"The Aeronauts" Membuat Prakiraan Cuaca dengan Balon Udara di Ketinggian 11.000 Meter

Bagaimana cara bernapas dengan tubuh membeku di ketinggian 36.000 kaki (sekitar 10.000 meter) tanpa oksigen hanya dengan berdiam di dalam balon gas?

Lapisan atmosfer di ketinggian 10.000 meter adalah troposfer, tempat semua jenis cuaca berada. Perubahan suhu yang mendadak, tekanan angin, dan kelembabab berlangsung terus-menerus. 

Salah satu adegan di The Aeronauts saat Amelia dan James baru mengudara (Prime Video)

Itu juga yang dirasakan oleh Amelia Wren dan James Glaisher. Mereka terperangkap badai dan kilat, juga kedinginan dilumuri es dan kekurangan oksigen. Katup pengatur gas bahkan membeku menyebabkan mereka terus terbang sampai ketinggian 37.000 kaki (11.000 meter).

Supaya bisa turun Amelia harus memanjat ke ujung balon agar bisa membuka katup dengan kakinya. Memanjat balon? Bagaimana caranya?

Tampaknya mustahil. Amelia Wren memanjat tali yang membungkus badan balon. Tali itu juga berfungsi untuk mengikat keranjang kabin ke balon.

Berkali-kali Amelia nyaris jatuh karena licinnya tali akibat terbungkus es. Dua kali dia pingsan dan terbangun dalam keadaan tergantung di tali balon. Menegangkan!

Siapa Amelia Wren?

Amelia Wren adalah pilot balon udara atau yang dikenal sebagai aeronaut. Suaminya bernama Phillip juga seorang aeronaut. Saat Phillip dan Amelia terbang bersama, jahitan balon yang mereka naiki sobek. Balon jatuh terlalu cepat dan Phillip mengorbankan dirinya supaya beban balon berkurang dan Amelia bisa turun dengan selamat.

Felicity Jones berperan sebagai Amelia Wren di film The Aeronauts yang berduka, tapi takkuasa mengejar dorongan jiwanya untuk terbang.

Sebagaimana lazimnya aeronaut, Amelia juga merancang dan membuat sendiri balon gas yang dipakainya sampai troposfer bersama James Glaiser.

Hubungan Amelia dengan James yang terlihat dalam film, adalah hubungan sahabat yang saling menyayangi. Ada romantisme, tapi hanya sebatas pandangan mata. Ada kehangatan, tapi sebatas hangatnya kasih sayang antarmanusia alih-alih pasangan kekasih.

Siapa pula James Glaisher?

James Glaisher adalah meteorologis dan astronomer yang minta bantuan Amelia untuk menerbangkan balon guna membuat penelitian cuaca. Kelak dari hasil penelitian tersebut, James yakin bisa membuat prakiraan cuaca yang membuat manusia bersiap pada keadaan cuaca yang akan datang.

Eddie Redmayne yang memerankan tokoh James Glaisher pernah memenangkan piala Oscar pada 2015 sebagai Aktor Terbaik untuk film Theory of Everything (tayang 2014). Di film itu Eddie memerankan fisikawan Stephen Hawking.

Apa yang dilakukan James Glaisher di The Aeronauts diambil dari kisah nyata kehidupan meteorologis dan astronomer James Glaisher (wafat 1903) dari Inggris.

Tahun 1860-an, James melakukan serangkaian penerbangan balon untuk meneliti cuaca, sampai ketinggian 9 kilometer. Capaian ketinggian itu belum pernah dilakukan oleh aeronaut mana pun pada masanya.

Inspirasi Karakter Amelia Wren

Sepintas saya kira ini film berkisah tentang Amelia Earhart, wanita pertama yang terbang sendirian melintasi Samudra Atlantik pada tahun 1932. Betul! Nama Amelia di film ini memang diambil dari nama Amelia Earhart. 
Amelia Earhart (ameliaearhart.com)
Sampai sekarang, Amelia Earhart dikenang sebagai salah satu pionir penerbangan. Namanya berada di urutan ke-9 dalam daftar 51 Heroes of Aviation di Amerika Serikat.

Selain diambil dari kisah Amelia Earhart, karakter Amelia Wren juga diambil dari tokoh dari Inggris bernama Margaret Graham. Margaret dikenal karena dialah aeronaut wanita yang melakukan perjalanan solo dengan balon udara (hot air ballon) pada tahun 1826.

Pun adegan Amelia Wren memakai kembang api dan melempar anjingnya dengan parasut dari atas balon, terinspirasi dari aksi Sophie Blanchard (wafat tahun 1819) saat dia menerbangkan balon untuk terakhir kalinya. 

Lebih dulu dari Margaret Graham, Sophie Blanchard adalah aeronaut asal Prancis yang menjadi wanita pertama yang melakukan penerbangan solo (sendirian) dengan balon udara. 

Sophie Blanchard saat berpose untuk memperingati ulang tahun Napoleon Bonaparte ke-42 tahun 1811 (The Ancient Origin)

Sophie meninggal saat balonnya terbakar kembang api yang menyebabkan dia jatuh bersamaan dengan balonnya itu.

***

Sesuai judulnya, The Aeronauts amat kental dengan kisah penerbangan balon para aeronaut yang asli. Ceritanya juga banyak berlatar ketinggian di angkasa lepas. Maka saya menyarankan orang yang punya fobia terhadap ketinggian (acrophobia) agar tidak menonton film ini.

The Aeronauts dapat ditonton di Amazon Prime Video dengan biaya langganan berbeda dari tiap operator selular di Indonesia.

Oh, Indonesia juga punya aeronaut besar dunia abad 21, beliau adalah BJ Habibie, mantan presiden RI ke-3. Habibie punya 46 paten di bidang aeronautika, dengan paten yang terpopuler adalah rumus cara menghitung keretakan pesawat. Dari situlah julukan Mr. Crack beliau dapat.


0 komentar

Posting Komentar