Cara Blog Umur Sebulan Diterima AdSense

Baru bikin blog, tapi sudah ingin mendaftar ke AdSense? Bisa saja! Banyak blog yang baru aktif sebulan sudah bisa dipasang AdSense. Silakan simak cara berikut supaya blog yang baru dibuat bisa dipasangi AdSense.

Kendala Monetisasi Blog

 

Blog diterima AdSense itu gampang banget! Yang susah adalah monetisasinya setelah AdSense itu berjalan.

1. Adblocker

Banyak orang sekarang memakai adblock di peramban (browser) yang memblok setiap iklan yang muncul di blog. Banyak bloger memasang script yang memaksa pengunjung mematikan adblocker-nya.

Blog yang berani memasang script anti-adblocker hanya blog yang sudah langganan halaman satu Google, punya nilai cost per click tinggi, dan punya Domain Authority dan Page Authority tinggi. Blog seperti ini biasanya bertopik kesehatan, pendidikan, teknologi informasi, keuangan, rumah dan taman, kecantikan, dan hewan peliharaan.

2. Tidak ada yang klik iklan

Kita juga dibayar tiap iklan di blog tayang. Buat pengiklan ini namanya cost per million (CPM-biaya per 1000 iklan tayang).

Namun kita bakal dibayar lebih besar lagi kalau iklan itu diklik. Namanya cost per click (CPC-biaya per klik iklan).

Untuk memaksimalkan tayangan iklan kita bisa menggunakan fitur auto ads di AdSense. Iklan auto ads yang muncul di tengah artikel berpotensi membuat pengunjung blog tidak sengaja mengklik iklan itu yang membuat kita dapat rupiah. Namun pengunjung akan terganggu kenyamanan membacanya.

emperbaca.com sendiri mengaktifkan auto ads hanya di bagian footer sehingga tidak mengganggu kenyamanan pembaca sekali pun mereka tidak pakai adblocker.

3. Pengunjung blog sehari hanya puluhan

Ini biasa terjadi pada blog baru yang punya niche (topik khusus) gado-gado alias tidak mengacu pada satu topik. 

Blog yang punya satu niche, misal pendidikan saja, kesehatan saja, atau IT saja lebih cepat dapat pengunjung. Trafik mereka sehari bisa ribuan pengunjung. Yang seperti itu tentu membuat penghasilan dari AdSense jadi besar.

Cara Blog Umur Sebulan Diterima AdSense

 

Tidak susah, kok, cukup lengkapi dulu blog dengan hal berikut ini.

1. Beli domain. Paling umum digunakan untuk blog adalah domain berakhiran .com, .net, dan .web.id.

Membeli domain membuat blog kita jdai terlihat dikelola serius dan bukan sekadar iseng belaka. Harga domain berkisar antara Rp88.000-Rp155.000 belum termasuk pajak.

2. Beli template premium di situs yang menyediakannya. Template berbayar sudah mengandung SEO-off page sehingga kita tidak perlu repot meletakaan script yang SEO-friendly.

Memakai template bawaan dari blogspot, wordpress, atau hosting lainnya biasanya standar dan menunya terbatas. Membeli template premium membuat kita leluasa memilih template mana yang sesuai dengan tema blog.

3. Lengkapi struktur blog dengan:

a. About (Tentang). Berisi tentang siapa kita (bisa juga kelompok). Gunanya untuk memberitahu pembaca kalau blog ini ada pengelolanya, bukan blog spam atau blog abal-abal.

b. Sitemap (Peta Situs). Fungsinya memudahkan kita dan pengunjung untuk mencari artikel terbaru dari sebuah tema.

c. Contact (Kontak). Memudahkan orang atau sponsor menghubungi kita untuk menjalin kerja sama.

d. Privacy Policy (Kebijakan Privasi). Mencantumkan Kebijakan Privasi di blog berarti kamu berjanji melindungi data pengunjung yang mampir ke blog.

Artinya, jenis handphone, negara, kota, bahkan usia mereka tidak boleh kamu buka kepada siapa pun. Kalau ada data yang bocor kita tidak bisa dituntut karena sudah mencantumkan Kebijakan Privasi di blog.

e. Disclaimer. Disclaimer berfungsi untuk membatasi kewajiban kita terhadap konten blog. Misal kita pakai gambar dari situs asing, selama kita menuliskan sumber gambar itu, kita tidak bisa dituntut atas pelanggaran hak cipta.

4. Tulis dan posting artikel setiap hari tanpa putus.

Artikel haruslah yang bermanfaat bagi orang lain, bukan sekadar curhat. Kalau kamu ingin mengeluarkan unek-unek, riset pustaka dulu supaya artikel lebih berbobot.

Riset pustaka adalah sumber informasi dan pengetahuan dari bacaan. Bacaan bisa dari buku, internet, jurnal ilmiah, atau rilis resmi sebuah lembaga dan perusahaan.

Sertakan sumber bacaan untuk mendukung artikel. Kalau referensi yang kamu tulis berasal dari, misalnya, kemdikbud(dot)go(dot)id maka sertakan link hidup pada artikel. 

Misal kita kesal dengan pelayanan di Samsat yang lemot, bertele-tele, dan pakai tes di jalanan seperti angka 8. Tulis alasan yang membuat kita kesal secara logis, bukan asal marah. Sematkan juga berita yang menginformasikan kalau pelayanan SIM harusnya cepat. 

Tautkan juga peraturan lalu lintas atau artikel dari media berita yang memuat bahwa tes dengan angka 8 itu sebenarnya tidak perlu.

Jumlah Kata Dalam Artikel

 

Google tidak pernah mensyaratkan minimal jumlah kata dalam sebuah artikel karena hanya menganjurkan artikel yang lengkap dan memberi informasi yang dibutuhkan pengunjung.

Jumlah kata yang ideal dalam artikel menurut pengalaman emperbaca.com minimal 500 kata. Banyak juga bloger yang menyarankan menulis minimal 1000 kata. Bagu s lagi kalau sampai 2000 kata supaya mudah terindeks Google oleh robot perayap, katanya.

Namun kalau kita menulis artikel sampai 1000-2000 kata, tapi tidak ada pengetahuannya sama sekali, buat apa panjang-panjang. Iya, tidak?!

Membuat blog yang dimonetisasi itu tidak susah, tapi juga tidak gampang karena ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi. Kalau kamu bikin blog cuma untuk senang-senang dan mencurahkan pikiran, sih, bebas, tidak terikat pada syarat dan ketentuan dari AdSense.

Oh ya, penyedia iklan buat cuma AdSense saja. Ada Adsterra, OptAd360, AdNow, Yllix, dan masih ada beberapa penyedia iklan yang boleh dipasang bersamaan dengan AdSense.

0 komentar

Posting Komentar