Blogger-Narablog, Hobi Membawa Rejeki

Blogger, di Indonesia disebut juga narablog -untuk membedakan dengan situs blogger.com, banyak yang memanfaatkan blog mereka untuk mencari tambahan duit. Bagaimana caranya? Selain dengan cara "mainstream" yaitu dengan memasang iklan di blog mereka, juga dengan menjadi blogger spesial. Blogger spesial ini istilah saya kepada para blogger berpengaruh dibidang tertentu sesuai spesialisasi yang mereka bahas dalam blognya. Karena speliasisasi itu mereka sering dapat perhatian dari brand dan media massa berupa publikasi cuma-cuma, undangan menghadiri acara-acara yang menyenangkan hingga uang jutaan rupiah.  Para blogger dengan spesialisasi inilah yang sering dapat perhatian itu.

Food Blogger
Indonesia punya food bloggers kondang seperti Mullie Marlina, Stanislaus Hans Danial Subianto, dan Julia Veronica bersama rekan fotografernya Marius Tjenderasa. Mereka sudah malang-melintang ke kota-kota besar Indonesia dan negara-negara tetangga untuk berburu makanan lezat. Dalam memfoto hidangan penggugah selera mereka menggunakan kamera digital yang mumpuni bukan cuma kamera ponsel. Mereka menggunakan Instagram sebagai media berbagi info kuliner. Apakah Bondan Winarno dengan Komunitas Jalan Sutra-nya bisa disebut food blogger juga? I would say definitely yes! Kamu yang suka makan bisa juga ikut jadi food blogger khusus kuliner halal (^o^)/

Travel blogger
Kerabat suami saya akhirnya menjadi travel blogger setelah ia hobi backpackeran dan menuliskan pengalaman-pengalamannya di blog WordPress. Ia pernah ikut kontes foto dan menang, kemudian ikut beberapa kontes traveling yang juga menang. Sejak itu ia membeli domain dengan namanya, fahmianhar.com agar lebih mudah diingat. Kemudian tawaran-tawaran plesiran berdatangan. Ia kerap ditraktir ke beberapa daerah di dalam dan luar negeri untuk mempromosikan wisata setempat. Sekarang selain pekerjaan utamanya yang dari dulu adalah karyawan bank swasta, ia menjadi buzzer untuk beberapa hotel di Jawa Tengah

Fashion blogger
Some of us may know that fashion blogger itu blogger yang mengkhususkan diri pada tema fashion (seringkali juga menulis tentang lifestyle) sebagai bahasan blognya. Diana Rikasari bisa dibilang pelopor blog fashion di Indonesia. Selain diblognya dianarikasari.blogspot.com, ia juga berbagi gaya personalnya yang ceria berwarna-warni dan unik di Instagram @dianarikasari.

Gossip blogger 
Gossip blogger paling tenar dihampir separuh jagat adalah Perez Hilton. Laki-laki bernama asli Mario Armando Lavandeira ini adalah penulis berita infotainment. Ia kenal dengan selebriti Amerika yang jadi bahan tulisannya karena ia juga bekerja sebagai presenter TV.

Beauty blogger
Beauty bloggers bisa mendapat uang saku dengan cara mereview produk kecantikan dari brand tertentu. Lihat review dari Arum yang mengulas produk kecantikan dari ujung rambut sampai kaki. Bisa tengok pula blog milik Lintang yang memanfaatkan bahan-bahan alami di dapur untuk perawatan kecantikan. Adakalanya beauty blogger beraksi di Instagram atau YouTube dengan video-video mereka mendemonstrasikan trik juga tutorial kecantikan.

So, if you have a blog and often updating it, termasuk blogger yang manakah kamu? Kalau saya, hem..ehem, memang bukan blogger betulan, meski pertama kali punya blog tahun 2005 di Multiply tapi saya jarang menulis blog berkualitas yang bermanfaat untuk orang banyak.

However, menurut situs writetodone.com saya masuk kategori the journal writer, yang ciri-cirinya adalah, kira-kira begini :
  • Kadang ikut memeriahkan isu kekinian dalam bentuk meme (anekdot/candaan berupa gambar tentang orang atau peristiwa yang sedang hangat di masyarakat yang diplesetkan —pen) meski pembaca blognya sedikit. 
  • Kadang rajin banget nulis/update blog, kadang bisa berminggu-minggu gak isi apa-apa-apa di blognya.
  • Gak peduli sama SEO (search engine optimization) apalagi AdSense, karena buat tipe blogger ini menulis/nge-blog itu hobi dan fun. Tapi kadang ikut program afiliasi atau iklan pop-up buat nambah-nambah bayar hosting. 
  • Tipe ini juga menganggap pembaca blognya bisa dijadikan teman, bukan target customers.
Sepertinya banyak dari kita yang masuk kategori the journal writer. Tipe ini, in my opinion, lebih mudah menulis apa saja tanpa terpaku tema-tema tertentu. Selain itu bisa digunakan sebagai sarana belajar dan mengasah kemampuan menulis.

Speaking of money, apapun yang kita lakukan, hobi atau bisnis, kalau ditekuni dengan sungguh-sungguh insya Allah bisa menghasilkan uang banyak.

0 komentar

Posting Komentar