Cara Dandan Simpel Untuk Difoto Tanpa Edit dan Filter

Pemakaian filter sudah lumrah untuk mempercantik wajah kalau foto kita akan dipajang di Instagram, TikTok, Facebook, atau sekadar di status WhatsApp. Akan tetapi wajah bakal kelihatan manis dan natural kalau kita tidak pakai edit atau filter saat difoto. 

Filter pas digunakan kalau kita tidak dapat cahaya cukup atau untuk menambah kesan dramatis pada foto, bukan untuk mempercantik wajah. Dengan begitu wajah kita di dalam foto tidak akan jauh beda dengan wajah asli.

Tanpa blush-on, eye shadow, eye liner, maskara, contouring, dan highlight, cuma perlu foundie dan bedak supaya kita tidak perlu filter ketika di foto.

Compact Powder dan Two-Way Cake


Compact powder adalah bedak tabur yang dipadatkan. Sedangkan two-way cake adalah compact powder yang diberi foundation sehingga bisa menutupi wajah yang kurang mulus.

Kamu yang hanya ingin bedakan karena tidak ingin wajah terlihat mengkilap dan kusam bisa gunakan compact powder untuk pemakaian sehari-hari seperti ke kampus, pasar, antar-jemput anak ke sekolah, atau ke tempat kerja. 

Kalau wajah kamu bermasalah seperti pori-pori besar, ada bopeng dan noda hitam bekas jerawat, flek hitam, bahkan bekas cacar, maka pilihlah two-way cake. 

Bedak two-way cake bisa dipupurkan ke muka dengan spon basah atau kering. Makanya disebut two-way cake. Penggunaan dengan spon basah bertujuan lebih menghaluskan dan memuluskan wajah secara menyeluruh (high coverage).

Jangan lupa wajib pakai sunscreen tiap kali keluar rumah supaya kulit wajah tidak belang dan berflek hitam lebih cepat. Pakai sunscreen 10-15 menit sebelum panas-panasan supaya meresap ke kulit dan melindungi kulit dari ultraviolet A (UVA) dan ultraviolet B (UVB).

Sekarang sudah ada two-way cake yang mengandung photo focus. Photo focus pada bedak berfungsi untuk membuat wajah tidak berkilap putih karena pantulan lampu blitz atau cahaya matahari yang terang.

Skintone dan Undertone


Skintone adalah warna kulit kita setelah kena polusi, sinar matahari, dan pemakaian skin care atau kosmetik. Skintone paling jelas terlihat pada bagian tubuh yang terbuka seperti wajah, tangan, kaki, dan leher.

Sedangkan undertone adalah warna kulit asli bawaan dari lahir. Sekarang ini banyak beauty advisor yang menyarankan pemilihan warna bedak sesuai dengan warna kulit asli (undertone) daripada skintone.

Sebabnya undertone tidak akan berubah, sedangkan skintone dapat berubah jadi lebih hitam atau lebih putih dari warna kulit asli. 

Kalau ingin beli bedak atau foundation, kamu bisa tanya ke beauty advisor warna yang cocok untuk undertone sekaligus skintone. Saya sendiri punya undertone warm dengan skintone light. Kulit light berarti lebih gelap dari fair, tapi lebih terang dari medium.

Itu sebab saya selalu mencari warna bedak dan foundation untuk undertone warm dengan skintone light. Kalau tidak ada light saya lebih pilih medium daripada fair karena selalu saya aplikasikan lagi dengan two-way cake warna terang, jadi warna kulit wajah tidak seperti topeng 

Cara mengetahui undertone adalah dengan melihat urat nadi dibawah cahaya alami matahari yang terang.

Undertone Cool

Kalau urat nadi kamu terlihat berwarna ungu atau biru keunguan, maka kamu ber-undertone cool. Orang dengan cool undertone biasanya berkulit putih susu.

Warna yang membuat pemilik cool undertone terlihat lebih wow | Gambar dari The Green Label

Pemilik cool undertone paling cocok mengenakan perhiasan berwarna perak. Pakaian warna biru muda, abu-abu dan tosca akan membuat pemilik cool undertone terlihat lebih wow.

Undertone Warm (Yellow)

Kalau urat nadimu berwarna hijau atau hijau tua berarti kamu punya undertone warm. Pemilik undertone warm kebanyakan berkulit putih kekuningan atau kuning langsat. Karena itu warm undertone sering disebut sebagai yellow undertone. 

Kamu yang ber-undertone warm/yellow akan glowing dan memukau kalau memakai perhiasan emas atau yang berwarna kuning emas. 

Warna pilihan untuk pemilik warm undertone supaya penampilannya lebih glamor | Gambar dari The Green Label

Saat pesta atau di hari spesial, orang yang punya undertone warma paling cocok pakai busana berwarna peach (oranye pastel agak pink), oranye, kuning keemasan, dan coklat.

Undertone Neutral

Kalau kamu susah membedakan urat nadimu warnanya hijau atau biru keunguan berarti undertone kamu neutral.

Karena netral maka kamu cocok pakai perhiasan warna emas dan perak. Warna baju apapun akan terlihat wow di kulitmu, sesuaikan saja dengan seleramu.

Salah Pilih Warna Bedak yang Tidak Sesuai Undertone


Kalau undertone kamu COOL, tapi kamu pakai warna untuk warm atau neutral, maka foundation itu akan terlihat kuning di wajahmu.

Kalau undertone kamu WARM, tapi pilih warna untuk cool, mukamu bakal pucat. Dan kalau kamu pilih warna untuk neutral maka warna mukamu jadi keabu-abuan. 

Supaya Wajah Tidak Seperti Topeng Saat Pakai Foundation


Pilih warna foundation satu tingkat lebih gelap dari warna kulit wajah. Warna yang lebih gelap satu tingkat justru akan menutup bagian wajah yang ingin dimuluskan. 

Kalau pakai warna yang sama atau lebih terang dari skintone maka flek hitam atau bekas jerawat tidak akan tertutup karena foundie akan jadi transparan di wajah.

Oleskan foundie (foundation) di beberapa sudut wajah terutama di tempat berflek hitam atau yang ingin dikoreksi. Tepuk-tepuk sampai merata ke seluruh wajah dengan ujung telunjuk, jari tengah, dan jari manis secara bersamaan.

Setelah rata boleh disempurnakan lagi dengan beauty blender. Kalau tidak punya beauty blender, tepuk-tepuk terus sampai betul-betul rata di seluruh wajah.

Beauty blender 

Kenapa harus ditepuk-tepuk tidak digosok? Supaya tidak terjadi peeling (pengelupasan pada wajah yang membuat foundation tidak menempel rata dan sempurna.

Bila pilih warna foundie yang setingkat lebih gelap, maka untuk bedak pilih yang setingkat lebih TERANG dari skintone atau warna kulit di permukaan wajah.

Warna bedak yang lebih terang akan menyamakan warna kulit di wajah dengan undertone atau warna kulit asli. Dengan begitu warna kulit wajah tidak akan lebih putih atau lebih gelap seperti topeng.

Pakai bedak, baik compact powder atau two way cake, dengan cara ditepuk-tepuk, bukan digosok atau disapukan ke wajah.

Undertone secara kasat mata tanpa melihat warna nadi dapat dilihat dari warna kulit di bagian tubuh yang selalu tertutup.

Muslimah dapat mengetahui undertone secara kasat dari warna kulit di bagian tubuh yang termasuk aurat (karena aurat harus selalu tertutup).

Mana yang benar, satu tingkat lebih cerah atau lebih gelap?

Sampai 10 tahun lalu banyak makeup artist yang menyarankan pemakaian foundation yang warnanya satu tingkat lebih gelap dari warna kulit kita supaya tidak seperti topeng.

Namun makeup artist (MUA) kekinian justru bilang warna foundie setingkat lebih cerah untuk menghindari wajah menggelap bila terjadi oksidasi.

Ada juga yang menyarankan warna tidak harus setingkat lebih cerah atau gelap, yang penting disesuaikan dengan undertone dan skintone.

Oksidasi Bedak dan Foundation


Bedak dan foundation dapat teroksidasi dan membuat mukamu jadi lebih abu-abu bahkan hitam karena bercampurnya bahan kimia di bedak dan foundation dengan minyak di wajah.

Itu sebab banyak produk bedak dan foundation yang bebas-minyak, matte, atau yang diformulasi khusus untuk kulit berminyak.

Cara mengatasi supaya wajah tidak teroksidasi saat pakai bedak atau foundation adalah memakai skincare sebelum ber-makeup. Skincare (yang sesuai kulit wajah) dapat mengontrol minyak sekaligus memberi kelembaban.

Kapan Perlu Pakai Foundation?


Kapan pun kamu mau, bahkan untuk sekadar ke kampus atau ke pasar. Kalau kamu ingin wajahmu flawless, ya, pakai saja. 

Tapi, banyak yang bilang foundie bisa menutup pori-pori dan menyebabkan jerawat karena kulit jadi tidak sehat.

Makanya pilih foundie dari merek yang sudah ber-BPOM yang membuktikan produk itu aman. Bisa pilih juga produk luar negeri yang langsung dibeli di luar negeri dengan jastip atau toko online resmi.

Formula foundie sudah banyak yang aman digunakan setiap hari dan tidak menyumbat pori-pori wajah. Saat ini saya pakai Dermablend Cover Cream yang berselingan dengan Ultima II Wonderwear. 

Kedua foundation itu tidak berat di wajah, tidak cakey, dan tidak bikin muka jadi seperti topeng asal pilih warnanya yang sesuai undertone. 

Karena undertone saya warm dengan fair skintone, jadi saya cocok dengan Dermablend Cover Creme warna yellow beige. Kadang saya pilih warm ivory, tapi lebih cocok pakai yellow beige.

Untuk Ultima II saya cocok warna neutral warm-01 yang lebih terang dari neutral warm-04.

Paling penting pilih foundie yang sudah ada SPF (sun protection factor) untuk melindungi dari efek buruk sinar matahari berupa flek hitam, warna kulit belang, dan kusam.

Pensil Alis dan Lipstik


Kosmetik wajib untuk membuat wajah cerah berseri setelah foundation dan bedak adalah pensil alis dan lipstik (atau lip cream).

Pakai pensil alis seperlunya saja alias tidak tebal, tapi juga tidak tipis. Orang Indonesia cocok pakai pensil alis warna abu-abu, coklat keabu-abuan, atau coklat tua. Kalau undertone kamu cool dengan skintone putih, pakai coklat muda juga bagus.

Kalau malas pakai lipstik, kamu juga boleh memulaskan lipbalm atau lipgloss dengan sheer color (warna samar-samar) supaya wajah kelihatan segar dan tidak pucat.

Pemakaian blush-on, eye liner dan maskara sifatnya optional sesuai lebutuhan dan peruntukan kamu bermakeup.

***

Kalau sudah pakai bedak dan foundation sesuai undertone dan skintone, sekarang kamu bisa percaya diri foto sana foto sini tanpa filter dan tanpa edit-edit.

0 komentar

Posting Komentar