10 Negara dengan Pengguna Instagram Terbanyak 2022

Indonesia punya hampir seratus juta akun Instagram aktif. Sebagian besar dari pengguna Instagram itu selalu mengunggah foto, video, dan "siaran langsung"  tanpa absen. Makin banyak follower sebuah akun, makin wow sebuah akun di mata warganet.

Warganet adalah akronim dari warga internet alias netizen (internet citizen). Siapa pun orangnya ketika dia masuk ke internet dan berselancar, baik untuk membuka media sosial atau membaca berita, dia otomatis jadi warganet.

Kalau begitu, apakah Indonesia termasuk negara dengan pengguna terbanyak di dunia?

Melansir data di statista.com, berikut 10 negara dengan jumlah pengguna Instagram terbanyak di dunia.

10. Jerman

Negara di Eropa Tengah ini punya 29,85 juta akun. Menurut statcounter, jumlah pengguna Instagram hanya 7,32% dari total pengguna medsos di Jerman. 

Ini menjadikan Instagram sebagai medsos ketiga setelah Facebook dan Pinterest sebagai medsos yang paling banyak digunakan oleh orang Jerman 

9. Britania Raya (United Kingdom)

Negara yang disebut Britania Raya meliputi Inggris, Wales, dan Skotlandia. Akun Instagram pasangan kerajaan paling tersohor Kate Middleton dan Prince William yang bernama @dukeandduchessofcambridge punya 13 juta follower.

Akun terpopuler di Britania Raya adalah milik David Beckham yang punya 18 juta follower. Sebelumnya David punya 34  juta follower, namun jumlah itu terus menurun sampai pada 2022 dia hanya punya 18 juta follower.

Jumlah pengguna Instagram di United Kingdom mencapai 31,75 juta akun. 

8. Meksiko

Negara yang 70% kehidupannya dikuasai geng-geng kriminal ini punya 37,85 juta pengguna Instagram. Tidak tahu apakah geng kriminal punya jutaan follower atau malah tidak punya akun, yang pasti geng kriminal disana tidak takut untuk menghabisi polisi.

7. Jepang

Lumayan juga Jepang ada di peringkat 7 dengan 46,1 juta akun Instagram. Tiga sampai lima tahun lalu Jepang dikenal sebagai negara yang penduduknya paling jarang online

Mereka cuma menghabiskan 3-4 jam sehari untuk terhubung dengan internet dan media sosial. Bandingkan dengan orang Indonesia yang menghabiskan lebih dari 8 jam sehari untuk online.

Facebook dan Instagram adalah platform medsos yang paling banyak digunakan orang Jepang pada 2022. Menyusul dibelakangnya ada Line dan YouTube.

6. Turki

Penduduk Turki ada sekitar 86 juta jiwa dan 52,15 jutanya adalah pengguna Instagram. Akun milik aktris Sinem Kobal punya follower terbanyak sebesar 5,9 juta. 

Aktris Turki Sinem Kobal (instagram/sinemkobal).

5. Rusia

Negeri Beruang Merah ini unik karena sebagian wilayahnya ada di Eropa dan Asia yang sering disebut sebagai Eurasia. Sama seperti Turki yang juga berada di Asia dan Eropa, orang-orang Turki lebih khas berwajah bule daripada ras Asia yang tubuhnya tidak setinggi Eropa dengan wajah yang lebih imut.

Pengguna Instagram di Rusia ada 63 juta pengguna dari 146 juta penduduknya. Presiden Rusia Vladimir Putin punya 386.000 follower di akunnya.

4. Indonesia 

Kita pasti sudah yakin bahwa Zamrud Khatulistiwa masuk jajaran negara dengan pengguna Instagram terbanyak di dunia. 

Jumlah follower yang dimiliki Raffi Ahmad-Nagita Slavina saja mencapai 60,2 juta. Sedangkan jumlah penduduk kita ada 279 juta jiwa. 

Jumlah penduduk Indonesia tahun 2022 dari Worlddometers.info

Menurut DataReportal, ada enam media sosial paling populer di Indonesia, yaitu YouTube, Facebook, Instagram, TikTok, Facebook Messenger, dan Twitter. 

Facebook Messenger rasanya kurang pas disebut sebagai medsos karena platform itu lebih cocok disebut pesan instan seperti WhatsApp.

3. Brasil

Wajar kalau negeri Samba ini nangkring di urutan tiga besar negara yang punya akun Instagram terbanyak. Jumlah pengguna internet di sana juga nomor lima terbesar di dunia dengan 165,3 juta orang yang online setiap harinya.

Jumlah pengguna Instagram di negara terbesar di Amerika Latin ini ada 119,45 juta.

2. Amerika Serikat

Negeri Paman Sam punya 159,75 juta pengguna. Berdasarkan data dari Pew Research Center tahun 2021, kelompok usia yang paling banyak memakai Instagram adalah mereka yang berusia 18-29 tahun.

Jumlah penduduk di United State of America pada Mei 2022 ada lebih dari 334 juta jiwa atau yang ketiga terbanyak di dunia setelah Tingkok dan India.

1. India

Pada 21 Mei 2022, negara ini telah berpenduduk 1.406.082.278 miliar. Jumlah ini nyaris menyamai Tiongkok yang berpenduduk 1.449.864.867 orang pada tanggal yang sama.

worlddometer.info
Makanya tidak heran kalau India punya jumlah pengguna Instagram terbanyak di dunia dengan 230,25 juta akun..

Akun dengan follower terbanyak dimiliki oleh Virat Kohli dengan 195 juta akun yang mem-follownya. Virat Kohli bukan artis Bollywood, melainkan mantan kapten tim nasional kriket India.

***

Akun Instagram dengan follower terbanyak di dunia jadi milik Cristiano Ronaldo dengan 444 juta followers
Tangkapan layar akun Instagram Cristiano Ronaldo

Tiongkok sebagai negara berpenduduk terbesar di dunia dengan lebih dari 1,4 miliar penduduk tidak masuk dalam daftar ini. Itu karena Tiongkok melarang Instagram yang notebene bikinan Amerika. Medsos yang digunakan Tiongkok adalah Weibo.

Kalau pengguna TikTok mungkin banyak karena TikTok dibuat oleh ByteDance yang merupakan perusahaan asal negeri Tirai Bambu itu.

0 komentar

Posting Komentar