Bukan Mafia Antisosial

Saat ini sedang ada perang besar yang melibatkan empat klan mafia. Tiap klan punya lebih dari 150 anggota, jadi kurang lebih ada sekitar 600 orang yang terlibat baku tembak dan saling gempur. Empat klan ini  membentuk dua aliansi, jadi dua kelompok melawan dua kelompok lain.

Perang bisa berlangsung sehari atau seminggu, tergantung siapa yang kalah lebih dulu. Anggota klan yang paling banyak menggempur musuh biasanya dapat tambahan senjata atau bonus dari Godfather.
Uniknya perang ini berlangsung secara online di Facebook. Facebook? Ya, di situs jejaring sosial nomor wahid itu. Lho? Ya, keempat klan, bersama dengan puluhan klan mafia lain, memang tergabung dalam Mafia Wars yang dimainkan di Facebook.

Oh, jadi cuma permainan online? Ya, permainan perang antar mafia ini meski sama “sangarnya” dengan mafia betulan tapi sama sekali tak berbahaya, paling-paling hanya butuh biaya internet. Efek yang paling berbahaya “hanyalah” kecanduan login ke Facebook, hehehe!

Mafia Wars adalah salah satu permainan online dari developer Zynga
yang bisa dimainkan di situs Facebook. Orang yang memainkan permainan ini, menurut jumlah fans di fan pagenya, mencapai 10 juta orang. Waw! Banyak mafia berkeliaran di Facebook rupanya, hahaha!
Para mafia yang menggabungkan diri dalam satu klan biasanya memang “bertingkah” layaknya mafia betulan atau minimal seperti mafia dalam film-film. Mereka punya Godfather yang memimpin klan, punya officer, dan bahkan punya satuan tempur sendiri yang bertugas membalas serangan terhadap anggota mereka.

Bagi mereka yang tidak suka permainan online mungkin akan mengatakan orang-orang ini bodoh. Untuk apa serius betul bermain game online sampai begitu. Sebagian lagi mengatakan orang yang kecanduan bermain online akan  rusak otaknya dan menjadi antisosial. Tapi orang yang sudah gandrung terhadap hal tertentu perilakunya memang kadang diluar akal sehat, meskipun bagi yang bersangkutan terasa normal dan wajar.

Bagi mereka yang terlanjur menggilai, permainan yang 100% gratis ini bukan saja sekedar sebagai pelepas stres dan pengisi waktu luang. Sebagian dari mereka mendapat kepuasan tertentu karena menjadi orang berpengaruh diantara para pemain Mafia Wars.

Tak hanya dari Indonesia, para mafia juga berinteraksi dengan mafia dari belahan bumi  lain. Beberapa klan mafia malah punya website dan chatroom sendiri khusus untuk memudahkan interaksi antar anggotanya. Kadangkala klan mafia ini mengadakan kopi darat. Pada kopi darat ini sering pula mereka membicarakan hal-hal diluar Mafia Wars, juga membantu anggotanya yang sedang kesulitan keuangan, misalnya, atau sekedar memberikan empati kepada mereka yang sedang ada masalah pekerjaan atau keluarga di dunia nyata.

Melihat kenyataan itu, maka pendapat antisosial yang diberikan kepada mereka yang bermain permainan online mudah sekali dipatahkan.

Bermain Mafia Wars adalah hobi. Sama halnya dengan mereka yang hobi memainkan mobil-mobilan atau pesawat remote control berbahan bakar solar, yang harga mainannya saja sampai belasan juta rupiah, Mafia Wars juga begitu.

Penggila Mafia Wars membeli rewards points agar lebih kuat atau cepat naik level. Sebagian lagi bahkan membeli senjata dan koleksi dari pemain lain. Ada banyak pemain Mafia Wars dari Indonesia yang menjual "senjata" dan laku keras. Jika orang awam memandang hal ini, sebagian mungkin berpikir konyol sekali orang-orang itu menghabiskan jutaan rupiah hanya untuk memuaskan hobi, apalagi senjatanya tidak nyata, koleksinya tidak nyata, dan permainannya hanya di dunia maya. Yang nyata cuma orang dan uang untuk jual-belinya saja.

Pendapat yang bilang bahwa permainan online dapat merusak otak juga naif sekali. Para mafia saling berkomunikasi lewat chatting, telepon atau sms yang secara tak langsung membuat otak bekerja, terlebih bila komunikasi dilakukan antar bangsa, tentu orang harus bisa berbahasa Inggris. Para mafia juga menggunakan strategi agar tak gampang babak belur bila diserang, hal ini secara tak langsung membuat otak berputar mencari akal. Jadi malahan bermain Mafia Wars dapat mengasah otak, kan, hehe!

Jadi, mari bermain! Mainkan apa saja yang Anda suka karena bermain dapat meredakan gejala stres dan menurunkan tekanan darah tinggi, apalagi dilakukan dengan hati senang gembira. Selamat bermain!


0 komentar

Posting Komentar