Perjalanan Pulang Terasa Lebih Cepat Karena Return Trip Effect

Saat liburan kita pasti sering merasa kalau perjalanan pulang ke rumah terasa lebih lancar dan cepat walau jarak dan waktu tempuhnya sama persis.

Bukan cuma waktu liburan, sering kita rasakan perjalanan pulang dari suatu tempat terasa lebih cepat, walau tempat itu kerap kita datangi seperti rumah orang tua di kota lain, tempat wisata favorit, atau hanya sekadar berkunjung ke rumah bestie yang masih satu kabupaten.

Hal itu karena kita mengalami return trip effect atau efek perjalanan pulang.

Ilusi Mata dan Waktu


Pembuat studi di PLOS ONE melihat sesuatu yang menarik terjadi di antara orang-orang yang mengalami return trip effect.

Peserta studi diminta menonton film simulasi perjalanan satu arah ke suatu tempat. Kelompok pertama berulang kali diminta untuk melapor ketika mereka merasa telah melewati tiga menit (tanpa melihat jam). 

Kelompok kedua diminta menonton simulasi perjalanan bolak-balik untuk menggambarkan bahwa mereka telah sampai ke tujuan lalu pulang kembali.

Dengan ukuran ini kedua kelompok menganggap waktu berlalu dengan kecepatan yang sama.

Perbedaan baru muncul ketika mereka diminta untuk membandingkan kedua perjalanan itu dalam retrospeksi (kenangan kembali/pandang balik).

Otak seseorang secara matematis melacak berlalunya waktu dengan neuron yang menyala pada kecepatan tertentu dan mekanisme yang mencatat berapa kali neuron itu berdenyut dalam periode tertentu. 

Sistem lain di otak yang lebih berbasis bahasa melihat kembali peristiwa sebelumnya dan menceritakan kisah tentang berapa lama waktu yang dibutuhkan.

Ilusi return trip effect muncul bila sistem saraf yang berbasis bahasa mendominasi pikiran saat peserta mengingat pengalaman perjalanan dalam retrospeksi.

Persepsi Psikologis


Hasil penelitian yang dimuat pada jurnal di National Libraty of Medicine AS, efek perjalanan pulang-pergi hanya disebabkan postdictive atau postdiction.

Postdiction adalah konstruksi dari kondisi masa lampau untuk diandalkan di masa sekarang. Artinya kita akan selalu mengingat pengalaman selama perjalanan berangkat dan mengontruksikannya kembali di perjalanan pulang.

Akan tetapi, karena dalam perjalanan pulang kita sudah merasa santai, tidak terbebani, dan tidak diburu apa pun, maka konstruksi yang kita bangun berdasarkan perjalanan saat berangkat ternyata jadi lebih sederhana.

Secara tidak langsung itulah yang menyebabkan kita mengalami return trip effect.

Hal yang mempengaruhi persepsi psikologis terhadap return trip effect adalah sebagai berikut.

1. Familiar dan akrab

Saat pulang kita melewati jalan pulang yang sama dengan jalan saat berangkat sehingga menjadikan visual di kanan-kiri jalanan terlihat familiar (akrab).

Keakraban ini dihipotesakan oleh para peneliti sejak 1950-an untuk menjelaskan return trip effect atau efek perjalanan pulang. 

Penelitian lain menyebut bahwa mengalami rangsangan asing dapat membuat kita menganggap waktu bergerak lebih lambat. Itu juga yang terjadi kalau kita berada di lingkungan baru dengan orang-orang baru. Waktu juga akan terasa lebih lambat berlalu dibanding kalau kita sedang bersama keluarga atau teman-teman.

Namun, percobaan pada 2011 menunjukkan bahwa keakbaran pada sesuatu bukan alasan paling utama terjadinya return trip effect. 

Para peneliti meminta beberapa pengendara sepeda melakukan perjalanan pulang-pergi standar, dengan rute yang sama bolak-balik. Pengendara lain diinstruksikan untuk mengambil rute berbeda yang belum pernah mereka lewati.

Anehnya, kelompok pesepeda dengan rute familiar dan rute yang asing sama-sama menilai perjalanan pulang mereka makan waktu lebih cepat.

2. Sering melebih-lebihkan berapa lama perjalanan pulang

Psikolog Belanda Niels van de Ven pernah membuat analisis di tahun yang sama, bahwa orang sering melebih-lebihkan waktu perjalanan pulang sehingga seolah waktu perjalanan pulang jadi lebih cepat, semisal, "Ahh, kayaknya bakal macet nih, hari terakhir libur sekolah."

Niels van de Ven juga menjelaskan bahwa return trip effect tidak terjadi pada rute yang setiap hari kita lewati (rumah-kantor atau rumah-sekolah) karena orang tidak pernah melebih-lebihkan waktu pada perjalanan yang jadi rutinitas harian.

3. Kuatir tidak tepat waktu

Psikolog Dan Zakay, seperti dimuat pada British Psychological Society, berpendapat kalau return trip effect terjadi karena kekuatiran yang muncul saat berangkat bahwa kita tidak akan tiba tepat waktu di tujuan.

Kekuatiran itu terutama terjadi kalau kita sudah memesan kamar hotel, menuju tempat wisata dengan jam buka pagi, atau sudah janjian akan tiba di rumah orang tua atau saudara pada hari sekian dan jam sekian.

Memiliki janji membuat otak kita mencurahkan lebih banyak sumber daya untuk mengkhawatirkan waktu. Maka waktu pun terasa berjalan lebih lambat. 

Jadi meskipun jarak tempuh saat pulang persis sama, waktunya terasa lebih singkat karena kita tidak lagi mengkhawatirkan apa pun sehingga perhatian kita tidak lagi tercurah pada waktu.

Return trip effect sebenarnya tidak merugikan kita, malahan cenderung positif andai kita mengalaminya.

Sisi Positif Mengalami Return Trip Effect


1. Terhindar dari kelelahan fisik berlebihan

Karena perjalanan pulang rasanya lebih cepat, walau sampai di rumah sudah malam, kita masih punya sisa tenaga untuk menaruh koper ke kamar, mencuci muka dan ganti baju sebelum tidur, serta sedikit bercengkrama bersama anggota keluarga.

Dengan begitu pulang liburan membuat keluarga jadi tambah akrab. Ibu juga tidak kemrungsung saat bangun esok harinya karena koper dan sisa liburan tidak berserakan di ruang tamu seperti kapal pecah.

2. Liburan jadi lebih menyenangkan dan berkesan

Karena perjalanan pulang rasanya lebih cepat, liburan rasanya jadi lebih seru dan berkesan walau saat berangkat kita sempat nyasar dan kena macet panjang.

Anak-anak juga akan mengingat liburan itu sangat menyenangkan karena perasaan gembira yang mereka bawa dari tempat liburan ke rumah lebih lama menempel di memori.

3. Lebih termotivasi untuk bekerja dan belajar giat

Perjalanan pulang yang terasa lebih cepat membuat kita bersemangat untuk liburan lagi. Dorongan yang tinggi untuk berlibur cenderung membuat kita lebih semangat untuk bekerja dan belajar karena perasaan termovitasi memperoleh liburan yang menyenangkan lagi ketika masa libur tiba.

0 komentar

Posting Komentar