Benyamin Sueb dan Sepak Bola Pelawak

Benyamin S pernah menulis lagu yang judulnya Sepak Bola. Lagu itu bercerita tentang kesebelasan pelawak melawan tim nasional Brazilia (Brasil).

Ada bagian lagu yang menceritakan bahwa pertandingan berlangsung seru karena Jojon telah mengumpan bola pada Darto yang kemudian menjebloskannya ke gawang sampai kiper Brazilia jatuh terjengkang. 

Kesebelasan pelawak di pertandingan sepak bola tahun 1983. Benyamin Sueb tampak jongkok paling kiri arah foto (kaskus/manusiarender)

Terjadi gol? Sayang sekali bolanya malah melambung tinggi terus enggak turun lagi. Saking lamanya bola turun dari langit, wasit sampai ngaso (istirahat) dulu sambil makan kacang.

Pertandingan babak kedua dimulai. Diran menggiring bola disambut Darto dan disundul ke tiang gawang. Sayang seribu sayang bolanya mental ke awang-awang.

Di babak ini juga Eddy Sud yang jadi kiper semaput karena iganya disikut. Diran hampir menceplos gol, sayang bolanya mental.

Beruntung akhirnya kesebelasan pelawak memenangkan pertandingan lawan timnas Brazilia berkat gol tunggal dari Sup Yusup.

Kalau dengar lagu ini pertama sampai kali keempat, kita pasti tertawa karena liriknya seperti siaran pandangan mata campur lawak. Lucu sekali.

Tidak tahu kapan lagu Sepak Bola ini diluncurkan karena belum ada yang menceritakannya di Google. Pertandingan sepak bola kesebelasan pelawak dimana Benyamin S jadi anggotanya memang pernah terjadi di tahun 1983, tapi apakah pertandingan itu melawan Brasil atau melawan siapa?

Kalau melawan Brasil sudah pasti media-media arus utama akan memberitakannya kalau ada event Piala Dunia atau Olimpiade. Hampir dipastikan bahwa pertandingan sepak bola tim pelawak itu bukan melawan timnas Brasil.

Selain lagunya yang lucu, Benyamin S memang penyanyi, jadi suaranya enak didengar, merdu, dan bagus. Kalau lama-lama gaya nyanyinya seperti asal-asalan, itu karena dia lakukan sambil melawak.

Di genre rock and roll suara Benyamin S juga cocok, apalagi diiringi gambang kromong. Makin nyantol.

Album rock and roll milik Benyamin yang terkenal lagunya adalah Markonah, Siti Marsitol, Disangka Nyolong, Blues Kejepit Pintu, AA UU, dan masih ada lima lagu lain.

Zaman dulu dalam satu album yang diluncurkan penyanyi bisa berisi 8-10 lagu. Kalau sekarang paling banter 4 lagu. Namanya mini album.

Sebelum melawak, Benyamin lebih dulu jadi penyanyi. Sejak kecil dia sudah dibawa ibunya ikut lomba nyanyi kemana-mana. 

Suara merdunya bukan kaleng-kaleng, dia betulan berbakat nyanyi. Kalau dia nyanyi tidak sambil melawak, levelnya bisa disamakan dengan Bob Tutupoli atau Broery Marantika.

Lagu Sepak Bola yang dinyanyikan berangkat dari kesukaannya pada olahraga ini sejak kecil. Siapa sangka sepak bola juga yang mengantarnya kembali ke Rahmatullah tahun 1995. Dia wafat setelah main bola di komplek rumahnya di Cinere, Depok.

Dia betul-betul seniman serba bisa. Nyanyi bisa, melawak bisa, main film bisa, main drama juga bisa.

Belum ada pelawak multitalenta seperti Benyamin Sueb. 

Boleh download lagu Sepak Bola yang dinyanyikan Benyamin Sueb DISINI.

0 komentar

Posting Komentar