Penulis Tidak Harus Membuat Buku, Ya?

Bila ada orang pandai menulis, tapi dia tidak menghasilkan satu karyapun dalam bentuk buku, apa dia bisa disebut penulis? 

Unsplash.com
Ya! Karena orang yang menyukai tulis-menulis, bekerja di bidang kepenulisan, dan menghasilkan karya tulis tetaplah seorang penulis.

Seorang penulis (dan pengarang) tidak perlu menghasilkan berlusin-lusin buku karena penulis bukan cuma menulis cerpen, puisi, dan novel. 

Orang yang menulis plot game, pidato, naskah iklan, penerjemah, penyunting, wartawan, dan membuat lirik lagu juga disebut penulis, tapi tidak harus membuat buku. 

Saya banyak menemukan penulis puisi, cerpen, dan novel menerbitkan sendiri karyanya melalui penerbit indie. Mereka membuat buku karena ingin karyanya abadi. Ada juga yang karena ingin dikenal sebagai penulis. Lainnya beranggapan kalau belum menghasilkan buku namanya bukan penulis.

Buku juga banyak dianggap sebagai bentuk pengakuan bagi seseorang agar bisa dianggap sebagai penulis. 

Pada banyak kelas menulis, hasil akhir yang harus dicapai oleh pesertanya adalah membuat buku. Entah bukunya enak dibaca atau tidak, yang penting menghasilkan buku. Kalau tidak, namanya bukan penulis.

Itu jargon sesat! Sekarang zaman sudah canggih, banyak pekerjaan yang 10 tahun lalu belum ada, sekarang dibutuhkan dan membutuhkan keahlian menulis. Pun tidak berarti orang yang pekerjaannya menulis harus membuat buku.

Analoginya mirip seperti penyanyi. Para penyanyi kafe, organ tunggal, wedding, atau gereja disebut penyanyi, tapi mereka tidak membuat single seperti penyanyi selebritis.

Mereka mahir bernyanyi dengan suara merdu, tapi tidak harus terkenal, membuat album dan single, manggung dimana-mana, dan jadi bintang tamu acara talkshow.

Penulis juga seperti itu. Orang yang mahir menulis tidak harus membuat buku. Dia bisa saja telah menjadi ghostwriter yang menulis buku dan diterbitkan atas nama orang lain.

0 komentar

Posting Komentar