Spirit Doll, Efek Psikologis dan Religi Buat Pengadopsinya

Spirit doll atau boneka arwah tersohor di dunia mungkin masih dipegang Chucky dan Annabelle, sebab mereka sampai difilmkan berkali-kali. Namun, bila Annabelle benar ada di kehidupan nyata, Chucky hanyalah tokoh fiksi.

Boneka arwah belakangan ini jadi tren sejak beberapa selebritis, seperti Ivan Gunawan, Soimah, Siti Badriah, Celine Evangelista, Lucinta Luna, dan Ruben Onsu memamerkannya di akun medsos masing-masing. 

Ivan Gunawan dan dua boneka arwah yang dimilikinya (pop.grid.id)

Mereka mengadopsi spirit doll dari Furi Harun, cenayang yang memang mengoleksi boneka arwah dari berbagai negara.

Disebut adopsi (bukan beli) karena boneka arwah harus diperlakukan seperti bayi dan anak, seperti diberi makan, diajak ngobrol, diganti bajunya, bahkan diajak main dan jalan-jalan.

Jiwa spirit doll

Boneka arwah lazim ditemui di Thailand dengan nama luk thep yang berarti malaikat anak. Disebut begitu karena bentuknya menyerupai bayi atau anak-anak.

Luk thep disebut dapat membawa keberuntungan bagi pemiliknya dalam hal kelancaran rejeki, jodoh, dan dapat melindungi pemiliknya dari malapetaka.

Bila luk thep diisi arwah orang yang sudah meninggal, maka spirit doll yang ada di Indonesia diisi oleh elf dan fairy, bukan jin. 

Spirit doll juga dikatakan aman karena bukan pesugihan atau jimat dan semacamnya.

Tunggu! Elf dan fairy?

Makhluk halus cuma ada jin, jadi yang dimasukkan ke dalam boneka arwah adalah jin, sebab manusia yang telah mati telah menetap di alam kubur sambil menunggu kiamat tiba. Tidak mungkin arwah manusia tinggal di dalam boneka.

Efek psikologis pemilik spirit doll

Orang polos alias yang tidak punya kemampuan indera keenam seperti paranormal, indigo, dukun, dan sebagainya dapat terjerumus ke jurang delusi dan halusinasi bila kebablasan memelihara boneka arwah.

Menurut laman Very Well Mind, delusi atau waham adalah bagian dari gangguan psikotik. Penderitanya punya keyakinan yang tetap dan salah yang bertentangan dengan kenyataan.

Lazimnya orang dewasa merawat anak betulan alias anak manusia, bukan boneka. Menurut psikolog Nuzulia Rahma Tristinarum, tidak lumrah orang dewasa memperlakukan boneka seperti bayi manusia, karena orang dewasa sudah bisa merawat anak sendiri atau anak asuh.

Kasus seperti Ivan Gunawan yang keukeuh menyatakan dua spirit doll yang dimilikinya sebagai anaknya sendiri, adalah bentuk pelarian karena ingin punya anak, tapi situasi dan kondisinya belum memungkinkan.

Contoh musyrik, percaya bahwa boneka arwah dapat membawa keberuntungan. Tangkapan layar akun Twitter @amaaisanEfek psikologis lain, orang memelihara boneka arwah karena ada rasa ketidakpercayaan diri dan kesepian.

Boneka arwah dianggap sebagai sahabat dan pelindung. Padahal sebaik-baiknya pelindung adalah Allah SWT, bukan?

Efek Religi

Islam melarang kita menyimpan patung dan boneka yang menyerupai manusia dan hewan karena dapat mengundang jin untuk menempatinya. 

Kalau boneka seperti Teddy Bear, Teletubbies, atau Mickey Mouse, sih, boleh ya. Anak-anak perempuan malah dianjurkan bermain boneka untuk melatih motorik, imajinasi, serta tanggung jawab dalam merawat mainannya.

Boneka yang jadi mainan anak-anak boleh disimpan dan dimainkan asal bentuknya tidak menyerupai manusia dan hewan sungguhan.

Bentuk boneka arwah amat menyerupai manusia (bayi dan anak-anak), jadi memelihara boneka arwah sama dengan memelihara jin. 

Di sisi lain, boneka arwah harus diperlakukan seperti anak manusia supaya pemiliknya dapat keberuntungan. Yang begini bisa menjauhkan muslim dari akidahnya karena mencari keberuntungan tidak lewat jalan Islam.

Musyrik

Islam hanya mengenal jin, tidak ada elf dan fairy, karena jin disebut dalam Quran dan Hadits.

Ringkasnya begini; 

Iblis itu pasti jin (karena membangkang perintah Allah), tapi jin belum tentu iblis. Iblis sudah pasti setan, tapi tidak semua jin adalah setan karena ada jin yang muslim. Manusia dan jin yang jahat disebut sebagai setan (karena setan bukan makhluk, melainkan sifat).

Bila kita punya spirit doll yang berisi jin, jin itu bisa mengundang jin-jin lain untuk datang ke rumah kita. Jin jahat dapat datang tanpa diundang karena dia melihat ada jin-jin yang berdatangan ke suatu rumah.

Jadilah rumah kita ditempati jin jahat alias setan. Setan yang nangkring di rumah kita dapat membawa pengaruh buruk. Kita jadi mudah marah, rumah terasa tidak nyaman, malas beribadah, dan pikiran cenderung negatif terus.

Yang lebih parah, percaya bahwa boneka arwah dapat membawa keberuntungan, kebaikan, dan perlindungan berarti menyekutukan Allah. Dosa besar.

Pemborosan

You know, orang-orang yang miara khodam di keris dan batu akik aja ga sampe segitunya memperlakukan jin piaraan mereka.

Spirit doll diberi makan dan minum seperti manusia, kadang diberi softdrink dan makanan ringan kemasan.

Saya pikir, walaupun kita tajir melintir, uang untuk merawat boneka arwah lebih baik disumbangkan ke panti asuhan, rumah jompo, dan lembaga sosial yang mengurus zakat-infak-sodaqoh.

Kepercayaan yang meyakini boneka arwah membawa keberuntungan tidaklah sama dengan Islam. Islam punya cara sendiri untuk umatnya meraih kebaikan dan keberuntungan melalui cara yang diridhoi Allah.


0 komentar

Posting Komentar