Capek dan Kelelahan Pulang dari Liburan? Inilah Alasan Orang Kena Post-Vacation Fatigue

Idealnya sepulang dari liburan hati kita rasanya senang dan pikiran segar karena dapat pengalaman baru diluar rutinitas harian.

Tetapi, yang terjadi begitu masuk rumah, taruh koper, terus kok kita malah rasanya capek dan lelah, ya?! Kalau begini bukannya happy, refresh, dan siap menjalani aktivitas setelah liburan, kita malah jadi pengen liburan terus.

Capek dan lelah juga paling dirasakan para emak karena pulang liburan mereka masih harus mencuci baju kotor, menyapu dan mengepel rumah yang berdebu ditinggal liburan, juga membereskan barang dan suvenir yang dibeli selama berlibur.

Post-vacation Fatigue

Capek dan lelah sepulangnya dari liburan dikenal dengan istilah post-vacation fatigue. Lelah setelah liburan merupakan kewajaran yang sering dirasakan banyak orang dan biasanya akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari.

Menurut Tim Bono, PhD dari Washington University, capek dan kelelahan pasca liburan terjadi karena kita melakukan usaha ekstra daripada yang biasa kita lakukan sehari-hari.

Selama liburan kita harus mencari tempat parkir di tempat yang belum kita kenal, mencari rumah makan yang enak, bolak-balik melihat peta atau bertanya kepada orang sekitar untuk sampai ke tempat tujuan. Saat di tempat liburan kita bersantai dan melakukan relaksasi dengan hati gembira, tapi disertai kewaspadaan terhadap tindak kriminal yang mungkin terjadi.

Tambahan lagi ketika selesai menikmati tempat wisata kita tidak bisa langsung keluar ke tempat parkir karena harus memutari lapak-lapak pedagang kaki lima yang berkelok-kelok. Sesampainya di parkiran, kaki rasanya sudah mau copot saking pegalnya.

Hal-hal yang seperti itu tidak kita disadari ternyata menguras fisik dan mental lebih dari saat kita menjalani rutinitas harian.

Related: Perjalanan Pulang Terasa Lebih Cepat karena Return Trip Effect 

Makanya setibanya di rumah setelah liburan, kita akan merasakan capek dan lelah sampai-sampai kita malah stres dengan urusan rumah tangga dan kantor atau malah ingin cepat liburan lagi untuk menghindari lelah di rumah.

Pra-liburan

 

Supaya terhindar dari capek dan lelah sepulang dari liburan, hal berikut bisa kita lakukan sebelum berangkat liburan.

1. Waktu ideal untuk pulang dari liburan adalah H-2 sebelum kembali masuk kerja, kuliah, dan sekolah.

Jadi rencanakan pulang ke rumah dari liburan 2 hari sebelum dimulainya aktivitas rutinitas harian untuk memulihkan diri. Kita juga punya waktu untuk mengembalikan kerapian rumah setelah berantakan dengan barang-barang dari liburan.

2. Tinggalkan rumah dalam keadaan rapi dan bersih.

Melihat rumah yang rapi dan bersih bisa membuat kita tenang dan terhindar dari rasa stres dari pikiran harus membereskan rumah setibanya dari liburan.

Hal ini berlaku juga kalau kita tinggal dengan mertua atau ipar. Tinggalkan rumah dalam keadaan rapi dan bersih sebelum pergi liburan sehingga mertua atau ipar pun segan untuk membuatnya berantakan dan kotor lagi selama kita tidak di rumah.

3. Sediakan uang receh Rp2.000, Rp5.000, dan Rp10.000

Uang receh mempermudah transaksi kalau kita kebetulan mampir di warung atau rumah makan lokal serta tempat parkir yang dijaga petugas. Taruh uang receh di pintu mobil, saku celana, atau dompet.

Dengan begitu kita tidak buang waktu dan tenaga hanya untuk menukar uang atau mengorek-ngorek berharap ada receh di tas.

Kalau kita ke luar negeri uang receh dalam mata uang setempat juga dibutuhkan untuk transaksi di street food atau di tempat lain yang tidak menyediakan pembayaran cashless.

4. Sediakan air putih dalam tas atau mobil supaya tubuh tetap terhidrasi dan tidak harus menahan haus selama dalam perjalanan.

Kalau tenggorokan terasa haus itu tandanya kita sudah mengalami dehidrasi ringan. Dehidrasi bikin kita jadi mudah marah dan gelisah. Jangan sampai perjalan terganggu karena kita mengalami dehidrasi walau ringan saja.

Pasca Liburan

 

Setibanya di rumah melihat rumah ini yang bisa kita lakukan untuk meminimalisir rasa capek dan lelah sepulangnya dari liburan.

1. Keluarkan isi koper sesegera mungkin dan taruh baju kotor di keranjang baju seperti biasa. 

Baju kotor akan sangat menumpuk, tapi dengan mengeluarkannya dari koper sesegera mungkin kita telah menghindarkan diri dari menumpuk pekerjaan rumah tangga. Setelah mengeluarkan semua baju kotor, taruhlah langsung koper di tempatnya untuk menjaga rumah tetap rapi.

Akan tetapi, kalau kamu sampai di rumah pada tengah malam atau dini hari, biarkan dulu baju kotor tetap didalam koper dan tidurlah sampai pagi.

Saat pagi tiba dan kita sudah salat Subuh (bagi yang muslim), bongkar koper dan segera bereskan baju kotor, suvenir, sandal/sepatu yang dipakai liburan, sampai sampah yang mungkin terbawa ke rumah.

2. Sambil menunggu cucian selesai di mesin cuci, santailah sejenak melihat foto dan video yang diambil saat liburan sambil menikmati teh atau kopi panas.

Bersantai baik untuk memulihkan energi kita yang terkuras selama liburan.

3. Kalau kita punya anak, biarkan anak bersantai memainkan hpnya untuk melihat foto dan video mereka saat liburan atau chatting bersama teman-temannya.

Anak juga capek dan lelah sama seperti kita, jadi tidak perlu melampiaskan kekesalan dan kelelahan kepada mereka. Biarkan mereka melakukan apa yang mereka suka setibanya pulang dari liburan. 

Staycation

 

Bagaimana kalau kita mau liburan tanpa merasa capek setelah pulang ke rumah? Staycation adalah salah satu caranya. 

Kita bersantai di hotel, resort di pantai, atau vila yang ada di pegunungan selama dua malam dan menikmati semua fasilitas yang ada di sana seperti kolam renang, spa, fitness, lounge, bersantai di pinggir laut atau menikmati sejuknya udara pegunungan.

Staycation tidak mengharuskan kita repot cari parkir, tempat makan, dan hiburan karena sudah tersedia di satu tempat. Maka itu menikmati liburan (vacation) tidak kemana-mana (stay) sambil menikmati fasilitas yang tersedia di tempat kita menginap dinamakan staycation.

Hotel yang nyaman untuk menikmati staycation minimal bintang tiga dan bukan yang budget hotel. Budget hotel biasanya berbintang dua kebawah, tapi sekarang makin banyak hotel bintang tiga yang jadi budget hotel.

Budget hotel hanya digunakan sebagai tempat istirahat pada malam hari sehingga fasilitas di situ tidak selengkap hotel non-budget karena tamu cuma butuh tidur.

Kalau memilih staycation, pastikan hotel yang kita pilih bukan yang tipe budget hotel.

0 komentar

Posting Komentar