Jus Lezat dari Sayur Hidroponik di Joglo Ndeso Muntilan

Sayuran hidroponik adalah sayuran yang ditanam menggunakan media air dan sama sekali tidak menggunakan tanah. Selain air media yang digunakan adalah arang sekam. Gunanya untuk "mengikat" tanaman sebagai media semai.

Karena tidak menggunakan tanah, unsur hara dalam air sangat kurang, maka digunakanlah pupuk khusus hidroponik, boleh yang organik atau anorganik.

Sesudah panen, sayuran yang ditanam hidroponik itu kemudian tersaji dalam berbagai aneka masakan di restoran Joglo Ndeso.

Tanaman hidroponik ditanam mengelilingi area resto di sekeliling kolam ikan. Ikan-ikan di kolam itu juga diolah jadi ikan goreng dan bakar.

Walau tidak semua menu menggunakan panenan hidroponik, semua citarasa masakannya segar. Mau menu Indonesia ada, ala western juga ada, ala Jawa ada juga. 

(akun Facebook Joglo Ndeso)

Buat anak-anak yang susah makan sayur, bisa coba tempura sayuran. Aneka sayuran seperti wortel, brokoli, kentang, terong, dan selada digoreng menggunakan balutan tipis tepung. Tidak beda, sih, dengan yang biasa kita buat di rumah, tapi ada rasa khas Joglo Ndeso, tidak cuma gurih dan asin saja.

Minuman andalan di resto ini adalah Green Juice yang dibuat dari campuran sawi, timun, dan beberapa sayuran yang tidak diberitahukan kepada pengunjung karena, kata pelayannya, rahasia dapur. 

Rasa jusnya segar. Ada rasa sedikit asam dan rasa sayurannya terasa pekat. Manisnya pas hanya berupa manis-manis jambu.

Tingkat kemanisan jus

Di resto-resto yang masakannya diolah oleh chef, rasa khas jusnya memang tidak terlalu manis seperti jus yang di jual di rumah makan dan warung.

Jusnya juga tidak ditambah susu, hanya buah, sayur, atau kombinasi keduanya. Di Joglo Ndeso juga sama. Semua rasa jusnya segar, tidak kemanisan, dan ada jus yang sengaja tidak disaring sehingga meninggalkan ampas di gelas.

Porsi makanan

Porsi makanan standar ala resto. Untuk makan sendiri sudah mengenyangkan. Menu-menu dessert alias pembuka, menurut saya, porsinya terlalu banyak. Kalau kita menghabiskan satu porsi dessert sendiri perut rasanya sudah tidak bisa lagi kemasukan makanan utama.

Kenyamanan

Pengunjung bisa pilih mau makan di saung (gazebo) lesehan atau di meja. Buat yang berduaan bisa tempat makan di mana saja. Pengunjung keluarga biasanya pilih di gazebo, sedangkan rombongan bisa menikmati santapan di pendopo.

Parking lot tergolong luas. Kira-kira bisa menampung 15 mobil dan 10 motor dalam kondisi normal. Kalau sedang penuh atau ada acara, parkir bisa membludak sampai ke pinggir jalan.

Harga

Murah tidak, mahal juga tidak. Harga aneka minuman dan jus ada di kisaran Rp15.000-Rp30.000. Sedangkan menu makanan berkisar Rp25.000-95.000. 

Lokasi

Lokasinya mudah ditemukan karena ada di pinggir Jalan Dukun di dusun Kuthan Kecamatan Muntilan ke utara menuju ke arah gunung Merapi.

Yang Unik

Kita makan dikelilingi kebun hidroponik. Anak-anak bisa main ayunan di taman mungil sambil menunggu hidangan tersaji.

Ada kolam renangnya yang jadi satu dengan area restoran. Kolam renangnya hanya untuk anak-anak karena ukurannya tidak besar. Orang tua bisa menunggu sambil menikmati hidangan di pinggir kolam renang.

Untuk masuk ke area kolam renang, kita harus bayar lagi. Namun, sejak pandemi kolam itu tutup dan tampak tidak dirawat.

0 komentar

Posting Komentar