Resto Pawon Ireng Muntilan, Tempat Santai Asyik di Pinggir Sungai Lamat

Resto ini baru beberapa bulan buka sejak saya berkunjung pada 10 Juni 2022. Lokasinya bersebelahan dengan restoran Joglo Ndeso yang lebih dulu populer di seantero Magelang-Jogya.

Salah satu spot makan di Resto Pawon Ireng (emperbaca.com)

Selain cocok jadi resto keluarga, yang mau curhat berdua dengan bestie juga bisa. Yang mau nembak gebetan juga boleh. Semua bisa pilih tempat duduk yang paling asyik tanpa saling terganggu dan mengganggu karena tempatnya luas dan semuanya semi-outdoor.

Tamu rombongan disediakan tempat khusus sama-sama di pinggir sungai, tapi di area bawah resto. Mau haha-hihi serombongan juga bebas, tidak bakal mengganggu pengunjung lain yang ingin menikmati gemericik air sungai.

Lokasi

Lokasinya ada di Dusun Kadirojo Kecamatan Muntilan ke arah utara menuju Kecamatan Dukun yang menuju ke puncak Gunung Merapi.
Letaknya di sebelah kanan jalan kalau kita datang dari arah Pasar Muntilan. Mudah dicapai oleh kendaraan pribadi, tapi tidak ada angkutan umum seperti angkot dan bus yang lewat depan resto. 

Keunikan

Resto Pawon Ireng ada persis di pinggir atas Sungai Lamat. Gemericik air sungai bisa kita dengar keras, terutama saat musim hujan atau air sungai sedang penuh.
 
Tempat duduk dan spot foto dekat kolam ikan (emperbaca.com)

Gemericik air ini yang jadi keunggulan dan keunikan Pawon Ireng. Kita merasa santai, tenang, dan betah berlama-lama. Misal sedang gabut, kita boleh berjam-jam duduk di sana tanpa diberi isyarat apapun supaya pergi, walau makanan dan minuman kita sudah habis tanpa sisa.

Spot Foto

Selain pemandangan sungai, kita bisa foto di area kolam ikan dan pinggir kolam yang didesain khusus untuk foto. 

Spot foto pinggir kolam ikan (emperbaca.com)

Sambil menunggu makanan datang, kita bisa foto-foto di seluruh area resto. Tamu-tamu lain tidak merasa risih dan terganggu, kok! Yang penting tidak teriak-teriak dan bolak-balik di depan mereka saja.

Makanan dan Minuman

Semua menu lezat dan cocok di lidah orang Indonesia, bukan cuma Jawa. Bahan makanannya segar dan semua sayuran, saya lihat, dicuci dulu sebelum dihidangkan. 

Ikan bakar (emperbaca.com)

Harga makanan dan minuman normal sesuai standar restoran kelas middle-low di kisaran Rp15.000-Rp25.000 untuk minuman dan Rp20.000-Rp90.000 untuk makanan. Saya tidak tahu ini sudah termasuk pajak atau belum, karena yang tertulis di daftar menu harganya, ya, segitu.

Service

Pelayanan para waiternya ramah dan benar-benar menjadikan tamu sebagai raja. Kalau ada menu yang namanya aneh, mereka dengan sangat ramah menjawab bahan apa saja yang ada dalam minuman dan makanan itu. 

emperbaca.com

Kalau makanan datang agak lama, mereka bakal minta maaf karena sudah membuat kita lama menunggu. Padahal, sih, enggak terasa lama karena kita sibuk foto-foto.

Pelayanan kasir biasa saja. Datar. Ramah tidak, judes juga tidak. Pelayanan paling top diberikan oleh para waiter.

Parkir

Tempat parkirnya tidak luas, cukup untuk 5 mobil dan 8 motor. Kalau tamu mobil sedang ramai, tukang parkir akan memindahkan motor ke tepi jalan, dengan penjagaan mereka.

Resto Pawon Ireng buka mulai pukul 10.00 WIB sampai 21.00 WIB.

0 komentar

Posting Komentar