Kita Mudah Dikenali dari Cara Kita Bermedia Sosial

Sewaktu menonton film Baywatch (2017) yang dibintangi Dwayne Johnson dan Zac Efron, saya tertarik dengan adegan dimana Victoria Leeds (dibintangi Priyanka Chopra) kesal ketika teknisi IT yang disuruhnya tidak menemukan foto, status dan tulisan apapun di akun media sosial si orang yang akan dijatuhkannya. Penyebabnya adalah orang tersebut memang tidak punya satu pun akun media sosial yang bisa dibuntuti dan dipantau. Alhasil Victoria gagal mengancamnya menggunakan apapun yang ada di media sosial orang itu.

Bukan hanya Victoria Leeds yang menggunakan medsos untuk mengintip kehidupan seseorang, saya juga, hehehe! Ini karena dulunya saya bekerja di perusahaan overseas yang menugaskan saya memantau media sosial. Saya juga memanfaatkan media sosial (kecuali Instagram) untuk karakter pada novel orang yang saya bantu tuliskan.

Sebelumnya, saya pernah dipecat (yes, I got fired!) dari kantor pada 2008 karena menulis status tentang direktur eksekutif yang bersikap seenaknya—saya sekretaris eksekutif. Ndilalah status itu dibaca dan dia tersinggung berat. Dan tamatlah riwayat pekerjaan saya di kantor itu. Hal itu jadi pelajaran berharga buat saya dalam bermedsos.

Media sosial sekarang sudah tidak seperti dulu yang menghubungkan keluarga dan teman serta mencari relasi baru. Fungsi medsos sudah bergerak lebih luas menjadi penyedia informasi (baik propaganda, ideologi, berita bohong dan manipulatif) sekaligus ajang pamer, dan tempat cari sensasi.

Karena pergerakan inilah kebanyakan dari kita ikut terseret arus, entah ikut menyebarkan informasi atau ikut pamer, dan bukan sekedar berbagi foto, video atau pikiran.

Orang lain akan sangat mudah mengenal karakter dan sifat kita dari medsos dan menggunakannya untuk hal yang mereka mau. Misal jika kita lebih sering memajang foto sendirian (tidak berdua atau beramai-ramai) mungkin kita akan dibaca sebagai pribadi yang ingin pengakuan bahwa kita keren, pintar, berprestasi, gaya, dan sukses.

Seperti kata pepatah kekinian bahwa apa yang kita taruh di internet akan  selamanya akan berada di sana meski kita sudah menghapusnya. Karena itu saya kurang setuju jika foto dan video anak-anak kita, kita posting banyak-banyak di medsos dengan alasan untuk dokumentasi ketika mereka dewasa. 

Mendokumentasikan hal pribadi di medsos berarti membebaskan siapa saja melihat, mengambil, dan memanipulasi foto dan video kita.
Tidak ada rahasia di internet dan tidak akan pernah ada.

Kalaupun ingin mengabadikan moment keluarga yang bisa diakses kapanpun di masa depan, kita bisa membeli atau menyewa cloud storage yang relatif aman (selain OneDrive, Dropbox, GoogleDrive), meskipun penyedia cloud juga bisa mengintip arsip kita—namun tidak seterbuka medsos.

0 komentar

Posting Komentar