Berburu Pembantu

Mencari PRT (Pembantu Rumah Tangga) sejak  tahun 2000-an memang susah. Kalau zaman ibu saya dulu pembantu loyal sekali kepada majikannya. Satu pembantu bisa mengabdi di rumah majikan selama belasan tahun, bahkan sampai usianya sepuh. Sekarang boro-boro belasan tahun, betah setahun saja sudah bagus.

Alkisah, meskipun saya kerja di rumah tapi pekerjaan saya tetap punya jam kerja dan deadline susah ditebak kapan datangnya. Untuk itulah saya harus fokus selama jam kerja berlangsung. Sementara itu, karena telah punya bayi maka mengerjakan pekerjaan rumah tangga terasa berat. Belum lagi harus begadang mengurus si kecil. Akhirnya sayapun mencari pembantu.

Suami saya mencari lewat pamannya di Purworejo. Sang pamanpun minta tolong kerabat dan kenalannya untuk mencari calon PRT ke pelosok kampung. Namun sayang, tidak ada satupun yang mau jadi PRT karena mereka lebih suka bekerja di pabrik atau menjadi penjaga toko.

Kemudian ada kandidat lain, usianya 15 tahun lulusan SMP tidak melanjutkan ke SMA kerena tidak ada biaya. Si anak mau jadi PRT di rumah saya namun orangtuanya tidak mengizinkan karena jauh. Orangtuanya hanya mengizinkan jika ia bekerja di (paling jauh) Jogya.


Selain mencari di kampung paman suami saya, saya juga menghubungi kenalan lama yang memang makelar PRT, namanya Bu Toni. Tiga hari setelah saya menghubungi Bu Toni ada kabar baik. Ada 2 calon PRT. Namun sayang sekali, si PRT tidak mau kerja di area Pamulang dan hanya mau kerja di Jakarta, syukur-syukur di apartemen. Gubrakk! Padahl Jakarta - Pamulang jaraknya cuma seiprit.

Bu Toni kemudian mencarikan lagi calon PRT. Nah, ini lebih seru. Ternyata Bu Toni seudah lama punya "stok" PRT, tapi sayang, umurnya sudah 55 tahun.sick0009 Free Sick Emoticons

Beberapa hari kemudian ada kabar lagi dari Bu Toni. Kali ini si PRT mau kerja di Pamulang dan minta gaji Rp700rb/bulan karena ia sudah berpengalaman. Tapiiii... ia hanya mau kerja di satu rumah berdua dengan keponakannya, dan si keponakan minta gaji Rp500rb. Haiyah! Buat apa saya punya 2 PRT di rumah yang mungil nyempil ini.

Perburuan selanjutnya mencari lewat makelar lain, namanya Bu Ida. Bu Ida ini tanpa tedeng aling-aling langsung menyatakan punya stok. Tetapiii... tidak ada PRT yang mau kerja sendiri di satu rumah. Maunya kerja berdua supaya ada teman mengobrol katanya. Lha, kalau mau ngobrol bikin talkshow aja sana, jangan jadi PRT.

Tak menyerah, sayapun menghubungi kawan saya yang tinggal di Bandung, dengan harapan mendapat referensi dari pembantu yang ada di rumah dia. Alhasil, saya kecewa lagi karena si calon PRT minta kerja berdua dalam satu rumah. Memang kalau kerja sendiri kenapa sih? Takut disiksa? Amit-amit deh.

Hampir menyerah, sayapun Googling. Ketemu babymaidpembantu.com. Saya buka websitenya, ada beberapa foto PRT dan babysitter. Ada yang lucu, khusus babysitter biaya administrasinnya tiap  hari berubah. Untuk babysitter awalnya si pemesan dikenakan biaya Rp1juta, esoknya berubah jadi Rp800rb, esoknya berubah lagi jadi Rp300rb, hahaha!

Saya sendiri mengambil PRT bernama Musiyatun asal Pekalongan. Proses pengambilannya sangat mudah. Saya cuma telpon David si project manager untuk booking, Lalu saya diminta transfer biaya antar sebesar Rp150rb. Esoknya Musiyatun si PRT diantar ke rumah saya dan saya harus melunasi biaya administrasi Rp800rb tunai. Saya juga menandatangani selembar kontrak kerja tanpa materai, hehee! Tanpa materai lho!

Si Musiyatun, menurut pengakuannya, pernah kerja di 5 tempat berbeda, paling lama betah hanya 5 bulan. Saat saya tanya kenapa tidak betah, dia hanya menjawab "tidak betah saja." hwehehe! Padahal saya tahu, kalau dia kerja lewat mafia PRT berkedok agen/penyalur/yayasan, pasti tidak akan sampai setahun karena para mafia harus merotasi PRT dalam beberapa bulan ke majikan yang berbeda supaya dapat profit dari biaya administrasi.

Satu lagi, katanya sudah pengalaman tapi menggunakan mesin cuci (bukan mesin cuci canggih, lho!) ia tidak bisa, karena katanya, selama di majikan-majikan terdahulu ia mencuci menggunakan papan penggilasan. ashamed0006 Free Emoticons   Shame

Kesimpulan dari perburuan saya itu adalah, kita sulit mencari PRT langsung dari kampung karena :
  • Gadis-gadis muda lebih tertarik bekerja di pabrik (jika di lingkungan mereka terdapat pabrik).
  • Lebih suka digaji sebagai penjaga toko
  • Lebih suka jadi TKW keluar negeri
  • Terperangkap dalam jaringan mafia PRT, sehingga gadis-gadis yang bersedia jadi PRT sudah diambil lebih dulu oleh para mafia
Sayapun tidak berharap banyak dengan Musiyatun ini karena ia berasal dari agen. Dimana-mana agen maunya cari untung besar. Betah sampai Lebaran (Agustus 2012) saja saya sudah bersyukur, sambil terus berusaha mencari PRT permanen non agen/yayasan/penyalur yang datang langsung dari kampung.

43 komentar

  1. Aku aja gak bisa mba make Mesin Cuci ^_^

    hehe maklum Gaptek.

    Salam kenal mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahaha, salam kenal juga :)

      Hapus
    2. Bukan ga bisa, ga mau bisa kalee, mesin cuci kan cuman pencet2 doang...

      Hapus
  2. ih setuju bgt mbaa.. susaa cari pembantu. hiks.
    Saya abis googling trs tertarik jg sm yayasan si babymaid ini.. boleh tau gmn kinerja prt musiyatun ini mba? thanks before ya mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Mbak Ayu,
      Kinerja Musiyatun? Mengecewakan! Kinerja babymaidpembantu.com? Juga mengecewakan, mereka ga mau ksh pengganti sesuai kontrak. Ini silahkan baca kronologi pengalaman saya pakai babymaidpembantu dan Musiyatun >> http://www.youtube.com/watch?v=LDGyJQRt3NQ

      Hapus
  3. Knp prt sek betah Palinnnngggggg lama 1thn sih? Apakah mereka tdk butuh penyesuaiann dgn kel br lg? Anehhh....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mrk ga bth pnyesuain dng klrga baru. Mrk cm cari tmpt dmn mrk dpt gaji gede, uang jajan, bebas pacaran+tlp2an, nginep2, jalan2. Udah tipikal PRT jaman skrng kelakuannya gt.

      Hapus
  4. punya prt skarang emang paling pusing. Nyapu smabil telpon, masak sambil telpon. Berdua ada temennya berantem, alhasil salah satu minta keluar.
    Kerjaan ga becus, malah suka omong besar, yg di tempat lama di gaji 1 juta lah, yg dikasi duit jajan lah, di belin baju ini itu dll. Emang kita memperkejakan pembantu atao angkat anak sih sebenrnya ...bingung dah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Susah ya, kalo mau ambil pembantu dari kampung ujung hutan atau gunung sana. Tp ya itu kita harus mau capek krn dia pasti ga bisa apa2, semuanya hrs diajarin dulu. Masalahnya nyari org muda, polos, dari kampung ujung antah-berantah gitu jg susah.

      Hapus
  5. hah..... berarti senasib ya sama aku.
    Sekarang laagi bingung lagi nayari PRT, klo ada info mengenai PRT mau doong ya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Info PRT ya, ada sih dari Bu Toni, tapi dia ga bisa janjiin kalo PRTnya bener alias ga neko2. Soale dia kan cm makelar, bkn yayasan yg bertanggung jawab atas PRTnya. Kalo mau tau no tlp Bu Toni ini email aku ya > aku@yanahaudy.net

      Hapus
  6. Boleh di share ga yah nomor tlp nya bu Toni? thnks

    BalasHapus
  7. setuju..skrg prt pada tengil...pekerja dengan ijasah terendah yg paling rese itu yaa art..gak sekolah aja tengil gimana sekolah....

    BalasHapus
  8. Mba Yana mau tanya..
    sekarang gaji prt yg langsung dari kampung udah ga mau digaji min500rb yah..

    Tq

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang langsung dr kampung mau aja digaji Rp500rb, tapi kita yg cari sendiri orgnya, minta dr sodara ato kenalan, plus kita hrs ngajarin dari awal tuh PRT krn biasanya orgnya ga ngerti apa2. Kalo ambil dr kampung tp lewat agen/yayasan/makelar biasanya gaji minimal Rp600rb, itupun kerjanya ga mau yg berat2 alias milih2.

      Hapus
    2. nahh yang kaya gitu mbak... need fast... hihi.... helpp....:)

      Hapus
  9. bs minta no.tlp bu toni ga yaa kirim k email aku aja reena_fadhil@yahoo.com.thx yaa

    BalasHapus
  10. ya ampiuuun disini ketemu lagi cerita prt yg menyebalkan, persis dng prt saya, mintanya ber dua, setelah berdua berantem, yg satu minta pulang yg 1 lagi kabur,...ampunnnnn

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahaha, nyebelin bgt ya. Sebenernya para PRT itu butuh kerja apa ngga sih ya, abis kerjanya ga memuaskan tapi tingkahnya selangit.

      Hapus
  11. cariin pembantu donkkkk.... susah banget sih cari pembantu sekarang ini??? mana aq lg progmil lagi... hikssss... bantuin donk bunda2... :D

    BalasHapus
  12. salam kenal ya mba yana.... :D kalo ada info2 pembantu boleh dibantu saya nya :D trimakasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehee, iya nyari yg sreg susaaah minta ampun, tp kalo duit kita berlimpah mgkn gampang nyarinya :D

      PRT dari Bu Toni mgkn bs ngebantu, Bu Rian. Tp Bu Rian gak ninggalin emailnya jd aku ga bs kabarin deh (ini emailku aku@yanahaudy.net). Oya, cari PRT yang pulang hari aja gimana? Biasanya disekitaran kita kan ada kampung2 tuh, mgkn ada yg mau jd PRT pulang hari, at least dari pagi smpe siang kita kebantu.

      Hapus
  13. Salam kenal mb yana...
    Aku mau no telp bu toni dongg..
    Klo masih ada sekalian no telp. kandidat smp yg batal itu.. ;) krn kebetulan aku di jogja.
    Oyaa... bayar makelarnya biasanya brp ya mba..
    Ini emailku : ambar_triana@yahoo.com
    tks bfr ya mba..

    BalasHapus
  14. Kesimpulannya prt sekrg memang nggak ada yg bener. Istilah tengil memang plg tepat buat mrk yg nggak mau kerja berat, kalau bs tiap hari sempat tidur siang (saya aja di kantor boro2 bs tidur siang) tp minta bayaran nggak masuk akal nggak sesuai dg krjaan dan jam kerjanya. Malah terakhir sy ktmnya sm penipu, br kerja brp hari dah minta digaji, alasannya buat beli susulah, anak sakitlah, giliran dwh terima semua uang gajinya langsung ngilang gt aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahahaa, repot ya. Tambah lg mereka jg minta diksh jatah hari buat pacaran, pelesiran, nginep di rumah temen/sodara dll.

      Hapus
  15. halo mbak,
    Saya Lidya. Lagi butuh pembantu tp yg bisa bantuin jaga anak juga umur 8 bulan. Saya kdg2 harus kerja kalo weekend, sehari bisa ninggalin rumah selama 5-6 jam. Jam kerjanya juga gak jelas...maklum makeup artist. Jd saya perlu yg jujur n bertanggung jawab orangnya. Saya kapok pake pembantu yg ngasal dan suka nyuri uang celengan saya (hobi, sampe pny bbrp celengan). Kalo boleh, saya minta infonya ke email saya di just_lidya@yahoo.com.

    Ngomong2 standar gaji utk kerja di bandung berapa ya? Makasih banyak mbaaakkk...

    BalasHapus
  16. pembantu jaman sekarang bikin geleng2 kepala..
    pembantu saya umur 19 th,kerjaannya sbnrmya ga berat cmn jagain anak saya 9 bln,masak ala kadarnya buat makannya dia sendiri (krn sy dan suami ngantor) dan setrika,nyuci pake mesin cuci.gaji 700rb kdg ksh uang jajan dan pulsa.tengilnya itu sekarang pake tablet,bangunnya tiap hari mesti saya bangunin pdhl udh jam setengah 6,kalo siang anak saya tidur dia ikut tidur di kamar saya.akhir2 ini malah kerjanya kebanyakan tiduuur dan main tab..pusiing saya...ada yg punya info pembantu lg ga?sepertinya saya mau ganti aja deeh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf, tp menjaga anak itu bkn tugas ringan apalagi 9 bln sudah merangkak, berdiri dll motoriknya sudah berkembang, harus diawasi dan tdk bisa disambi2 masak atau nyetrika. Saya sudah merasakan bgmn mengurus bayi itu berat sekali apalagi sendirian. Jd lbh baik Anda cari pembantu pulang hari khusus cuci-setrika. Utk jaga anak baru diserahkan pd pembantu yg menginap. Dicoba saja selama weekend Anda dan suami FULL yg urus anak, sisanya tetek bengek rumah tangga biar pembantu yg urus. Kalau Anda sanggup baru Anda cari pembantu baru yg tdk tengil.

      Hapus
  17. Mohon maaf, karena Bu Toni sudah kewalahan menerima permintaan PRT maka saya tidak bisa lagi memberikan nomor teleponnya. Terima kasih :)

    BalasHapus
  18. Ternyata bukan masalah saya doang ya...... fiuh.....

    BalasHapus
  19. Ya... Krn sedang berburu pembantu-lah maka sy menemukan posting-an ini. Dilema PRT..krisis PRT. Saya g sendiri ternyata..hehehe

    BalasHapus
  20. dewi untung10/10/13 22.11

    ternyata kita banyak temennya,.....cuman yang saya heran itu mungkin di Indonesia orang lebih suka jadi peminta-minta (pengemis di jalanan) dari pada jadi pembantu rumah tangga yang menghasilkan uang dari keringat hasil kerja, makanya suka sebel sama yang msh muda minta-minta di jalanan....., jadi dech susah nyari orang yang mau kerja

    BalasHapus
  21. PRT..ohh..PRT..menjadi headline news di kehidupan rumah tangga.Saya juga lagi cari PRT yang stay alias nginep dirmh.Alhamdulillah udah dapet,dia minta gaji 1jt/bln katanya dia udah pengalaman.Dia pernah kerja sebagai TKI di brunei,dia kerjanya ngurus semuanya (rumah tangga+anak 2).Insyallah cocok,itu jg dapet dari tukang ojek yang udah kenal dekat rmh jadi gak ada uang admin,cuma kasih uang rokok aja buat si tukang ojek kenalan itu.

    BalasHapus
  22. Mba...ada referensi untuk pembantu nga ya? pembantuku yg skrng hamil dan akhir taun inimau berhenti...kl ada info,kbrin di santi.ts95@gmail.com ya mba...tq

    BalasHapus
  23. Kalo ada info pembantu untuk di jakarta timur, kabarin di ikayulia1312@yahoo.com ya... makasih

    BalasHapus
  24. mbak, aku minta info kontak prt nya ya..aku kirim email yaa...emailku dinadiwantari@yahoo.com..tengkyuuu

    BalasHapus
  25. Mbak, minta kontak makelar prt ya. Emailnya di nadya_nadine@yahoo.com. Thanks ya

    BalasHapus
  26. Mbak, minta kontak makelar prt ya. Emailnya di nadya_nadine@yahoo.com. Thanks ya

    BalasHapus
  27. Q dah berpengalaman dan skrg lg bth pkrj'n'gaji Q biasa di atas 1jt'dah prnh krj di hk N TWN low ada yg mnt inbox(yanti yumiko)

    BalasHapus
  28. Pnglmn krja jkt(drmh" elit klngn pjbt)
    Gaji min byasa'a 1,5 bisa kurang dikit..sy ikut yysan v bsa tnp yysan jg..kbtln lg istrht drmh krn skit..jka ada y yg minat tlp.085282400289..

    BalasHapus
  29. Pembantu jaman skrng kalu ngak tengil ya nyolong.

    BalasHapus
  30. Untung saya gak punya pengalaman jelek dengan pembantu ... 1. pembantu seharus diperlakukan sebagai partner bukan sebagai pekerja 2. gajih pembantu sesuaikan dengan normal. 3.saya gak punya pembantu, makanya gak punya masalah dengan mereka, lah saya tinggal di Erops kok hahahahahaha

    BalasHapus
  31. Aku pen jadi PRT. Belum berpengalaman umur masih 18. Cari loker pembantu nya susah. Ada sih jasa penyalur gitu tapi takut penipuan. Info loker prt dong. Saya mau gaji gede tapi sungguh2 ko nggak santai2. Soalnya emang saya dari kampung:(

    BalasHapus


EmoticonEmoticon