Relevansi Ningrat Zaman now



Pada saat masyarakat di Pulau Jawa mengalami masa feodalisme (kekuasaan sosial dan politik ada ditangan para bangsawan dan keluarganya. Kehormatan didapat berdasarkan pangkat dan jabatan, bukan atas prestasi kerja), orang-orang yang berdarah ningrat atau punya hubungan kekerabatan dengan keluarga raja harus dihormati dan di"sembah" supaya tidak melarat dan kualat. Selain itu masyarakat zaman itu percaya bahwa keberkahan pada hidup mereka akan datang dari para bangsawan itu. Itulah sebabnya rakyat jelata sampai menunduk dan menangkupkan tangan tanda hormat sekaligus takut setiap kali bicara pada para bangsawan. Posisi badan harus selalu lebih rendah dari sang ningrat. Apa yang sudah diperintahkan penguasa wilayahpun harus dilakukan.

Ini tidak terjadi di Indonesia saja. Eropa juga pernah mengalami masa feodalisme dimana kekuasaan dikendalikan para bangsawan dan tuan tanah.

Tapi di abad milenium ini, dimana budaya berubah seiring dengan majunya teknologi, maka berubah pula cara berpikir manusia.

Keturunan bangsawan tidak lagi dihormati berlebihan kecuali jika orang itu sukses secara materi yang didapat dengan cara baik, punya kecakapan memimpin, atau punya ilmu keagamaan yang mumpuni.

Coba bayangkan bila kita ternyata punya seorang office boy di kantor yang ternyata seorang Raden yang keturunan bangsawan, apa kita lantas harus bersimpuh membungkuk memohon padanya untuk minta tolong dibelikan makan siang? Ya nggak bakalan.

Raden Mas Soesalit Djojoadhiningrat adalah anak Raden Ajeng Kartini (gelar Raden Ajeng berubah jadi Raden Ayu setelah perempuan bangsawan menikah). Ayahnya bupati Rembang yang sudah pasti seorang Raden Mas.

Soesalit adalah pejuang kemerdekaan yang mengusir penjajah Belanda. Pada sejarah Komando Daerah Militer IV Diponegoro, nama Soesalit tercatat sebagai panglima kedua mereka, setelah Gatot Soebroto, dengan pangkat Mayor Jenderal.

Akan tetapi, Soesalit tidak pernah menggunakan keningratan dan statusnya sebagai anak
tunggal dari Ibu Kita Kartini. Beliau tidak pernah membawa-bawa nama besar ibunya untuk keuntungannya. Bahkan setelah kemerdekaan beliau tidak pernah mengambil fasilitas yang menjadi haknya. Karenanya bisa dibilang bahwa beliau adalah salah satu jenderal yang wafat (tahun 1962) dalam keadaan melarat. Anaknya, Raden Mas Boedy Setia Soesalit, selalu mengingat pesan ayahnya yaitu, "Jangan suka menonjolkan diri sebagai keturunan Kartini."

Back to zaman now, masih banyak orang (diluar lingkungan keraton) yang memakai gelar kebangsawanan macam Raden Mas, Raden Ajeng, atau Raden Roro didepan namanya. Tapi tanpa prestasi mereka tetap dianggap bukan siapa-siapa, bagaimanapun nyatanya mereka memang keturunan raja-raja Majapahit dan Mataram.

Pada wilayah terbatas seperti Keraton Yogya dan Solo, masyarakat disana masih menghormati raja dan keluarganya sama seperti zaman dulu, hanya saja tidak sampai harus bersimpuh dan menangkupkan tangan bila berhadapan dengan mereka, kecuali mungkin dilakukan oleh para abdi dalem.

Bagi masyarakat disana keraton dianggap juga sebagai cerminan budaya adiluhung Jawa, sehingga menghormati keluarga keraton berarti juga melestarikan budaya Jawa yang penuh falsafah kehidupan.

Menurut saya, selain keluarga keraton, gelar ningrat pada keturunan bangsawan tidak relevan lagi untuk mendongkrak status sosial seseorang. Karena masyarakat tidak lagi melihat siapa dia, tapi apa yang dia lakukan.

0 komentar

Posting Komentar