No Fly Zone, Sembilan Tempat di Dunia Dilarang Dilewati Pesawat

Bepergian naik kapal terbang memang menghemat waktu karena bisa cepat sampai dalam hitungan jam saja. 

no fly zone

Dulu naik kapal terbang-biasa kita sebut sekarang dengan pesawat-dianggap orang kaya karena harga tiketnya selangit. Sekarang semua orang bisa naik pesawat dengan harga tiket yang sudah tidak semahal 30 tahun lalu.

Meski di langit kosong tidak ada bangunan. jalanan, dan kendaraan seperti di darat, ternyata tidak semua langit boleh dilewati pesawat terbang. Pilot harus harus memutar untuk menghindari wilayah yang tidak boleh dilewati pesawat.

Berikut sembilan tempat di dunia yang tidak boleh dilewati pesawat.

1. Kutub Utara

Pesawat sebetulnya boleh melintas diatas kutub utara, tapi risiko sangat berbahaya karena ada medan magnet kuat dan berubah-ubah yang akan mengacaukan navigasi pesawat.

Selain menggunakan GPS (global positioning system) dari satelit dan gelombang radio, sistem navigasi pesawat menggunakan kompas yang bergerak menyesuaikan diri dengan magnet bumi.

Suhu di kutub utara dinginnya juga ekstrem yang bisa membentuk es didalam sayap pesawat sehingga mengganggu aerodinamika.

Radiasi matahari yang kuat di kutub utara juga bisa mempengaruhi kesehatan para pilot dan kru kabin kalau mereka sering melintasi kutub utara.

2. Kabah

Pesawat tidak boleh melintas diatas Kabah karena suara bising pesawat dikhawatirkan akan mengganggu kekhusyukan ibadah umat Islam.

Selain itu penumpang yang ada dalam pesawat tidak semuanya muslim, sedangkan yang boleh memasuki kota Mekah hanyalah orang yang beragama Islam saja.

Jadi pemerintah Arab Saudi melarang pesawat terbang diatas Kabah karena alasan kesucian Kota Mekah dan Kabah sebagai kiblat muslim sedunia.

3. Buckingham Palace dan Windsor Castle

Pesawat tidak boleh terbang diatas Buckingham Palace dan Windsor Castle untuk melindungi keluarga kerajaan dari polusi udara, suara bising pesawat, dan ancaman teroris.

Zona larangan terbang ada di radius jarak 4 km dan di ketinggian 762 meter diatas kedua bangunan. Larangan pesawat melintasi dua tempat tinggal keluarga kerajaan Inggris ini diberlakukan sejak tahun 2003.

4. Kuba

Tidak semua pesawat terlarang melintasi Kuba, hanya pesawat dari negara-negara yang jadi musuh Kuba saja yang dilarang melintas di wilayah udara negeri komunis itu.

Selain itu spesifikasi bandar udara di Kuba mayoritas belum dirancang untuk pesawat besar, terutama aspal serta panjang dan lebar landasannya. Pada 30 Agustus 2023, Boeing 737 Max 8 milik maskapai Sunwing Kanada nyangkut di landasan, menyebabkan bandara ditutup untuk sementara.

5. Korea Utara

Pemerintahan Kim Jong Un melarang pesawat asing melintasi negaranya karena alasan keamanan dan politik.

Korea Utara sering mengadakan uji coba roket dan peluru kendali (rudal) yang membahayakan penerbangan sipil dan komersil. Karena itu pilot dengan kesadaran sendiri biasanya akan menghindari wilayah udara Korea Utara.

6. Paris

Alasan pesawat dilarang terbang melintasi Paris adalah untuk keamanan dan keselamatan banyak bangunan penting dan bersejarah yang ada di sana.

Meski begitu, pesawat medis dan kapal kenegaraan boleh melintasi angkasa Paris dengan kondisi khusus.

7. Washington DC

Pesawat dilarang terbang di atas kota Washington DC untuk melindungi gedung-gedung pemerintahan demi keamanan nasional negeri Paman Sam itu.

Markas militer AS di Pentagon yang terletak dekat dengan Washington DC pernah diserang teroris pada 11 September 2001 atau dikenal dengan peristiwa 9/11.

DC dibelakang nama Ibu kota Amerika Serikat ini adalah singkatan dari Dictrict of Columbia yang merujuk bahwa kota ini tidak termasuk dalam negara bagian mana pun yang ada di AS.

Washington DC berdiri dan diperuntukkan hanya untuk ibu kota negara.

Nama Columbia diambil dari nama penemu benua Amerika yaitu Christopher Columbus. Jadi dilarangnya kapal terbang melintasi langit Washington DC juga karena alasan peristiwa bersejarah yang melatari Washington.

8. Kuil Parthenon

Pesawat dilarang terbang diatas Kuil Parthenon di Athena, Yunani, untuk mencegah kerusakan struktur kuil berusia 2.500 tahun itu.

Potensi kecelakaan, polusi udara, dan suara bising yang dihasilkan pesawat terbang dikhawatirkan akan mengganggu pelestarian situs budaya warisan zaman Yunani Kuno itu.

9. Disney World

Aneh, tapi nyata. Pesawat dilarang terbang melintasi taman bermain Disney World di Florida, AS, karena alasan keamanan.

Bukan cuma pesawat, semua yang bisa terbang seperti helikopter, drone dan balon udara juga dilarang melintasi Disney World serta Taman Anaheim dan stadion olahraga yang ada di seluruh AS.

Larangan ini diberlakukan oleh FAA sejak 2003 yang dilatarbelakangi serangan teroris ke AS pada 11 September 2001. 

Radius larangan terbang di Disney World ada do radius 4,8 km dengan ketinggian 914 meter.

Pilot yang niat terbang diatas Disney World, Taman Anaheim, dan stadion olahraga harus minta izin dulu ke Transport Security Administration dan Federal Aviation Administration (FAA).

Aturan Terbang Drone di Indonesia

Adakah tempat di Indonesia di mana kapal terbang dilarang melintas? Bila mengacu pada kementerian perhubungan, tidak ada zona larangan terbang (no-fly zone) bagi pesawat terbang.

Permenhub No. 30/2020 cuma mengatur soal larangan terbang drone. Drone dilarang diterbangkan di tiga tempat terlarang, yaitu:

1. Semua bandar udara (bandara).

2. Fasilitas pertahanan seperti istana kepresidenan, cagar budaya, patung, area kedutaan besar, gedung pemerintahan, dan kantor serta markas militer.

3. Area pribadi yang tidak mengizinkan ada drone seperti perkantoran, mall, dan perumahan.

Di tempat yang membolehkan drone terbang, drone maksimal hanya boleh diterbangkan setinggi 150 meter saja. Maksimal drone boleh terbang ada di ketinggian 150 meter.

Related: Enam Kecerdasan Buatan yang Bisa Diajak Ngobrol dan Curhat

Bagaimana dengan layangan dan balon gas? Balon gas ukuran besar seperti yang sering diterbangkan tiap lebaran tidak boleh diterbangkan di dekat bandar udara karena berpotensi mengganggu penerbangan.

Kalau layangan belum ada aturan yang mengatur. Lagipula layangan tidak terbang setinggi drone. Layangan juga biasanya cuma diterbangkan di tempat yang banyak angin saja seperti di pantai, lapangan, atau sawah sehingga tidak mengganggu keselamatan kecuali kalau nyangkut di tiang listrik rumah orang.

0 komentar

Posting Komentar