PlayDoh dan Fun-Doh Buatan Sendiri Supaya Anak Tidak Main HP Melulu

Anak sering nonton YouTube atau main HP, tablet, dan komputer berjam-jam? Iya, soalnya itu yang paling gampang sih. Anak main gadget kitanya bisa ngapa-ngapain tanpa direcokin anak.

Well, itu klise ya. Selain mata bisa cepat minus, kebanyakan main gadget bisa bikin jiwa dan raga anak jadi tidak sehat, tidak kreatif, dan malas gerak. Itu menurut ayahbunda.co.id dan beberapa penelitian lain.

Nah, gimana kalau kita bikin lilin mainan aja. Buat dimainkan anak supaya mereka kreatif dan punya kesibukan, jadi tidak main gadget melulu.

Bahannya gampang :
Tepung (apa saja tapi lebih bagus terigu) 1 cangkir.
Garam 1,5 (satu setengah) sdm
Pewarna makanan
Air sedikit


Cara membuat :
Campur tepung, garam, pewarna makanan. Beri air sedikit-sedikit, aduk sampai kalis (tidak lengket di tangan). Remas-remas, tarik-tarik, gulung-gulung sampai warnanya mulus merata.
Bila masih terasa lengket tambahkan tepung, bila dirasa terlalu keras tambahkan air. Lilin buatan semdiri ini bisa disimpan dan dipakai berulang-ulang. Kalau mengeras tinggal tambah beberapa tetes air.

Takarannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan, yang penting garamnya seperempat dari takaran tepung supaya hasilnya tidak lengket ditangan.

Homemade PlahDoh siap dimainkan. Aman jika tidak sengaja termakan. Bisa dicetak menggunakan cetakan kue atau cetakan PlayDoh/Fun-Doh yang sudah ada.

Happy playing! πŸ™‹

0 komentar

Posting Komentar