Amata Borobudur Resort: Hotel Yes Restonya No

Amata Borobudur Resort bisa jadi pilihan menginap kalau sedang berkunjung ke Magelang. Lokasinya dekat dengan candi Borobudur. Sudah puas menikmati candi Borobudur dan aneka wisata di dalam komplek candi, kita bisa mampir ke desa-desa wisata yang ada di Kecamatan Borobudur.

Foto: Yana Haudy

Desa wisata paling tersohor adalah Desa Bahasa yang didalamnya ada taman kelinci dan golf mini. Terbaru ada Desa Wisata Karanganyar yang dikhususkan untuk para pecinta touring, baik sepeda, motor, atau mobil.

Bintang Tiga


Lobi hotelnya khas bintang 3. Tidak mewah, tapi juga tidak sederhana. Lobi terasa homey karena berisi pajangan dan peralatan khas Jawa tempo dulu. 

Pajangan di lobi hotel | foto: Yana Haudy 

Ketika masuk kita akan merasakan masuk ke rumah priyayi Jawa di masa kolonial, hanya saja tampilannya lebih moderen karena sudah berlantai marmer dan dicat halus.

Ukuran kamar dan fasilitas seperti umumnya bintang 3. Ada bathtub di tipe kamar tertentu. Berhubung namanya resort, jadi kamarnya tidak seperti apartemen, melainkan seperti resort di pantai.

Tiap kamar langsung menghadap ke taman atau kolam renang dengan pemandangan pedesaan yang asri.

Restoran


Resto yang ada di Amata Borobudur not recommended for Islam believer karena dua hal berikut ini.

Restoran menyediakan menu nasi campur Bali. Menu itu sudah pasti tidak halal karena protein utamanya adalah daging babi. Andai masaknya menggunakan peralatan yang berbeda, tapi riskan sekali bahan halal dan haram tercampur.Selain itu, ada banyak menu alkohol dalam daftar menunya.

Wedang secang | foto: Yana Haudy 
Bercampurnya makanan halal dan haram agak membuat deg-degan saat menikmati santapan yang disediakan resto Amata Borobudur. Selain itu rasa makanannya juga tidak seenak standar restoran di hotel bintang tiga keatas. 

Steaknya asin dan bumbunya tidak merata. Minta dimasak well-done dikasihnya medium-rare. Padahal waktu memesan waitress menanyakan tingkat kematangan apa yang diminta, yang menandakan mereka mengerti soal tingkat kematangan steak. Kami memesan tiga steak well-done ternyata semua dimasak medium-rare.

Sudah begitu dagingnya alot karena bukan tenderloin dan sirloin, entah kemarin lupa mengingat daging bagian mana yang dimasak jadi steak.

Related: Jus Lezat dan Sayur Hidroponik di Joglo Ndeso Muntilan

Minuman wedang uwuhnya juga kurang panas, jadi waktu diminum agak terasa anyep, kurang segar. Soda gembiranya juara. Segar dan porsinya banyak, ditaruh dalam gelas tinggi dengan sedotan stainless yang ramah lingkungan karena bisa dicuci dan dipakai berulang kali.

Related: Teracotta Resto Makan Lezat Bak Dilayani Chef di Rumah

Suasana resto lebih cocok untuk tamu keluarga dari pada yang berbulan madu atau hanya berdua. Kursi dan meja kayu ditata untuk 6-8 orang.

Keunggulan


Amata Borobudur cocok diinapi oleh keluarga dari kota dengan anak karena fasilitasnya dan suasananya children-friendly dan asri.

Selain dekat dengan candi Borobudur, dekat juga ke pusat kota Magelang dan tidak terlalu jauh kalau ingin ke Jogya, hanya sekitar 40 menit berkendara dengan jarak 35 km ke Malioboro.

Tamu yang ingin makan di resto tanpa menginap juga boleh banget. Sedangkan bagi tamu hotel yang menginap dan ingin menikmati santap di resto nanti akan ditanya apakah bill akan digabung dengan kamar atau dibayar langsung di kasir.

0 komentar

Posting Komentar