Jamur Shitake Bakar Lezat dan Menu Vegetarian di Jejamuran Yogya

Jamur tidak termasuk jenis sayuran karena tidak termasuk dalam golongan tumbuh-tumbuhan. Namun kandungan nutrisi jamur sama seperti yang ada pada daging dan biji-bijian. Jamur juga punya kandungan antioksidan, antiradang, antivirus, dan antidiabetes.

Karena kandungannya itu maka jamur bermanfaat untuk mencegah kanker, menjaga kesehatan jantung, meningkatkan kekebalan tubuh, menjaga kesehatan tulang, dan menurunkan risiko diabetes

Meski begitu, ada jenis jamur yang punya efek beracun buat kita, jadi gak semua jenis jamur bisa dimakan. Untuk mengurangi keracunan jamur, kita disarankan mengolah jamur dengan cara dipanggang, direbus, atau ditumis untuk menghilangkan racun pada jamur.

Aneka jamur yang dibudidayakan di Jejamuran, bisa dibeli oleh pengunjung (emperbaca.com)

Paling enak jamur shitake bakar, lho! Bumbu olesannya enak dan jamurnya empuk. Dicocol ke sambel spesial jadi tambah enak. Jamur shitake bakar ini jadi salah satu menu favorit emperbaca.com kalau makan di resto Jejamuran.

Sesuai namanya, menu yang ada di Jejamuran hampir semuanya aneka olahan jamur yang lezat, nikmat, dan sehat.

Pelayanan

 

Pelayan dan kasir melayani kita dengan ramah dan sigap. Sayangnya kita tidak bisa pilih meja sendiri karena front desk sudah memilihkan meja mana yang sudah kosong dan siap untuk kita.

Makanan dan minuman dihidangkan tidak lama setelah kita pesan. Jadi walaupun kita kesana dalam keadaan lapar, tidak sampai membuat kita pusing kelaparan atau marah karena lama menunggu.

Harga makanan dan minumannya juga terjangkau, sesuai dengan kelas restoran menengah. Semua rasa makanannya enak dan berbumbu rempah khas Indonesia. Sambelnya juga juara!

Suasana

 

Ada kolam untuk terapi ikan sebelum kita masuk ke tempat space tempat makan. Kalau mau menceburkan kaki untuk terapi kita harus cuci kaki dulu. Tempat cuci kakinya entah di mana karena tidak terlihat dari kolam.

Taman kecil asri yang ada di samping spot makan (emperbaca.com)

Lagipula orang ke sana tujuannya untuk makan, jadi yang banyak menceburkan kaki ke kolam ikan, ya, cuma anak-anak.

Susunan meja dan kursi di Jejamuran dipusatkan di satu spot seperti kalau kita raker (rapat kerja) di hotel atau di rumah makan prasmanan. Karena ruang makannya outdoor kita terbebas dari rasa panas, gerah, dan hareudang saat menikmati santap lezat di Jejamuran.

Tempat makan yang seperti ini paling cocok buat keluarga, rombongan teman, atau ibu-ibu arisan.

Minuman dan Makanan

 

Ada es dawet campur jamur enoki. Enak! Jamurnya gak banyak, sih, cuma suwiran aja, tapi lumayan terasa krenyes-krenyesnya. Dawetnya juga pakai gula Jawa dan manisnya pas, esnya juga gak kebanyakan.

Kalau untuk makan berdua (calon) tunangan suasana di Jejamuran ini kurang mendukung. Tapi kalau kesini berdua bestie untuk saling curhat sambil menyeruput teh mint, baru cocok banget!

Jamur tiram pedas (emperbaca.com)

Teh mintnya enak! Pakai daun mint asli, tapi kalau sudah berapa lama harus kita keluarkan daunnya dari gelas karena bakal ikut terseruput saking banyaknya.

Kalau ada yang tidak suka jamur, tapi pengin makan bareng teman atau saudara, Jejamuran menyediakan menu ayam, cuma variannya hanya ayam goreng dan bakar saja. Walau gak suka jamur, kalau kita makan di Jejamuran ini kita tidak seperti lagi makan jamur, lho!

Jamur shitake bakar (emperbaca.com)

Tentu saja, paling juara buat emperbaca.com itu menu jamur shitake bakar. Dimakan dengan atau tanpa nasi sama enaknya.

Fasilitas

 

Tempat parkir luas dan ada di seberang resto. Karena emperbaca.com ke sana saat suasana lebaran, jadi selain petugas keamanan ada juga dua polisi yang sigap membantu menyeberangkan pengunjung dari dan ke tempat parkir.

Toilet laki dan perempuan dipisah (ya, iyalah!) dan bersih. Sedangkan emperbaca.com tidak melihat adanya musala, mungkin tempatnya nyempil jadi kalau dari luar tidak kelihatan.

Di tempat parkir juga ada penjual mainan, siapa tahu setelah makan anak-anak pengin dibelikan mainan untuk dimainkan di hotel selama liburan di Yogya.

Aneka Keripik dan Gelato Jamur

 

Di pintu masuk dan pintu keluar kita bisa beli aneka keripik jamur dari jamur tiram sampai jamur portabello. Cuma lihat-lihat saja gak apa, karena kalau kita keluar resto mau gak mau harus lewat tokonya dulu.

Aneka keripik jamur (emperbaca.com)

Selain aneka keripik, kita juga bisa beli cemilan lain seperti lidi-lidian, potel, dan keripik khas Yogya_Magelang lainnya. Rendang jengkol dan gudeg kalengan juga ada.

Paling enak ada gelato jamur. Rasanya tidak terlalu dan unik ada jamurnya. Bisa pilih rasa aneka gelato jamur. Begitu dibeli harus langsung dimakan karena gelato cepat mencair. Kalau tidak mau langsung dimakan, biarkan mencair untuk ditaruh dalam freezer setibanya di rumah.

Vegan dan Vegetarian

 

Menu di Jejamuran cocok dinikmati para vegetarian yang tidak makan daging-dagingan. Kalau unutk para vegan emperbaca.com gak tahu, ya, karena ada menu turunan daging atau tidak.

Vegetarian hanya pantang makan daging, tapi masih makan aneka turunannya seperti susu, telur, keju, dan madu. Sedangkan vegan sama sekali tidak makan daging dan semua turunannya. Jadi, emperbaca.com tidak bisa memastikan makanan di Jejamuran cocok buat vegan atau tidak.

0 komentar

Posting Komentar