Ragam Wisata di Dalam Komplek Candi Borobudur

Bila berkunjung ke Candi Borobudur di Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang, kita bukan cuma melihat candi, ada banyak yang bisa kita lihat dan lakukan di dalam komplek Candi Borobudur. 
Jam tayang wahana interaktif di Museum Samudra Raksa (emperbaca.com)

Candi Buddha peninggalan tahun 750 Masehi itu sudah ditetapkan sebagai the new Bali dan destinasi super prioritas oleh Presiden Jokowi pada 2019.

Pengelola Candi Borobudur adalah BUMN bernama PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (Persero), jadi ketika kita datang ke sana, bukan cuma melihat candi lalu pulang.


Apa saja yang ada di dalam komplek Candi Borobudur?


Museum Samudra Raksa
Di museum ini berisi keramik dan guci-guci abad ke-10 yang diangkat dari kapal yang tenggelam perairan Cirebon. Kapal dagang milik Tiongkok itu diduga akan melakukan transaksi rempah-rempah di Nusantara, tapi keburu tenggelam.

Wahana interaktif adalah yang paling menarik di Museum Samudra Raksa. Di sini ada kapal kayu yang dibuat sesuai relief di Candi Borobudur. Tanpa layar, tanpa navigasi moderen, bahkan penangkal petirnya pun tradisional dibuat dari ijuk yang dipasang di tiang layar.

Untuk menikmati wahana yang juga berisi lautan lepas ini selama 30 menit Anda harus bayar Rp25.000 per orang.

Museum Candi Borobudur
Museum ini juga ada di jalur keluar. Berisi penjelasan relief-relief yang ada di dinding-dinding candi.

Dahulu, pengunjung boleh naik ke atas candi melihat langsung relief-relief yang ada di sana. Sekarang sudah tidak boleh demi menjaga kelestarian candi. Yang boleh naik hanya umat Buddha saat ada acara-acara keagamaan seperti Waisak.

Museum ini berisi semua informasi tentang Candi Borobudur dan bisa dimasuki secara gratis.

Sinema Edukatif
Bioskop mini yang ada di jalur keluar berisi video tentang Nusantara yang disuarakan ke dalam bahasa Indonesia, Inggris, Prancis, Jerman, Mandarin, dan Jepang.

Anak-anak bisa dapat pengetahuan dari menonton film. Sayang, Sinema Edukatif masih tutup waktu kami kesana pada akhir Desember 2021. 

Bersepeda
Bersepeda mengelilingi komplek candi yang asri dan rindang asyik juga. Anda bisa menyewa sepeda, untuk digunakan sampai puas, di loket penjualan tiket masuk candi seharga Rp100.000

Makan di Resto Manohara
Yes, restoran ini juga ada di jalur keluar. Restonya tidak besar dan rasa makanannya lumayan juga. Harganya termasuk normal untuk ukuran tempat wisata. Tidak mahal, tapi juga tidak murah.

Kandang gajah dan rusa
Kita memberi makan gajah-gajah yang ada di jalur keluar komplek candi. Pakan sudah disediakan di sana, jadi kita tidak boleh memberi makan gajah dengan makanan yang kita bawa.

Selain memberi makan gajah, kita juga bisa foto-foto berlatar gajah.

Beda dengan kandang gajah, kandang rusa sepi karena letaknya agak ke dalam, jadi orang mungkin tidak ngeh di situ ada kandang rusa.

Kita bisa mengistirahatkan kaki dengan duduk sambil melihat rusa-rusa. Teduh dan menyegarkan.

***

Anda bisa menghabiskan waktu seharian hanya berada di dalam komplek candi. 

Namun, perhatikan hal berikut bila ingin menikmati keindahan Candi Borobudur dan semua yang ada di dalam kompleknya:

1. Jarak dari pintu masuk ke candi jauh, tapi Anda bisa menaiki kereta sampai ke bawah candi dengan membayar Rp15.000 per orang.

Bawalah payung atau pakai topi. Kalau malas ribet Anda juga bisa membeli topi lebar yang dijual pedagang kaki lima dan toko yang ada di tempat parkir.

2. Jarak keluar dari candi ke tempat parkir dua kali lipat dari jarak pintu masuk ke candi. Jika membawa balita, Anda bisa menyewa stroller di salah satu kedai di tempat parkir.

Anak-anak pasti kecapekan jalan kaki sejauh itu, jadi Anda bisa beristirahat di bangku-bangku taman yang tersedia di sepanjang jalur keluar.

3. Tidak usah buru-buru sampai ke pintu keluar karena dari pintu keluar ke parkiran, Anda harus jalan kaki lagi menyusuri lapak-lapak pedagang bak labirin yang sukses membuat kaki pegal.

4. Makanan di warung-warung dalam komplek harganya normal sesuai ukuran tempat wisata, tapi jangan harap rasanya enak. 

****

Kalau mau makan enak, resto-resto di sepanjang Jalan Raya Borobudur bisa jadi pilihan. Rasa makanannya enak-enak dan pemandangannya bagus buat foto-foto. 

Ada satu resto, yaitu Restoran Pemancingan Rejosari, yang rasa makanannya tidak enak dan menu masakan ikan-ikannya terasa tidak segar.

*****

Nikmatilah memandangi Candi Borobudur setibanya Anda di sana. Setelah puas menikmati situs bersejarah milik bangsa Indonesia itu, barulah Anda bisa foto-foto sepuasnya.

Jangan sampai karena sibuk foto-foto, Anda jadi tidak menikmati candinya.

Ada fotografer di lokasi candi bila Anda ingin difoto secara pro, dengan bayaran yang sesuai.

Oh ya, sekarang kita tidak bisa berlama-lama di dalam candi. Pengunjung hanya boleh maksimal satu jam berada di candi. Akan ada pemandu yang menyuruh Anda turun jika mereka melihat Anda sudah kelamaan menikmati candi.

Ingat, Candi Borobudur bukan tempat wisata murah, Anda harus bawa duit agak banyak supaya benar-benar bisa menikmati wisata di komplek Candi Borobudur.

2 komentar


EmoticonEmoticon