Gemuk, Benarkah Tak Sehat?!

Gendut identik dengan penyakit. Karena orang gendut berisiko kena penyakit jantung, diabetes, kolesterol dan darah tinggi yang berujung pada stroke.

Tapi saya punya cerita. Saya dan dua saudara ipar yang perempuan sama-sama jalan kaki dari tempat parkir naik ke makam aulia di Desa Gunung Pring Kecamatan Muntilan, Magelang. Sepanjang menaiki anak tangga sampai ke atas bukit tempat makam alm Mbah Dalhar berada mereka ngos-ngosan dan harus berhenti sejenak untuk mengambil nafas. Pulangnya, turun tangga, mereka juga sedikit ngos-ngosan. Sementara saya, Alhamdulillah, lancar naik keatas tanpa menggeh-menggeh dan tidak berhenti untuk istirahat. Padahal berat badan saya 70 kg dan mereka dikisaran 50-55 kg. Aktivitas saya banyak di rumah mengasuh dua anak balita tanpa pembantu. Mereka pekerja kantoran yang sering lembur.

Dari kejadian itu saya berkesimpulan bahwa olahragalah yang membuat seseorang bugar, bukan berat badan.

Meskipun dua ipar perempuan saya itu orang kantoran yang sering melakukan kerja lapangan, namun mungkin mereka tidak banyak melakukan aktivitas fisik dibanding saya.

Selain mengurus dua balita saya juga membersihkan kamar mandi, mencuci baju (pakai mesin, sih) dan melihatnya, membereskan rumah yang seperti kapal pecah tiap anak-anak selesai main, dan membereskan perkakas bekas masak. Juga berulang kali bangun-duduk-berdiri sepanjang hari. Tapi suami sering bantu juga sih, hehehe!

Anyway, aktivitas mengasuh anak dan mengurus rumah mungkin membuat saya yang gendut lebih bugar daripada ipar-ipar saya yang langsing.

Dulu saya langsing dengan berat badan 50 kg. Lalu jadi gendut karena hamil dan tidak bisa turun lagi ke berat semula. Ditambah lagi saya sering makan malam pada jam 21.00 atau 22.00 dan tidak sempat makan pada pagi dan siang harinya.

Sekarang saya sedang diet dengan program dari suami, hehee! Dengan badan gendut susah cari baju apalagi celana. Orang gendut juga cenderung susah memadu-padankan pakaian karena kalau tidak cermat malah membuat badan kelihatan menggembung seperti balon 😐. Saya akui lebih menyenangkan jadi orang kurus daripada gendut.

Tapi tidak semua orang langsing itu bugar dan orang gendut itu penyakitan lho! Saya sudah membuktikannya 😀

0 komentar

Posting Komentar