Cobek Muntilan, Dibuat dari Batu Merapi oleh Keturunan Pemahat Candi Borobudur

Saya beberapa kali dimintai tolong membelikan cobek Muntilan oleh teman-teman di Jabodetabek. Kata mereka cobek Muntilan bagus, enak dipakai, dan awet. 

Harga cobek Muntilan juga ternyata murah. Murah dalam artian satu munthu (ulekan) kecil dihargai mulai Rp5000 saja. Cobek ukuran kecil dan sedang yang biasa untuk nyambel emak-emak bisa dibeli mulai Rp25.000.

Sebetulnya mereka bisa saja beli cobek batu Muntilan di Tokopedia atau Shopee, tapi katanya kalau beli dari "orang Muntilan asli" rasanya lebih otentik dan orisinil. 

Soal "orang Muntilan asli" ini wagu. Penjual di lokapasar itu juga orang Muntilan asli yang punya toko cobek di Muntilan. Sedangkan saya walau tinggal di Muntilan, tapi bukan orang Muntilan asli.

Spesialnya cobek Muntilan diyakini karena dua hal, bahan bakunya dan pembuatnya.

Batu Merapi


Pada erupsi besar tahun 2010 yang menewaskan kuncen (juru kunci) Merapi Mbah Maridjan, Merapi memang melontarkan banyak batu besar. Believe or not ada yang ukurannya hampir semobil Agya.

Lontaran batu itu sampai ke Kecamatan Salam yang jaraknya 20 kilometer dari puncak Merapi. Letak Kecamatan Salam berimpitan dengan Muntilan.

Batu-batu besar ini bisa kita temukan di kebun penduduk, sungai, bahkan di pinggir jalan raya. Selain itu aktivitas penambangan batu di gunung Merapi juga masih berlangsung sampai sekarang.

Jadi amat mungkin cobek-cobek Muntilan memang dibuat dari batu gunung Merapi. Lalu siapa yang punya keahlian membuat cobek dan ulekan ini?

Keturunan Pemahat Candi Borobudur

 

Para pembuat dan penjual cobek Muntilan dilakukan turun-temurun dari kakek kepada cucunya dan begitu seterusnya. Mereka diyakini sebagai keturunan dari para pemahat yang membuat relief-relief di candi Borobudur.

Sejak 2021 pengunjung tidak boleh menaiki candi Borobudur. Naik ke atas candi khusus untuk umat Buddha yang akan melakukan ibadah.

Candi Borobudur dibangun pada abad 8 atau tahun 700-an dan tidak berada di Kecamatan Muntilan, melainkan di Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang. Namun, di Muntilan ada candi Buddha yang sama-sama dibangun pada abad 8 juga oleh Dinasti Syailendra, yaitu candi Ngawen.

Candi Ngawen diperkirakan berusia lebih tua dari candi Borobudur berdasarkan arsitektur dan relief yang ada di candi. Dilihat dari jarak, dari candi Borobudur ke candi Ngawen cuma dipisahkan sekitar 9,8 kilometer saja.

Candi Ngawen yang terletak di Desa Ngawen, Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang

Adanya candi Ngawen makin menguatkan keyakinan kalau orang-orang yang membuat cobek dan munthu di Muntilan saat ini adalah keturunan para pemahat yang membuat relief di candi Borobudur.

Para pembuat dan pemahat relief di candi Borobudur adalah keturunan mereka yang membuat dan memahat candi Ngawen.

Pasir Muntilan

 

Ada hal tersohor lain dari Muntilan yang berkaitan dengan Merapi, yaitu pasir.

Kata orang pasir Muntilan kualitasnya bagus karena didapat dari semburan gunung Merapi. Memangnya Merapi berapa kali meletus tiap tahunnya sampai bisa menghasilkan pasir terus-menerus? 

Entah, kalau erupsi kecil, sih, sering, tapi tidak sampai mengganggu aktivitas warga di lereng, jadi yang diingat cuma letusan besarnya saja.

Sewaktu erupsi Merapi 2010, timbunan pasir hasil abu vulkanik yang dimuntahkan gunung Merapi dipinggirkan oleh Pemda Kabupaten Magelang ke pinggir-pinggir jalan. Pasir itu menggunung dan sebagian ditaruh di tanah kosong yang akhirnya jadi depo pasir.

Meski begitu, di Muntilan sendiri cuma ada satu depo pasir kecil. Depo pasir justru lebih banyak di Kecamatan Salam, tetangga Muntilan.

Saya kurang paham kenapa Muntilan juga terkenal dengan pasirnya (untuk bangunan) yang berkualitas tinggi. Mungkin karena penggali dan penambang pasir di gunung Merapi banyak yang asalnya dari Muntilan. Jadi orang lebih mudah menyebut pasir itu dengan "pasir Muntilan".

Mungkin juga karena depo pasir besar yang ada di Kecamatan Salam letaknya mepet dengan Muntilan, dan Muntilan lebih terkenal  dibanding Salam. Jadi orang lebih mudah menyebutnya dengan "pasir Muntilan" daripada "pasir Salam".

Pasir dari gunung Merapi sering disebut sebagai pasir Muntilan yang dikenal karena kualitasnya

Pun meski Salam berbatasan langsung dengan Daerah Istimewa Yogyakarta orang tidak menyebutnya dengan "pasir Yogya" sebab Yogya terkenal karena kekhasannya yang lain, bukan pasir. 

***

Sebagai orang yang tinggal di Muntilan karena mengikuti suami, saya tambahkan kalau Muntilan itu selain terkenal dengan tape ketan, wajik Nyonya Pang, candi Ngawen, dan orangnya yang tjakep-tjakep, kota dagang yang punya penduduk terbanyak sekabupaten Magelang ini juga terkenal dengan cobek, perajin batu, dan pasir.

0 komentar

Posting Komentar