Pelihara Kucing Kampung atau Kucing Ras Tergantung di Mana Kamu Tinggal

Kucing kampung punya nama lain kucing domestik atau nama latinnya felis silvestris lybica, biasa hidup di sekitar kita, baik yang dipelihara orang atau berkeliaran di jalan.

Kucing kampung atau kucing ras

Disebut kucing kampung karena jenis kucing ini biasa berkeliaran di kampung-kampung di kota besar dan desa, walau banyak juga kucing kampung liar yang hidup di perumahan mewah.

Warna bulu kucing kampung ada yang belang hitam-putih, kuning-putih, hitam, abu-abu, kecoklatan, dan kombinasi hitam-putih-kuning.

Kucing Ras 


Umumnya jenis kucing selain kucing kampung kita sebut sebagai kucing ras. Penyebutan itu untuk memudahkan pengucapan dan pemanggilan saja, terutama untuk konsultasi ke dokter hewan (veterinary) via telepon atau chat sebelum kita bawa kucing ke klinik.

Kalau mau tahu apa ras kucing peliharaan, kita bisa tes DNA kucing ke dokter hewan. Selain jadi tahu jenis ras si meong, kita bisa mencegah potensi penyakit dan memberikan perawatan yang tepat untuknya. 

Perawatan yang tepat bisa membuat kucing bahagia, tidak mudah kena penyakit, dan berumur panjang.

Ada 34 jenis ras kucing yang biasa dipelihara orang di dunia, termasuk Indonesia, yaitu:

  1. Siam
  2. Ragdoll
  3. Persia
  4. Maine Coon
  5. Bengal
  6. American Shorthair
  7. British Shorthair
  8. Abisinia
  9. Kucing Bali
  10. Birman
  11. Burma
  12. Burmilla
  13. Chincilla
  14. Cornish Rex
  15. Devon Rex
  16. Moggie
  17. Exotic Shorthair
  18. Japanese Bobtail
  19. Kucing Korat
  20. Manx
  21. Kucing Hutan Norwegia
  22. Ocicat
  23. Oriental Shorthair
  24. Kucing Biru Rusia
  25. Scotthish Fold
  26. Siberia
  27. Kucing Singapura
  28. Snowshoe
  29. Somali
  30. Spinx
  31. Tiffanie
  32. Tonkinese
  33. Turkish Van
  34. Bosuk. Busok adalah ras kucing asli Indonesia yang diakui oleh World Cat Federation.
kucing kampung dan kucing ras
Ilustrasi: Whiskas Indonesia
 

Daya Tahan Tubuh


Kucing kampung punya daya tahan tubuh lebih baik dari kucing ras karena biasa tinggal di alam bebas dengan menghadapi panas, hujan, dan angin. Walau keluyuran seharian ke luar rumah, mereka tidak mudah sakit. 

Sedangkan kalau memelihara kucing ras, pastikan mereka tidak sering keluar rumah. Lebih bagus lagi kalau tidak keluar rumah sama sekali. 

Kucing ras yang dibiarkan bermain di luar rumah bisa gampang sakit karena mudah tertular virus dan bakteri dari alam atau dari kucing liar.

Jadi kalau lngkungan rumah kamu banyak kucing kampung yang berseliweran atau rumah kamu banyak jendela terbuka, lebih baik pelihara kucing kampung daripada kucing ras.

Makanan

 

Kucing ras tidak boleh makan sembarangan supaya bulu mereka tidak gampang rontok atau terserang mencret dan penyakit lain.

Sedangkan kucing kampung bisa makan ikan asin, ikan pindang, dan ayam goreng tanpa kuatir mencret atau sakit pencernaan.

Kucing kampung juga bisa cari makan sendiri saat mereka sedang bermain di luar rumah dengan menangkap burung, cicak, atau kadal.

Kalau kamu orang yang senang traveling atau ke luar rumah, baiknya pelihara kucing kampung supaya dia bisa cari makan sendiri di luar dan tidak kelaparan selama kamu tinggal pergi.

Perawatan

 

Kucing ras jelas butuh perawatan ekstra dibanding kucing kampung. Bulu mereka perlu dimandikan dan disampo untuk mencegah tumbuhnya jamur atau dihinggapi kutu. Kucing ras berbulu panjang juga perlu disisir supaya tidak kusut dan bulunya rapi.

Memandikan, menyisir, dan merawat kulit kucing di klinik atau salon hewan dikenal dengan istilah grooming.

Kucing kampung tidak perlu grooming. Dia bahkan tidak perlu dimandikan dengan sabun atau sampo karena si meong bisa membersihkan diri dengan air liurnya.

Kucing bahkan disebut lebih bersih dari manusia karena air liur kucing mengandung zat histatin yang berfungsi sebagai penyembuh luka dengan memperbarui sel kulit.

Bekas jilatan air liur kucing pada permukaan kulit akan membantu membentuk senyawa nitrat oksida yang menghalangin infeksi dan mencegah tumbuhnya kuman.

Kebiri

 

Walau kebiri tampak tidak berperikebinatangan karena memutus keturunan kucing, dokter hewan dan pecinta kucing banyak yang menyarankan kucing dikebiri kalau dia betina. Gunanya untuk mengendalikan populasi kucing.

Sementara itu, mengebiri kucing jantan akan menyehatkan si meong dan memperpanjang kualitas hidup karena menghindarkannya dari berbagai penyakit.

Ketika kucing jantan berhenti memproduksi testosteron, perilakunya juga jadi lebih jinak terhadap manusia dan kepada kucing lain.

Mengebiri kucing juga bisa mencegah kita dari kerepotan memelihara banyak kucing akibat si meong terus hamil dan melahirkan. Namun, kalau kamu bersedia memelihara banyak kucing, maka kebiri tidaklah jadi pilihan.

**

Kalau kamu tinggal di pedesaan atau perumahan padat penduduk, memelihara kucing kampung adalah pilihan ideal karena kita bisa membiarkan kucing main keluar rumah tanpa kuatir tertular penyakit.

Namun, kalau kamu tinggal di perumahan cluster atau di rumah yang jendelanya tidak memungkinkan kucing keluar-masuk, maka memelihara kucing ras bisa jadi pilihan karena kucing ras sebaiknya selalu di dalam rumah. Paling jauh di teras rumah tanpa keluar pagar.

0 komentar

Posting Komentar