Panduan Sehat Diet Garam Cukup 3 Hari Badan Ringan Tensi Aman

Sudah coba bermacam-macam diet, tapi badan tetap melar dan malah jadi lemas karena kita cuma makan sayuran dan buah saja setiap hari. Obat pelangsing juga ngaruh, olahraga pun tidak sempat. 

Gampang! Coba saja diet garam. Buat pemula cukup jalani diet ini selama tiga hari saja. 

Diet garam 3 hari dari emperbaca.com

Kepada cuma tiga hari dietnya? Seminggu saja supaya turunnya banyak. 

Boleh aja, tapi makan tanpa garam itu gak enak, lho! Kelamaan makan tanpa garam bisa bikin eneg juga. Jadi tiga hari dulu, ya. Beri jeda seminggu, lalu diet garam lagi selama tiga hari. Kalau sudah biasa baru, deh, seminggu berturut-turut diet garam bisa dilakukan. 

Despite less salt is good for health, diet garam tidak disarankan untuk ibu hamil dan menyusui karena sang bayi dan ibu masih perlu asupan garam untuk kebutuhan yodium. Selain untuk kebutuhan yodium dan menambah citarasa makanan, garam juga banyak manfaatnya.

Manfaat Garam

Mengutip alodokter, garam bermanfaat bagi tubuh, yaitu untuk:

1. Menjaga produksi hormon tiroid. Kekurangan hormon tiroid bisa menyebabkan pembesaran tiroid, sembelit, kelelahan, dan sulit berkonsetrasi.

2. Mencegah tekanan darah terlalu rendah. Tekanan darah yang terlalu rendah bisa membuat pusing, mual, pandangan kabur, dan pingsan.

3. Memelihara keseimbangan cairan tubuh. Garam mengandung natrium untuk menahan cairan dalam sel-sel tubuh. Dengan mengonsumsi cukup garam, kita terhindar dari dehidrasi.

4. Mencegah gangguan perkembangan otak. Kekurangan yodium dalam garam selama masa kehamilan bisa menyebabkan bayi memiliki IQ yang lebih rendah.

Walau punya manfaat, asupan garam yang ideal untuk orang dewasa dan anak diatas 12 tahun tidak lebih dari 6 gram per hari atau sama dengan 1 sendok teh. 

Menu Makan Diet Garam

Tidak ada pantangan makanan pada diet garam. Semua makanan boleh dimakan asal tidak mengandung garam, penyedap, dan apapun yang rasanya asin. Kecap, walau rasanya dominan manis, harus dihindari karena mengandung garam.

Selama tiga hari diet garam, Anda harus masak sendiri untuk memastikan tidak ada garam atau penyedap yang tercampur ke makanan.

Gampang menunya. Telur dadar atau telur ceplok tanpa garam. Tempe dan tahu yang digoreng tanpa bumbu apapun. Pisang bakar tanpa olesan apapun, atau potongan ayam tanpa bumbu yang dikukus atau digoreng.

Kalau ingin makan salad, pastikan jangan dicampur dengan mayones, thousand island, atau saus apa pun. Sama juga kalau mau makan sambal, sambal apa pun boleh, tapi tidak pakai ditambah garam, penyedap, atau kaldu.

Roti dan mi instan juga tidak boleh dimakan karena mengandung garam. Kalau mau makan mie, bikin sendiri minya dari terigu. Kuahnya juga bikin sendiri tanpa garam. 

Jadi, selama diet garam semua makanan yang kita makan hambar dan gak enak? Makanya Emper Baca menyarankan diet garam cuma tiga hari. Walau kita bisa makan apa saja tanpa pantangan, tapi tiga hari makan tanpa garam itu lebih menyiksa dari pada olahraga kardio satu jam selama tiga hari berturut-turut. 

Alat masak untuk masak menu tanpa garam harus dipisah dari masakan lain. Misal, wajan bekas menggoreng ikan berbumbu tidak boleh dipakai untuk menggoreng ikan tanpa garam. 

Minyak goreng juga harus terpisah. Tidak boleh pakai minyak goreng (walau baru dipakai satu kali) bekas masakan bergaram untuk masakan nongaram. Namun, minyak goreng nongaram yang sudah dipakai boleh dipakai lagi untuk menggoreng masakan yang tidak bergaram. 

Minuman Saat Diet Garam

Semua jenis minuman boleh diteguk, kecuali minuman kemasan dari pabrik. Minuman dari pabrik punya kadar natrium yang tinggi yang dimaksudkan agar minuman tahan disimpan lama.

Natrium dapat ditemukan dalam garam dapur sehari-hari, maka minuman yang mengandung natrium tidak boleh dikonsumsi selama diet garam.

Bila ingin menikmati minuman selain air putih, minumlah teh dan kopi yang diseduh sendiri. Bisa juga buat jus dari buah segar, atau wedang jahe dicampur sereh (serai), kayu manis, dan gula merah. Kalau mau variasi, buatlah smoothie dari pisang yang blender dengan susu UHT.

Olahraga

Olahraga sebenarnya wajib saat kita sedang diet atau tidak. Saat diet garam tubuh tetap perlu bergerak meski Anda termasuk kaum rebahan.

Menyapu dan mengepel lantai. Menyapu daun kering di halaman, atau sekedar jalan kaki ke warung untuk beli minyak goreng.

Banyak bergerak bagus untuk memperlancar peredaran darah juga kesehatan jantung dan paru.

Manfaat Mengurangi Garam

Healthline melansir bahwa garam mengandung natrium dan klorida. Kebanyakan garam (atau sering makan yang asin dan gurih) dapat menganggu kontraksi otot, fungsi saraf, tekanan darah, dan keseimbangan cairan.

Lebih parah lagi, dapat memicu kanker perut dan gagal ginjal. Ginjal bekerja lebih berat karena garam mengikat air.

Dengan mengurangi garam, lemak yang terikat di tubuh juga jadi lebih sedikit. Makin banyak makan garam makin banyak lemak yang terikat di tubuh sehingga kita jadi gampang gemuk.

Tiga hari makan tanpa garam badan jadi lebih enteng, deh. Coba aja!

0 komentar

Posting Komentar