Rekomendasi 11 Film Tentang Makanan yang Bikin Ngiler dan Laper!

Semua orang butuh makan untuk mempertahankan hidup. Orang misqueen makan apa saja yang penting kenyang, sementara orang kaya memilih makanan sesuai selera.

emperbaca.com memilih 10 film tentang makanan bukan sekadar film yang asal memuaskan lapar, tapi ada pengetahuan di dalamnya. Pengetahuan kuliner dari Indonesia dan mancanegara serta kegigihan para tokoh mencapai cita-citanya untuk jadi yang terbaik di dunia permakanan.

Jangan lupa sediakan cemilan sembari menonton supaya perut tidak keroncongan. Semua film ditonton langsung oleh emperbaca.com dan disusun acak tidak berdasarkan kriteria tertentu. 

Berikut rekomendasi 10 film tentang makanan yang bikin laper dan ngiler.

1. Aruna dan Lidahnya (2018)

 

Dibintangi Dian Sastro, Hannah Al Rasyid, Oka Antara, dan Nicholas Saputra film ini berkisah tentang seorang peneliti flu burung yang suka banget sama makanan.

Foto: kompascom

Dari awal adegan kita sudah disuguhi sop buntut bikinan Aruna yang aromanya seperti menembus layar! Belum lagi empat sekawan itu kulineran terus di tempat Aruna dan Faris menyelidiki kasus flu burung.

Kalau mau tahu tentang beragamnya kuliner khas Indonesia, Aruna dan Lidahnya oke banget kamu tonton.

2. Koki-koki Cilik (2018 dan 2019)

 

Koki-koki Cilik 2 tayang pada 2019 menyusul kesuksesan film pertama. Paling seru dan bikin ngiler adalah adegan saat para koki cilik ini beradu dalam kontes masak.

Foto: medcomid

Uniknya lomba masak itu berlangsung dalam sebuah camp (perkemahan) khusus anak yang suka masak. Sayangnya camp ini berbiaya mahal dan Bima yang berasal dari keluarga miskin akhirnya berhasil ikut camp tersebut dan mengajalani berbagai tantangan.

Koki-koki Cilik dibintangi oleh Ringgo Agus Rahman, Morgan Oey, dan Christian Sugiono. Cocok ditonton anak-anak SD dan seluruh keluarga. Seru dan lucu!

3. Tabula Rasa (2014)

 

Tabula rasa artinya kertas kosong yang merujuk pada pandangan epistemologi bahwa semua manusia terlahir bersih tanpa isi mental apapun (kosong). 

Seluruh sumber pengetahuan seseorang diperoleh sedikit demi sedikit melalui pengalaman dan persepsi alat inderanya terhadao dunia diluar dirinya.

Foto: MUBI

Pada film Tabula Rasa, kertas kosong itu bernama Hans yang gagal jadi pemain bola lalu beralih jadi koki saat dia bertemu dengan pemilik rumah makan Padang bernama Takana Juo.

Film ini memenangkan empat penghargaan di Festival Film Indonesia 2014.

4. Madre (2013)

 

Madre adalah adonan biang roti yang diperlakukan istimewa oleh para pekerja di toko roti jadul bernama Tan De Bakker. Toko roti ini sudah tua dan masih mempertahankan resep dan pembuatan peninggalan nenek moyang.

Foto: kompascom

FIlm Madre diangkat dari antologi 13 karya fiksi dan prosa pendek Dee Lestari yang berjudul sama yang terbit pada 2011.

Saksikan keseruan pemilik dan pegawai Tan De Bakker mempertahankan toko roti mereka yang nyaris mati karena tergerus oleh toko roti moderen.

5. Chef (2014)

 

Seorang chef di resto terkenal bernama Carl mendadak rusak namanya karena suatu unggahan tidak bertanggung jawab di medsos.

Dia lalu membeli truk bekas yang disulapnya jadi food truck. Carl sampai harus meminjam uang dari mantan istrinya demi food trucknya terus berjalan. Disini kita akan menyaksikan aneka street food ala nageri Paman Sam yang modifikasi oleh Carl, juga bermacam masakan Meksiko yang yummy!

Foto: Tribunnews Wiki

Ngiler beneran! Semua masakan di film ini yang disiapkan untuk syuting kemudian dimakan oleh seluruh pemain dan tim produksi. Bagus, ya, jadi tidak mubazir.

Dibintangi Sofia Vergara sebagia Inez dan Jon Favreau sebagai Carl Carson, film ini segar, lucu, penuh adegan memasak yang dilakukan Carl dalam usahanya menjalankan kesuksesan di bidang kuliner.

6. Delicacies Destiny (2022)

 

Ini serial sepanjang 17 episode bikinan Tiongkok dan berlatar dinasti Ming yang berkuasa tahun 1368-1644 Masehi.

Sejak awal episode sampai akhir kita disuguhi menu hidangan tiada henti yang dimasak Ling Xiaoxia untuk putra mahkota Pangeran Zhu Shoukui.

(Disney+ Hotstar)

Pangeran Zhu Shoukui tidak pernah lagi berselera makan sejak koki utamanya dia usir dari istana. Alasan dibalik pengusiran itu sungguh menyentuh hati dan bisa kita temukan di tengah episode.

Di serial ini kita bisa tahu asal-usul makanan tradisional Tiongkok yang ternyata ada falsafah di setiap bahan masakan yang tersaji dalam satu piring. 

Cara Ling Xiooxiao memasak dan menyajikan hidangan sukses bikin ngiler abiss! Usahakan perut dalam keadaan kenyang sebelum nonton serial Delicacies Destiny ini. Serial ini bisa ditonton di Disney+ Hotstar.

7. Izakaya Bottakuri (2018)

 

Serial dari Jepang yang bisa ditonton sebanyak 11 episode di Netflix. Kisah utamanya tentang dua orang bersaudari yang mewarisi rumah makan dari orang tua mereka yang sudah meninggal. Namun yang jago masak hanya sang kakak, jadi adiknya membantu saja sambil sesekali memasak yang gampang-gampang.

Foto: Netflix

Di serial ini kita akan mengetahui banyak kuliner tradisional Jepang yang belum pernah kita tahu. Warung makan yang dikelola Mine dan Kaoru juga spesialis menjual sake, jadi kita juga akan disuguhi pengetahuan sake.

Sake adalah minuman alkohol khas Jepang yang terbuat dari fermentasi beras. Sangat lazim orang Jepang menghabiskan waktu dengan minum sake, terutama sepulang kerja.

Dari serial ini kita tahu kalau orang Jepang ternyata tidak familiar dengan spaghetti. Mereka tahunya pasta. Mau itu macaroni, fettucini, atau spaghetti mereka menyebutkan dengan pasta. Uniknya ada menu spaghetti campur telur setengah matang kesukaan orang Jepang yang disajikan di piring besi panas (hot plate).

8. Ratatouille (2007)


Film animasi bikinan Walt Disney ini tenar pada masanya dan berkali-kali diputar di televisi nasional kita.

(Walt Disney)

Bintang utamanya si tikus Remy yang jago masak dan ratarouille bikinannya membuat kritikus makanan tercengang. Bukan cuma membuat ratatouille, sepanjang film kita akan menyaksikan si tikus memasak makanan Prancis dengan bersembunyi dibalik topi koki Alfredo Linguini.

8. The Hundred-Foot Journey (2014)


Berkisah tentamg anak keturunan muslim India yang tinggal di Prancis dan ingin sekali jadi chef jempolan. Namanya Hassan.

Suatu hari ayah Hassan buka rumah makan khas India bernama Maison Mumbai persis di depan restoran Le Saule Pleureur yang punya bintang 1 Michelin. Keberadaan dua tempat makan beda kelas yang berhadapan ini jadi pemandangan unik. 

(Disney+ Hotstar)

Tamu Le Saule Pleureur harus mendengarkan musik India keras dari Maison Mumbai sementara di pemilik resto sedang berjuang keras untuk mendapat bintang 2 Michelin.

Hassan kemudian ikut tes jadi chef di Le Saule Pleureur dan lolos. Kepiawaiannya menciptakan kreasi hidangan tingkat tinggi di restoran itu membuat bintang Michelin yang diraih Le Saule Pleureur naik jadi 2.

Hassan kemudian jadi incaran banyak restoran kelas atas. Dia pun ingin meneruskan mimpi besarnya atau mengikuti kata hatinya.

9. Charlie and the Chocolate Factory (2005)

 

Dibintangi Johnny Depp, Coklat dan aneka permen di film ini bikin ngiler! Apalagi saat Charlie dan semua pemenang berwisata ke dalam pabrik coklat milik Willy Wonka yang punya ratusan pekerja bernama oompa loompa. 

Foto: TV Tropes

Semua yang ada di pabrik coklat Willy Wonka bisa dimakan! Gimana gak tambah ngiler. Sebelum mengunjungi pabrik coklat, kita akan melihat banyak adegan anak-anak membeli coklat dan makan coklat.

Dalam adegan Charlie and the Chocolate Factory ada hukuman bagi anak yang rakus dan egois. Namun tidak apa karena hukuman itu bersifat sementara dan tidak sampai membuat mereka celaka, kecuali tubuhnya menggembung besar karena mencuri permen karet.

10. Julie and Julia (2009)

 

Masakan yang muncul di satu menit pertama adalah sole meuniere dari restoran di Prancis yang didatangi Julia Child. Di film yang dibintangi aktris senior Meryl Streep dan peraih Oscar Amy Adams ini punya banyak adegan masak yang bisa bikin orang malas masak auto ambil pisau dan talenan.

Alur filmnya bergantian maju-mundur antara dunia Julie dan Julia, tapi tidak bikin bingung, kok. Enak ditonton karena ringan dan kadang bikin ketawa.

Foto: Paris Insiders Guide

Julie Powell dikisahkan memasak semua resep yang ada di buku masak Julia yang terbit pada 1961. Resep-resep itu kemudian dia ulas di blognya.

 Julie and Julia termasuk film jadul yang enak ditonton kapan pun karena merupakan kisah nyata kehidupan Julie Powell dan Julia Child.

11. Hunger (2023)


Hunger ini nama restoran yang dikelola Chef Paul. Saking terkenal karena kelezatan masakannya, Chef Paul sering dipanggil memasak di rumah pejabat dan orang-orang kaya.

Sejak awal adegan di film Thailand ini kita sudah dibikin ngiler dengan hidangan lobster yang dimasak oleh Chef Paul. Sayang adegan makan di film ini jorok, hahaha! Bumbu dan saus yang dimakan belepotan ke sekitar mulut.

Poster resmi Netflix 

Ini wajar mengingat Chef Paul memang menginginkan orang yang makan masakannya jadi rakus dan tambah lapar saking lezatnya.

Cara masak para chef di Hunger menggunakan cara khas Thailand, bukan ala Barat. Ada api besar untuk masak irisan daging wagyu A5.

Related: Makan Daging Wagyu Sepuasnya di Kaizen Jogja 

Bukan cuma tentang Chef Paul, film ini lebih menonjolkan Aoy yang mengelola kedai mi keluarganya dan memilih bekerja bersama Chef.

Uniknya di Hunger ada cameo Gojek lagi ambil pesan makanan GoFood di kedai milik Aoy. Ada ibu-ibu berjilbab jumbo juga kayak di Indonesia.

0 komentar

Posting Komentar