bahasa gaul yang digunakan di kalangan merek. Bahasa dan kata-kata gaul itu kemudian menyebar ke sesama anak muda di luar lingkungan dan circle mereka.

Makanya bahasa gaul tiap generasi berbeda-beda karena masing-masing generasi menciptakan bahasa gaul yang sesuai pola pikir dan apa yang sedang hits di zamannya.

Generasi 1980-an dan 1990-an belum mengalami ledakan internet dan sosial media, jadi bahasa gaul yang mereka ciptakan cuma seputar bahasa Indonesia yang kata-katanya disingkat dan dibolak-balik.

Sedangkan generasi 2010 sampai sekarang terpapar arus informasi yang sangat deras sampai tidak bisa menyaring apa yang betul-betul mereka butuhkan. Maka bahasa gaul yang mereka ciptakan pun lebih banyak yang berasal dari bahasa asing, misal jaman now, gamon (gagal move on), bilek (be like), salty, spill, dan masih banyak lagi.

Orang Ember 


Sementara itu kalau kita kita kembali ke "ember" kata ini sekarang dipakai bukan cuma untuk mengiyakan dan menyatakan setuju dengan perkataan orang lain. "Ember" juga ditujukan kepada orang yang tidak bisa menjaga omongan dan rahasia.

Di sekitar kita pasti ada orang yang rajin membagikan foto, video, dan tangkapan layar chat di status WhatsApp. Saking rajin dan banyak, jumlah statusnya cuma tinggal terlihat titik-titik saja. Selain itu dia juga sering menceritakan hidup orang lain yang diceritakan kepadanya.

Itulah Si Ember. Apa pun yang sampai ke kupingnya akan diceritakan lagi ke orang lain tanpa ragu. Karena itulah Si Ember punya dua sisi mata pisau.

Dia bisa dijadikan corong sebagai humas untuk menyebarkan kesan tertentu, sekaligus bisa digunakan sebagai penyebar berita bohong alias hoax.

Alasan orang jadi ember bisa karena hal sebagai berikut.

1. Kesepian. Orang ember kelihatan punya banyak teman dan jadi orang gaul yang lebih sering beraktivitas di luar rumah.

Sebenarnya dia kesepian makanya dia membocorkan kisah dan informasi tentang orang lain supaya punya teman ngobrol.

2. Wawasan dan pengatahuannya sempit. Mayoritas orang ember tidak berwawasan dan berpengetahuan luas.

Pengetahuan yang mereka punya cuma seputar peristiwa sehari-hari atau seputar circle-nya saja. Kalau disuruh mikir atau ditanya tentang kenapa Indonesia disebut negara maritim, misalnya, dia akan bingung dan malah mengalihkannya ke hal remeh-temeh.

Pepatah tong kosong nyaring bunyinya dan air beriak tanda tak dalam amat tepat ditujukan buat orang yang ember sebab orang yang banyak omong biasanya justru tidak punya cukup pengetahuan tentang banyak hal.

Related: Kenapa Orang Indonesia Tidak Bisa Berenang Padahal Tinggal di Negara Air

3. Senang cerita tentang dirinya sendiri. Si Ember akan menceritakan orang lain kemudian akan menceritakan dirinya sendiri.

Misal dia cerita tentang ibu yang sering kerja lembur sampai jarang bertemu anaknya. Beberapa menit setelah menceritakan si ibu, Si Ember akan bercerita bagaimana dia akan menyempatkan waktu untuk anaknya walau sudah lelah dan sibuk kerja seharian.

Jadi maksud di Ember cerita tentang orang lain adalah supaya dia bisa cerita tentang dirinya sendiri.

4. Tidak betah di rumah. Orang rumahan tidak melulu karena dia kesepian dan tidak punya teman, tapi karena dia lebih menikmati waktu beraktivitas sendirian.

Related: Delapan Keuntungan Jadi Anak Rumahan

Semua orang yang ember pasti tidak betah di rumah karena mereka lebih menikmati ngobrol dengan orang lain di luar rumahnya sendiri.

Meski Si Ember tidak betah di rumah, mereka tidak bisa dibilang ekstrovert karena cuma bergaul, bergosip, dan berghibah dengan orang yang status sosial dan ekonominya sama. Dengan kata lain mereka sebetulnya minder bergaul dengan orang yang lebih pintar, lebih kaya, atau lebih terpandang.

Supaya Tidak Jadi Ember

 

1. Tahan diri untuk tidak membicarakan orang lain kecuali hal yang positif dan membawa manfaat buat kita. Yakinlah bahwa membicarakan orang lain dari sisi negatif tidak ada gunanya buat kita. 

2. Tidak perlu kepo (penasaran terus banyak nanya) terhadap hal yang sedang diomongkan orang lain.  

Misal kita datang ke suatu perkumpulan dan orang-orang sedang membicarakan sesuatu, kita tidak perlu tanya-tanya dan ikut-ikutan bicara.

Dengarkan saja dan baru ngomong kalau ditanya. Kalau obrolan dirasa sudah sangat negatif dan menjelek-jelekkan orang lain, pura-puralah ke toilet dan carilah tempat duduk lain.

3. Sering mengisi waktu dengan melakukan hobi, misal baca buku, berkebun, ngeblog, atau merajut. 

Sering melakukan kegiatan kesukaan bermanfaat untuk mengasah pikiran tetap positif dan meminimalisir ngurusin orang lain.

Kalau kita punya hobi ngoceh dan ngobrol, coba bikin podcast. Kita bisa bebas ngoceh tanpa harus ngurusin orang. Bikin konten TikTok dengan nyanyi-nyanyi dan joget-joget masih lebih baik daripada jadi ember.

4. Perluas wawasan. Kalau pengetahuan dan wawasan kita luas otomatis kita jadi tidak tertarik membicarakan orang.

Hal ini sesuai dengan pepatah seperti padi yang makin berisi makin merunduk. Makin banyak ilmu, pengetahuan, dan wawasan seseorang maka makin rendah hatilah dia.

0 komentar

Posting Komentar