Cryonics, Ide Membekukan Manusia untuk Dibangkitkan di Masa Depan

Film Twilight Zone (1964) bisa dibilang sebagai pelopor film cryonics yang tokohnya tidur selama puluhan tahun untuk dibangunkan di masa depan.

Film tentang cryo memang sudah banyak, terutama yang berkisah tentang perjalanan angkasa luar. Kini cryo nampaknya bukan cuma rekaan fiksi ilmiah, melainkan hampir jadi kenyataan.

Apa itu Cryonics?


Cryonics lebih sering disingkat jadi cryo, diserap ke bahasa Indonesia jadi krionika, merupakan metode "pembekuan" tubuh manusia untuk menghentikan pembusukan supaya tubuh tetap awet.

Tubuh manusia dibekukan dalam nitrogen cair yang suhunya mencapai minus 198 derajat celcius.

Pada film Passengers (2016) dan serial Lost in Space (2018), ribuan manusia ditidurkan dalam tabung cryo selama dalam perjalanan ke Alpha Centauri.

Alpha Centauri adalah sistem bintang terdekat dari tata surya kita yang berjarak 4,2-4,4 tahun cahaya. Satu tahun cahaya berjarak sekitar 9 triliun kilometer.

Butuh sekitar 250 tahun untuk sampai ke Alpha Centauri, sementara usia hidup manusia hanya berkisar 70-80 tahun saja. Itulah sebab cryo menjadi salah satu impian manusia untuk menjelajah ruang angkasa.

Asal Kata Cryonics

 

Cryonics berasal dari kata Yunani Kuno, yaitu kryos yang berarti sedingin es. Kryos atau cryo juga jadi ilmu yang mempelajari materi pada suhu rendah. 

Saking dinginnya, suhu tertinggi yang ditangani dalam kriogenik adalah minus 148 derajat Fahrenheit dan suhu terendah minus 459,67 Fahrenheit. 

Sebenarnya, para ilmuwan tidak menggunakan skala Fahrenheit dan Celcius, melainkan Kelvin (K) karena skala pengukuran suhu dingin cyronics hanya dapat diukur dengan skala Kelvin.

Cryonics dan Masa Depan Pasien Kronis

 

Pada fiksi ilmiah, cryo digunakan untuk menidurkan manusia yang masih hidup dalam perjalanan antargalaksi. Dalam kehidupan nyata, cryo digunakan untuk mengawetkan mayat orang yang baru saja meninggal.

Idealnya cryo langsung dilakukan beberapa menit setelah seseorang meninggal sebelum jaringan tubuh mulai membusuk.

Walau secara legal cryonics hanya diperuntukkan untuk mengawetkan jasad manusia dan hewan. Kelak, cryonics akan diperuntukkan untuk membekukan pasien hidup yang punya penyakit mematikan guna dibangkitkan di masa depan ketika pengobatan medis sudah bisa mengobati si pasien.

Teknik membekukan pasien dalam keadaan tertidur lelap ini dinamakan cryosleep. Pada cryosleep, pasien berada dalam tabung bersuhu amat rendah (dingin) supaya metabolismenya jadi sangat lambat dan hampir mati suri.

Tabung dan baju cryo di serial Lost in Space yang menidurkan manusia dalam perjalanan antarplanet (Foto: Netflix)

Cryosleep diperkirakan baru akan ada di tahun 2030 atau ketika manusia sudah akan bepergian antarplanet.

Cryogenics dan Cryonics

 

Cryonics termasuk salah satu bagian teknologi cryogenics (kriogenik), yaitu penggunaan pembekuan ultra dingin untuk tujuan tertentu. Cryogenics dimanfaatkan untuk hal di bawah ini.

1. Cryosurgery atau Pembedahan Beku

Cryosurgery adalah jenis operasi yang menggunakan suhu kriogenik untuk menghilangkan jaringan atau tumor yang tidak diinginkan.

2. Cryoelectronics

Suhu ultra-beku dari cairan kriogenik mendorong elektron bergerak bebas dengan hanya sedkit hambatan. Pergerakan ini berguna bagi superkonduktor dan desain pesawat ruang angkasa.

3. Kriobiologi, mempelajari tentang efek suhu rendah pada organisme.

4. Pengawetan Makanan

Untuk mengawetkan makanan kemasan seperti produk, makanan dapat disemprot dengan nitrogen cair untuk menyerap panas di dalam produk. Nitrogen akan menguap sebelum makanan dikonsumsi. 

Buah dan sayuran impor dari Jepang menggunakan teknik ini. Buah dan sayuran "dimatikan" selama perjalanan ke negara tujuan sehingga tidak mudah busuk.

Namun, penggunakan cryo untuk pengawetan makanan relatif mahal dibanding kimiawi dan pelapisan lilin. Itu sebab buah dan sayuran mpor dari Jepang lebih mahal harganya.

5. Transportasi Gas

Cryogenics juga digunakan untuk mengangkut gas, misalnya, dengan menggunakan cryotechnology, gas diubah menjadi cairan agar lebih mudah dipindahkan.

6. Cryotherapy

Istilah ini dipakai untuk menggambarkan ketika tubuh manusia kena suhu yang sangat dingin. Bagian tubuh yang mengalami peradangan direndam dengan air dingin atau di kotak dengan suhu sangat dingin.

Terapi ini telah diteliti dapat meningkatkan metabolisme, meningkatkan energi, dan mengurangi rasa sakit. Namun, efek cryotherapi masih diteliti lebih lanjut.

7. Cryonics

Pengawetan cryo pada hewan dan manusia disebut cryonics. Para peneliti di bidang ini memberikan harapan bahwa dengan membekukan tubuh, mereka dapat dibangkitkan lagi di masa depan. 

Meski begitu, belum ada satupun manusia dan hewan yang dapat dibangkitkan dari cryonics karena sebelum dibekukan mereka nyatanya memang sudah tidak bernyawa. 

Penyimpanan dan Biaya Cryonics


Melansir NY Times, saat ini ada 500 orang disimpan dalam tabung cryo di seluruh dunia, mayoritas berada di Amerika Serikat.

Cryonics Institute menyimpan 206 tubuh, Alcor 182 tubuh, KrioRus 80, dan sisanya disimpan di tempat cryo yang lebih kecil. Semuanya sudah jadi jenazah, bukan tubuh manusia hidup.

Biaya mengawetkan jenazah manusia (dan hewan) paling murah US$28.000 sampai lebih dari US$60.000 per tahun.

Orang tertua yang saat ini masih diawetkan dalam pembekuan adalah profesor psikologi dari University of California, James Hiram Bedford. James juga orang pertama yang dibekukan setelah kematiannya dan saat ini jasadnya disimpan di tabung milik Alcor Life Extension Foundation, AS.

0 komentar

Posting Komentar