Nepo Baby si Anak Selebriti yang Gampang Berkarir dan Cari Duit

Istilah nepo baby sedang hangat dibicarakan di Barat seiring dengan makin dewasanya anak-anak para pasangan selebriti. Anak-anak selebriti ini kemudian berkarir dan tenar pula.

Sebagian publik menganggap anak-anak selebriti gampang berkarir dan meraih ketenaran karena nama besar orang tua mereka, bukan karena usaha keras seperti yang lazim dilakukan orang-orang kebanyakan.

Dari situlah muncul istilah nepo baby yang ditujukan untuk anak-anak selebriti yang karirnya moncer di dunia hiburan.

Nepo adalah kependekan dari kata nepotisme atau nepotism. Sedangkan baby berarti bayi, tapi dalam konteks ini baby berarti anak karena orang yang dijuluki nepo baby sudah besar dan bukan bayi lagi.

Ada tiga arti nepotisme dalam KBBI, yaitu :

1. Perilaku yang memperlihatkan kesukaan yang berlebihan kepada kerabat dekat.
2. Kecenderungan untuk mengutamakan (menguntungkan) sanak saudara sendiri, terutama dalam jabatan, pangkat di lingkungan pemerintah.
3.  Tindakan memilih kerabat atau sanak saudara sendiri untuk memegang jabatan pemerintahan.

Konotasi Nepo Baby

 

Istilah nepo baby dipandang negatif di mata orang awam, tapi dianggap wajar oleh yang melakukan atau oleh profesional seperti psikolog sosial Sandra Wheatley

Sandra menyebut kalau orang tua pasti akan memberikan yang terbaik untuk anaknya. Selain itu punya anak yang minat dan bakatnya sama dengan orang tua pasti menyenangkan. Maka dalam konteks hubungan keluarga, nepo baby adalah hal yang wajar dan natural.

Anak selebriti yang berkarir di dunia hiburan sering diejek netizen karena dianggap mudah berkarir berkat nama tenar orang tua mereka (Foto: Vulture)

Lily Allen, penyanyi dan penulis lagu-anak dari ayah aktor Keith Allen dan ibu produser film Allison Owen, menambahkan kalau nepo baby di dunia hiburan tidak berbahaya karena tidak mengambil hak orang lain. 

Nepotisme jadi berbahaya itu kalau digunakan untuk merebut hak orang lain seperti merebut pekerjaan orang di bank, memasuki firma hukum, atau di dunia politik. Jadi tidak ada salahnya minta bantuan orang tua untuk memperlancar karir di dunia hiburan.

Sementara itu The Independent mengatakan dalam satu artikelnya kalau nepo baby jadi perdebatan karena anak-anak seleb ini dianggap tidak perlu kerja keras meraih karir di dunia hiburan karena orang tua mereka yang mengusahakannya.

Namun, Noel Gallagher, gitaris band Oasis, bilang kalau nepotisme cuma salah satu cara alam yang digunakan orang tua untuk membantu anaknya. Anak Noel, Anais Gallagher-model berusia 23 tahun itu juga sedang merintis karir di dunia musik.

Hanya Anak Pasangan Selebriti


Meski nepotisme bisa terjadi di berbagai bidang, tapi nepo baby hanya dilekatkan pada anak-anak yang orang tuanya adalah selebritis super kaya dan terkenal seperti Verrel Bramasta (anak aktor dan aktris Ivan Fadilla-Venna Melinda), Kiesha Alvaro (anak vokalis Pasha Ungu-model Okie Agustina), atau kakak-beradik Al-El-Dul (anak musisi Ahmad Dhani-Maia Estianti).

Verrel, Kiesha, dan Al-El-Dul telah punya nama di dunia hiburan karena pekerjaan mereka sebagai aktor dan musikus, juga karena nama orang tua yang disandangnya.

Namun andai Jan Ethes yang cucu Presiden Jokowi kelak jadi selebriti, dia tidak akan disebut sebagai nepo baby karena orang tuanya, Gibran Rakabuming-Selvie Ananda, bukanlah selebriti, melainkan wali kota dan mantan putri Solo.

Maka itu anak-anak pengusaha terkaya dunia, anak raja/sultan di suatu negara, anak menteri, dan anak presiden tidak disebut sebagai nepo baby karena orang tua mereka bukanlah selebriti walau pun mereka tenar dan populer seperti Kaesang Pangarep.

Positif dan Negatif Nepo Baby

 

Nepo baby dianggap positif kalau si anak selebriti betul-betul punya kemampuan untuk berkarir di bidang hiburan. Emperbaca mencontohkan Aurel Hermansyah. Sebagai anak dari penyanyi Krisdayanti dan Anang Hermansyah, Aurel juga punya suara yang merdu, hanya saja netizen yang iri terus saja merundung suaranya.

Tidak tahan dengan perundungan itu Aurel akhirnya lebih memilih jadi selebriti medsos dibanding mengembangkan karir menyanyinya. Dia memang bikin lagu bersama suaminya Atta Halilintar, tapi itu cuma ekspresi sesaat dan bukan bagian dari karirnya sebagai penyanyi.

Sedangkan nepo baby yang negatif dapat kita lihat dari Pangeran Harry dari kerajaan Inggris. Pangeran Harry memanfaatkan ketenaran keluarganya untuk dapat duit secara tidak etis. 

Sejak mundur dari tugas kerajaan sebagai working royal, Pangeran Harry dan istrinya Meghan Markle terus menjelekkan keluarga kerajaan melalui penerbitan buku biografi Finding Fredom, wawancara dengan Oprah, podcast Archetype, serial dokumenter Netflix, dan buku memoar yang berjudul Spare. Belum lagi serangkaian wawancara di TV yang ada saja celah untuk menjelekkan keluarga kerajaan.

Andai Pangeran Harry tidak berasal dari kerajaan paling tersohor sedunia, dia tidak bakalan dapat duit dari menjual cerita tentang keluarganya.

Asal Istilah Nepo Baby

 

Vulture melansir, nepo baby muncul pada 2022 dari media sosial karena banyak konten yang bercerita tentang anak-anak selebriti yang terlibat dalam serial TV, jadi model fashion, penyanyi, model, aktris, aktor, dan bahkan mendirikan majalah.

Para kreator konten menyebut mereka dengan "anak selebriti". Namun karena sebutan itu dirasa kurang asyik karena formal, lama-lama muncul istilah nepo baby yang lebih ringkas dan enak diucapkan, kemungkinan besar untuk tujuan mengejek. 

Setelah itu istilah nepo baby meluas dan tidak lagi disematkan kepada anak-anak selebriti Hollywood, melainkan juga anak dari seluruh selebriti dunia. 

Brooklyn Beckham adalah nepo baby yang paling sering disorot saat ini karena dianggap tidak punya tujuan karir untuk dirinya sendiri, alias labil.

Anak model dan pesepakbola David Beckham dan eks anggota Spice Girl Victoria Adams ini kerap berganti profesi mulai dari pesebakbola, model, aktor, pengarang, chef, fotografer, dan yang terbaru sebagai fashion stylist bersama majalah Vogue.

Ciri Orang yang Dapat Julukan Nepo Baby

1. Terlahir dari pasangan selebriti. Bila ibu atau ayahnya saja yang selebriti, maka dia tidak dikatakan sebagai nepo baby.
2. Ditujukan kepada anak selebriti yang sudah dewasa, bukan bayi atau yang masih sekolah.
3. Punya pekerjaan dan sudah punya nama di dunia hiburan (nyanyi, model, akting, desainer, dan karir lain yang erat dengan dunia hiburan).

0 komentar

Posting Komentar