Sukses Jualan Online Untuk Pemula

Banyak dari kita tergiur berjualan dalam jaringan (online) karena iming-iming keuntungan yang besar dan mudah dijalankan darimana saja. Iya, menjalankan toko online memang mudah tapi tidak semudah membalik telapak tangan. Kita tetap butuh usaha supaya pembeli mau beli produk dari toko online kita. Yang mudah kita lakukan adalah :

Deskripsikan produk dengan jelas
Misal Anda menjual baju, deskripsikan dengan lengkap ukuran, hiasan, aksen, juga panjang baju, bahan yang digunakan, lebar bahu, tangan, pinggul, dada dan apa warnanya. Atau kalau menjual panci jelaskan beratnya, diameter, apakah anti lengket atau tidak, bisa untuk memasak apa saja, apakah perlu perlakuan khusus saat mencuci atau tidak. 

Deskripsi ini penting karena pembeli tidak bisa memegang dan melihat langsung produknya sehingga mereka perlu info detail untuk dapat membayangkan seperti apa produk yang akan mereka beli. Deskipsi yang asal-asalan, apalagi cuma foto dan harga, bisa membuat pembeli menafsirkan Anda tidak serius berjualan.

Fast response
Jika ada (calon) pembeli yang memesan atau sekadar menanyakan stok atau detail barang, jawablah secepat yang Anda bisa. Ada banyak orang yang berjualan di internet mungkin dengan barang sama dengan yang Anda jual. Kalau Anda lama merespon bisa jadi calon pembeli tidak minat lagi membeli produk  Anda. 

Promosi
Blogwalking bisa dilakukan tapi mungkin tidak efektif lagi karena banyak pemilik situs yang tidak mengizinkan pengunjungnya beriklan. Carilah di Google dengan kata kunci "pasang iklan gratis" lalu daftarlah pada situs-situs yang tersedia dan beriklanlah.

Promosikan toko online di akun media sosial Anda. Jika bergabung di forum, maka cantumkan link toko online di signature profil dan postingan Anda.

Beri Diskon Bila Perlu
Jika memungkinkan berilah potongan harga atau diskon selama masa promosi atau event tertentu. Bisa juga Anda menggratiskan ongkos kirim untuk minimum pembelian nominal tertentu untuk pengiriman di wilayah yang sama dengan toko online Anda.

Layani Semua Pembeli Sama
Kalau Anda menerapkan minimum pembelian, maka pembeli yang membeli hanya 50rb juga harus Anda layani sama baiknya dengan yang membeli 500rb. Bisa jadi pembeli yang membeli seharga 50rb hanya mengetes dulu kualitas barang dan pelayanan Anda sebelum membeli dengan jumlah lebih besar.

Menjalankan toko online, sama seperti toko fisik, butuh usaha supaya pembeli berdatangan dan toko Anda laris. Yang penting jangan menyulitkan yang gampang dan jangan membuat yang gampang jadi sulit.

Salam sukses!(^v^)

0 komentar

Posting Komentar