Autotune si Penyempurna Nyanyian dan Nada Anti Fals

Penyanyi yang performa suaranya saat tampil live tidak seindah di rekaman beberapa diantaranya adalah Kanye West, Selena Gomez, Chris Brown, Taylor Swift, bahkan si queen of pop Madonna, dan princess of pop Britney Spears dikatakan sering menggunakan autotune. 

Kabarnya Tay Tay, panggilan akrab Taylor Swift, sudah jarang menggunakan autotune saat rekaman atau live karena dia sudah intensif berlatih vokal. Meski begitu suara Tay Tay masih belum bervibrato.

Vibrato dapat dijadikan acuan bahwa yang bersangkutan punya bakat menyanyi atau sudah menguasai teknik olah vokal dasar.

Bacaan Lain: Beda Musik Metal dan Punk dari Aransemen Sampai Pemberontakan

Sebenarnya bukan cuma penyanyi negeri Paman Sam saja yang menggunakan autotune, industri musik K-Pop juga menggunakannya, termasuk BTS dan Blackpink. 

Apalagi kita tahu bahwa faktor utama yang harus dimiliki boy dan girl group adalah paras rupawan dan tarian aduhai. Kualitas suara ada di urutan ke sekian.

Apa Itu Autotune?

 

Autotune atau auto-tune adalah prosesor audio yang digunakan untuk memperbaiki suara seseorang saat menyanyi. Autotune membuat vokal jadi bersih, seiring dengan nada, dan aransemen musiknya.

Bukan cuma memperbaiki kualitas nyanyian seseorang, autotune juga dapat digunakan untuk membuat efek suara robotik atau operatic (suara penyanyi opera).

Bacaan Lain: Beda Opera, Operet, dan Drama Musikal

Fungsi Autotune 

 

Walaupun seseorang tidak bisa nyanyi karena fals alias sumbang dan selalu melenceng dari nada, dengan menggunakan autotune suaranya jadi enak didengar ketika dia menyanyi.

Itulah sebab banyak penyanyi Amerika dan Korsel yang suaranya pas-pasan, tapi bisa jadi penyanyi terkenal yang eksis bertahun-tahun. Suara mereka selalu dipoles menggunakan autotune sehingga terdengar merdu dan jernih.

Autotune paling sering digunakan saat rekaman lagu. 

Pada rekaman di masa sebelum teknologi autotune muncul, penyanyi bisa mengulang lagu berkali-kali jika tinggi rendah yang dihasilkan suaranya (pitch) ada yang melenceng dari nada yang semestinya. Sedikit saja ada yang sumbang atau kurang pas dengan nada, si penyanyi harus mengulang nyanyian dari awal.

Maka, untuk menghemat waktu dan tenaga, penggunaan autotune saat rekaman bisa menghindarkan si penyanyi atau band mengulang-ngulang lagu berulang kali.

Saat tampil live di panggung, penyanyi juga dapat menggunakan autotune supaya kualitas suara mereka sama dengan kualitas rekaman.

Cara Kerja Autotune


Autotune untuk nyanyian rekaman digunakan setelah penyanyi selesai menyanyikan satu lagu. Suara dari rekaman akan "dibetulkan" dan diseimbangkan dengan musik dan tempo nada. 

Suara yang sumbang juga akan dikembalikan ke garis nada. Setelah selesai, rekaman siap didistribusikan dalam berbagai bentuk, terutama digital.

Namun, menggunakan autotune saat live concert atau menyanyi real-time tidak semudah memakainya saat rekaman.

Saat menyanyi live, autotune diaplikasikan ke sinyal suara yang masuk ke mikrofon sebelum dikirim ke speaker. Autotune akan membandingkan nada penyanyi dengan pilihan nada yang telah diprogram dari kunci lagu. Setiap nada yang berbunyi di luar nada kemudian dibulatkan ke nada terdekat yang ada di kunci itu. 

Banyak penyanyi lebih suka menggunakan autotune di panggung daripada lipsync. Mereka tidak bisa berimprovisasi dan bisa berinteraksi dengan penonton di sela-sela lagu kalau melakukan lipsync.

Adakah penyanyi Indonesia yang menggunakan autotune?

 

Bisa dipastikan tidak ada penyanyi tanah air yang menggunakan autotune karena mereka benar-benar bisa menyanyi merdu. 

Pengguna autotune kebanyakan artis peran, selebriti internet, atau influencer medsos yang mencoba peruntungan di dunia musik tanpa benar-benar punya bakat menyanyi.

Mereka yang tidak berbakat nyanyi, tapi memaksakan jadi penyanyi tidak akan laku dan tahan lama di Indonesia. Malahan, mereka bisa dirundung habis-habisan oleh netizen di medsos.

Bukan cuma nyanyian manusia saja yang bisa di-autotune, permainan instrumen musik juga bisa. Para DJ sudah mulai menggunakan autotune selain synthesizer untuk memperkaya permainan musik mereka.

Software autotune yang paling banyak gunakan adalah Antares dengan harga mulai dari $399 AS dan hanya bisa dipakai satu kali saja. Antares Audio Technology adalah pembuat autotune untuk profesional pertama.

Kamu juga boleh menggunakan autotune saat rekaman di studio bersama band atau menyanyi sendirian.

0 komentar

Posting Komentar