Susah-susah Gampang Jualan di Medsos


Kecuali jika Anda menjual produk atau jasa yang masih jarang ada di pasaran. Misal Anda menjual puding bentuk mobil Lamborghini rasa kopi pisang. Atau Anda menjual produk Kracie Poppin Cookin asli dengan harga dibawah pasar. Bisa juga Anda menjual kerajinan tangan buatan sendiri entah itu rajutan, dari kain, kayu, atau daur ulang dengan kustomisasi alias pembeli bisa pesan model dan bentuk sesuai keinginan mereka.
Media sosial bukan e-commerce. Dia tidak dibuat untuk jualan melainkan untuk berbagi cerita, foto, dan video antara sesama pengguna.

Media sosial digunakan untuk tempat jualan karena orang memanfaatkan jaringan pertemanan atau followersnya sebagai pangsa pasar. Bila barang dagangan Anda unik dan tidak pasaran maka jaringan itu bisa memviralkan (menyebarkan lewat internet) hingga bisa laku keras. Tapi kalau Anda -misal- menjual baju muslim yang sudah banyak dijual dimana-mana atau batik seperti yang digrosir di pusat kulakan, maka Anda bisa kesulitan mendapat pembeli kecuali Anda banting harga atau membuat ciri khas pada baju muslim atau batik Anda itu.

Brand besar biasanya memanfaatkan media sosial sebagai tempat menginformasikan produk mereka. Event, promosi, dan interaksi dengan customers juga dilakukan di media sosial. Brand Nike juga memakai pihak ketiga untuk jualan di Instagram, tidak jualan langsung. Nike tidak berjualan langsung karena Instagram memang tidak diperuntukkan untuk jualan.

Kalau Anda pemula yang benar-benar ingin membangun bisnis dari medsos, baiknya pisahkan akun jualan dengan akun pribadi di medsos. Postingan pribadi yang bercampur baur dengan dagangan bisa membuat calon pembeli menganggap Anda hanya sekedar lewat saja menawarkan dagangan. Postinglah juga hal lain yang berhubungan dengan dagangan Anda. Misal motif-motif batik jika Anda jualan cake hias batik. Atau jenis-jenis kain jika Anda berjualan kerajinan dari kain.

Tulis lengkap keterangan tentang dagangan Anda. Tulis juga berapa harganya. Jangan sok misterius dengan pemberitahuan, "untuk harga & info lengkap silahkan hubungi WhatsApp kami." Anda itu jualan bukan membuat kuis teka-teki.

Jika punya modal buatlah toko online lengkap dengan keranjang belanja yang memudahkan konsumen membeli dagangan Anda. Jadikan toko online sebagai tempat jualan utama dan fungsikan medsos sebagai media promosi, informasi produk, dan cantumkan keterangan produk lengkap dengan harga jika ada yang ingin membeli lewat medsos. Tapi tetap fungsikan toko online sebagai tempat jualan utama untuk memposisikan bahwa bisnis Anda dikelola serius.

Membangun sebuah usaha tidak ada yang mudah tapi juga tidak susah jika Anda mau melewati prosesnya. Proses untuk membuat akun jualan, promosi, mencari pembeli, dan bersaing dengan orang yang dagangannya sama dengan Anda adalah proses yang mau tak mau harus dijalani. Tapi insya Allah kerja keras Anda berbuah manis.

0 komentar

Posting Komentar