Tak Perlu Tutorial Hijab

Sebagian besar perempuan pemakai hijab pasti mengalami "gegar fashion" saat awal-awal mengenakan hijab. Cari tutorial sana-sini untuk pemakaian hijab pesta, hijab kantor atau untuk jalan-jalan. Semua jenis hijab dibeli, ciput aneka warna menumpuk dan peniti serta bros-bros memenuhi meja rias.
Ada yang berhasil menjadi pemakai hijab trendi yang mengikuti mode, tapi lebih banyak yang gagal.

Kelompok yang gagal ini lantas kembali di hijab "klasik" yaitu jilbab segitiga dan ciput model bandana. Pakaianpun paling banter gamis, bukan dress, dan tunik.

Sebenarnya saat perempuan memutuskan menutup auratnya, ia harus ingat bahwa mode bukanlah yang utama, tapi syarat berpakaian yaitu tidak ketat membentuk lekuk tubuh, tidak tipis menerawang, dan tidak memperlihatkan tonjolan buah dada. Syarat itu rasanya mudah dilakukan sebagai patokan untuk membeli pakaian.

Kalau untuk pakaian dan hijab pesta beli saja hijab instant tinggal pakai. Tak perlu repot menguntel-untel pashmina atau shawl dikepala dan leher, tak perlu tusuk-tusuk peniti, dan tak usah pasang aksesori di kerudung. Bajupun banyak gamis cantik khusus pesta, tinggal pakai.

Pada muslimah yang meyakini bahwa warna busana muslimah haruslah gelap dan tidak berwarna-warni, malahan hanya memakai pakaian hitam, coklat tua dan abu-abu. Ini karena ada tafsir hadits yang menyaratkan bahwa warna baju muslimah tidak boleh mencolok sehingga mengundang perhatian. Ukuran baju merekapun benar-benar longgar dengan hijab lebar panjang. Merekapun tidak pernah pakai celana panjang karena celana identik dengan laki-laki, sedangkan perempuan dilarang memakai pakaian yang menyerupai laki-laki. Saat mereka naik motorpun tetap pakai rok.

Jadi sebenarnya kita muslimah tak perlu repot-repot memakai baju mode terbaru dengan aneka model hijab. Cukup ikut syarat berpakaian yang diberikan agama saja. Aturan agama dibuat bukan untuk merepotkan manusia tapi mengatur supaya manusia hidup nyaman, teratur, dan bahagia.

Jangan sampai niat berhijab malah bikin kerepotan yang dibikin-bikin sendiri. Muslimah yang baru berhijab tak perlu repot menjadi hijaber modis, niatkan saja penampilan menutup aurat lillahi taala. Insya Allah jd pede memakai hijabnya meski tidak fashionable (^^)/

---------------------------------------------------------------
“Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam melaknat lelaki yang menyerupai wanita dan (melaknat) wanita yang menyerupai lelaki.” (HR.al-Bukhari no. 5885)

0 komentar

Posting Komentar