Taman Kyai Langgeng Magelang

Salah satu tujuan wisata di Magelang selain Borobudur adalah Taman Kyai Langgeng. Tempat rekreasi ini strategis di tengah Kota Magelang. Angkot dan bus dari beberapa wilayah Magelang berhenti di depan pintu masuk tempat rekreasi ini. Harga tiket masuknya Rp25rb, anak dibawah usia 3 tahun free of charge.

Tiket seharga itu sudah termasuk 10 wahana permainan, diantaranya Bioskop 6D, Bianglala mini, Komidi Putar, Komidi Layang, Kereta Mini, Kereta Air, Sepur Mini, Becak Mini, Becak Air, dan Mobil Keliling.

Sodium ada juga roller coaster yang treknya tidak menukik-nukik, tapi tidak ada yang naik sama sekali. Mungkin dikira rusak.

Bom bom car, sepeda tandem, becak mini, dan animal rider dikenai tiket tambahan Rp10rb, dan untuk masuk kebun satwa mini sekaligus terapi ikan kita harus merogoh kocek tambahan Rp5rb.

Untuk masuk ke Anjungan Dirgantara juga harus bayar Rp5rb. Buat Anda yang sudah pernah lebih baik tidak masuk ke Anjungan Dirgantara karena isinya persis seperti di dalam pesawat, ditambah replika berbagai jenis pesawat, black box, mesin pesawat, sampai Cockpit Voice Recorder (CVR). Bagus sih untuk foto-foto, seperti berada dalam pesawat betulan, tapi alamak! Puanas buanget! No air conditioner. Kokpitnya juga sudah tidak bagus dan lebih puanas daripada kabinnya. Saya perhatikan tidak ada pengunjung yang tahan berlama-lama di dalam anjungan ini karena panasnya benar-benar seperti dalam oven.
Anjungan Dirgantara (pic from fishyblue99.wordpress.com
naik pesawat,

Kalau mau irit, hehee, tidak usah menggunakan wahana yang berbayar, naik saja wahana yang termasuk tiket terusan berulang-ulang, bebas kok, seperti di Dufan Jakarta. Mau 10 kali masuk bioskop 6D juga boleh, atau bolak-balik naik mobil keliling sampai gempor boleh juga, heuheuheu! Tidak bakal dipelototi sama stafnya kok, mungkin malah diajak ngobrol. Para stafnya tergolong friendly, meski dari mukanya tidak terlihat fresh karena sudah tua-tua.

Tua gimana maksudnya?
Ya, staf lapangan di tempat rekreasi ini sudah tua-tua. Di tempat rekreasi lain yang sejenis biasanya stafnya masih muda-muda berusia 20 tahunan. Di Taman Kyai Langgeng usianya 40 tahunan. Saya salut juga karena pengelola mau memperkerjakan mereka yang sudah tidak muda lagi.

Taman Kyai Langgeng berada di area yang berbukit-bukit. Kalau kita naik kereta wisata, kita akan melewati tebing curam yang mengarah ke Sungai Progo.

Area yang naik tanjakan, turun perbukitan, bagi yang tidak biasa berjalan kaki tenaga terasa terkuras ketika menuju dari wahana satu ke wahana lainnya. Tapi pemandangan alamnya menyegarkan mata. Banyak pohon langka juga ditanam di dalam tempat ini.

Sebagai tempat rekreasi, Taman Kyai Langgeng tergolong murah-meriah. Tapi untuk urusan perut, food court disini kurang memuaskan. Hanya berbentuk kantin kecil dengan tempat duduk seperti meja makan persegi untuk 16 orang. Menunya bakso, yang kuahnya hanya terasa vetsin, dan nasi soto serta aneka minuman. Di dekat Anjungan Dirgantara ada kedai yang menjual jus dan aneka minuman tapi terkesan ala kadar seperti jajanan anak sekolahan. Di dekat animal rider juga ada ibu yang menawarkan menu makanan untuk dimakan di meja-kursi yang tersedia, tapi tidak kelihatan dimana letak warung atau rumah makannya. Saya juga tidak tanya soal itu, sih, karena mengawasi anak-anak saya.

Kurangnya papan informasi juga membuat pengunjung harus rajin bertanya kepada staf untuk menuju suatu wahana, toilet, mushola atau tempat makan. Kecuali Anda tidak lelah berjalan dan ingin melihat-lihat pemandangan perbukitan, bolehlah Anda tidak bertanya kepada staf setempat.

Jumlah toiletnya kurang tersebar. Ada 2 spot toilet yang mudah ditemui. Di dekat Anjungan Dirgantara dan di depan kereta air. Dalam satu spot terdapat 6 toilet. If I may say, toilet perlu disebar di banyak tempat. Satu spot cukup 2 toilet asal penyebarannya merata dan mudah ditemukan di segala penjuru Taman Kyai Langgeng yang luas itu. 

Secara keseluruhan, dengan biaya relatif terjangkau, Taman Kyai Langgeng bisa jadi tempat rekreasi yang amat menyenangkan dibanding kalau kita jalan-jalan ke mall.
Silahkan klik kyailanggeng.com untuk memperdalam info tentang taman rekreasi ini.

Selamat bertamasya!

0 komentar

Posting Komentar