Nyadran Bukan Makan Di Kuburan

Orang non-suku Jawa yang melihat nyadran sekilas akan beranggapan kalau orang-orang itu sedang melakukan ritual bid'ah yang diakhiri dengan makan bersama di kuburan.

Orang Jawa biasa menggelar acara nyadran setahun sekali. Nyadran dilakukan setiap bulan Ruwah pada kalender Jawa atau Syaban pada kalender Islam, menjelang bulan Ramadan. 

Diyakini, dalam menyambut bulan suci, lahiriah dan batiniah yang kotor pada manusia sebaiknya dibersihkan. Kuburan sebagai tempat peristirahatan terakhir manusia, perlu dibersihkan supaya manusia selalu ingat pada kematian dan kemudian mengisi hidupnya dengan perbuatan baik.

Nyadran memang bukan ajaran Islam. Sunan Kalijaga mengganti ritual Hindu dengan pembacaan ayat suci Al-Quran, tahlil, zikir, dan doa-doa. Menghilangkan apa yang sudah jadi tradisi dan kebiasaan masyarakat dengan alasan bid'ah hanya akan membuat penduduk Jawa (pada masa lampau) menjauhi syiar Islam.

Itulah sebab Sunan Kalijaga banyak melakukan asimilasi ajaran Islam dengan tradisi masyarakat Jawa yang sudah ada sejak tahun 358 Masehi. Kalau tidak begitu, Islam tidak bakalan jadi agama mayoritas di Indonesia seperti sekarang.

Makan di kuburan

Sejatinya, nyadran bukan makan-makan atau kenduri di kuburan. Orang-orang Jawa pada bulan Syaban biasanya membersihkan kuburan-kuburan orangtua dan saudara-saudara mereka untuk mengingat bahwa kelak mereka juga akan mati dikubur dalam tanah. 
Foto : antaranews.com

Bersih-bersih kuburan kurang lengkap tanpa mendoakan arwah orang yang kuburnya mereka bersihkan. 

Dua hal ini tidak bertentangan dengan ajaran Islam yang membolehkan ziarah kubur. Setelah energi terkuras untuk bersih-bersih maka mereka menyantap bekal/hidangan yang mereka bawa, untuk dimakan bersama.
.
Bersih-bersih kuburan akan terasa berat kalau dilakukan sendirian, apalagi zaman dulu kuburan identik dengan kesan seram dengan pepohonan besar dimana-mana. Jika dilakukan beramai-ramai akan menghilangkan kesan seram sekaligus menjaga kebersamaan dan kerukunan antar warga kampung. 

Di beberapa kampung di daerah yang masih mengadakan nyadran, doa-doa tidak lagi dilakukan di pemakaman, melainkan di masjid. Setelah mendengar tausyiah dan mengumandangkan doa-doa, mereka makan bersama. Bersih-bersih kuburan dilakukan sebelum atau sesudah berdoa di masjid. 

Jadi nyadran bukan makan bersama di kuburan. Filosofi dibalik nyadranlah yang utama. Makan-makan hanya kegiatan wajar setelah lelah beraktivitas. Jika lokasi makannya di kuburan itu karena sebelumnya ada aktivitas  membersihkan kuburan. Kalau kita selepas kerja bakti membersihkan got dan selokan, makan-makannya juga di sekitaran selokan itu, kan, bukan di rumah masing-masing, kan?

Mendoakan arwah keluarga, kebersamaan, silaturahmi, kerukunan warga kampung, dan pengingat kematian. Itulah filosofi nyadran.

Saya pribadi berpendapat ini tidak bertentangan dengan syariat Islam. Kalau bertentangan tentu Walisongo, terutama Sunan Kalijaga, tidak akan mengasimilasikan kebudayaan itu dengan Islam. Sunan Kalijaga mengganti ritual Hindu dengan doa-doa Islam supaya ajaran Islam bisa diterima masyarakat tanpa melanggar ajaran Islam itu sendiri.

Ziarah kubur dan mendoakan arwah dibolehkan dalam Islam, apalagi silaturahmi wajib hukumnya.

Jadi selama satu kebudayaan tidak bertentangan dengan ajaran Islam, tidak haram, dan tidak memaksakan diri, tidak apa-apa dilakukan.

2 komentar

  1. Wah senang sekali menemukan Emper Baca mbak Yana.
    Semoga Emper Baca makin rame.
    Terima kasih dapat pencerahan akhir pekan.
    Hormat saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah terima kasih banyak, Ndan. Aamiin. Semoga sehat selalu buat Komandan, ya.

      Hapus


EmoticonEmoticon