Menghindari Love Bombing Sampai Lepas dari Jeratannya

Oxford Languages mengartikan love bombing atau bombardir cinta atau pengeboman cinta sebagai tindakan yang melimpahi seseorang dengan perhatian dan kasih sayang terutama untuk mempengaruhi atau memanipulasi pasangannya.

Kadang-kadang pelaku love bombing juga memberikan hadiah untuk membuat kita senang dan merasa dimanja.

Pada awalnya kita merasa tersanjung dengan perhatian, pujian, hadiah, dan betapa dia tidak bisa hidup tanpa kita. Dia juga berulangkali membicarakan masa depan yang bahagia bersama kita sampai maut memisahkan. 

Semua terasa indah, tapi lama-lama dia akan menjerat kita dengan cara mengungkit kebaikannya, memanipulasi supaya kita merasa bersalah dan tidak berdaya. Lalu kita akan terjerat tidak tahu harus bagaimana lepas darinya.

Laman Cleveland Clinic Institute mendefinisikan love bombing sebagai bentuk pelecehan psikologis dan emosional yang sering disamarkan sebagai sanjungan berlebihan.

Sedangkan Healthline menyebut love bombing terjadi ketika seseorang membanjiri kita dengan kata-kata, tindakan, dan perilaku yang penuh kasih sayang sebagai teknik manipulatif.

Love Bombing dan KDRT

 

Bombardir cinta ada sedikit positifnya. Biasanya setelah bertengkar salah satu pasangan akan melakukan love bombing untuk baikan dengan memberi banyak perhatian, pujian, dan hadiah kecil.

Akan tetapi, kalau love bombing selalu dilakukan tiap kali pertengkaran terjadi yang disertai kekerasan fisik Itu berarti hubungan sudah diwarnai KDRT (kekerasan dalam rumah tangga) atau disebut juga dengan domestic violence.

Cara Mengetahui Apakah Kita Kena Love Bombing

 

Laman Very Well Mind memberikan tanda yang harus kita sadari sebelum terjebak love bombing yang merugikan kita, caranya dengan mengidentifikasi hubungan kita dengan pasangan dengan cara sebagai berikut.

1. Narsistik dan tidak tertarik dengan apa yang ada pada diri kita.

Pasangan yang melakukan love bombing tidak tertarik dengan keluarga, hobi, cita-cita, karir, dan apa pun yang berhubungan dengan kita karena mereka narsistik.

Narsistik adalah kepedulian yang berlebihan pada diri sendiri yang ditandai dengan adanya sikap arogan, percaya diri, dan egois

Jadi apa pun yang ada dalam sebuah hubungan harus selalu tentang dia dan sesuai yang dia mau.

2. Sering memuji dan mrngkritik dalam waktu bersamaan.

Pasangan seringkali memuji dan mengkritik kita dalam waktu bersamaan yang sering disertai kalimat, "Ini, kan, buat kebaikan kamu sendiri." 

3. Berkali-kali nanya kita lagi dimana, sedang apa, sama siapa, dan sampai jam berapa.

Kita seolah tidak bisa punya kehidupan sendiri tanpa dia ikut didalamnya, padahal belum jadi suami-istri.

Pada pasangan yang sudah berumahtangga, pelaku love bombing akan sangat protektif dan tidak membiarkan pasangannya keluar rumah tanpa pengawasan darinya.

4. Sering pamer kemesraan bersama kita.

Pelaku love bombing senang mamposting foto romantis dengan kita di medsos atau memperlihatkan bahasa tubuh yang mesra saat berada di tengah orang banyak.

itu dilakukannya bukan karena rasa sayang, tapi untuk memanipulasi kita supaya di mata orang dia terlihat sebagai orang yang romantis penuh kasih sayang.

5. Tidak membolehkan kita bergaul dengan teman dan kumpul dengan keluarga besar.

Pelaku love bombing akan melakukan segala cara untuk menjauhkan kita dari teman-teman dan keluarga.

Dengan begitu kita akan merasa kesepian lalu dia tampil sebagai satu-satunya orang yang peduli dan sayang pada kita. Padahal dia yang menjauhkan kita dari teman dan keluarga dengan cara terus-terusan menjelekkan mereka dan bilang kalau kita gak pantes ada ditengah mereka.

6. Memberi hadiah lalu mengungkit.

Dia akan memberi hadiah sambil memuji betapa sayang dan berharga kita untuknya. Namun disaat yang sama dia juga mengingatkan betapa mahal hadiah itu dia beli dan betapa beruntungnya kita dapat hadiah mahal itu darinya.

Cara Lepas dari Jeratan Love Bombing 

 

Love bombing dapat dideteksi dari awal saat kita masih pdkt dengan dia. Dari awal dia sudah sering kirim WhatsApp atau telepon kita dengan kata-kata yang romantis dan penuh pujian. Itu saja sebenarnya sudah aneh.

Dia tidak mau tahu tentang aktivitas dan kegiatan kita di hari itu, tapi tiap setengah jam selalu bikin kita GR (gede rasa) setengah mati. Saking terlena dengan kata-kata manis, pujian, dan hadiah darinya, kita jadi lupa diri dan akhirnya terjerat hubungan toxic.

Kalau sudah terjerat love bombing, cara berikut bisa kita lakukan untuk lepas dari hubungan beracun tersebut.

1. Akhiri hubungan secepat mungkin.

Jangan berharap dia akan berubah lebih baik karena kita tidak bisa mengubah sifat dan perilaku seseorang tanpa dia sendiri yang mau berubah.

Jadi daripada buang waktu, segera putuskan hubungan saat kamu sadar sedang kena love bombing

2. Blocked Nomor HP dan Semua Akun Medsosnya.

Kalau sudah telanjur kena love bombing dan pasangan menolak putus, blocked nomor HP-nya dan blocked dia dari medsos.

Kalau perlu nonaktifkan akun medsos kita untuk sementara supaya dia tidak bisa pakai akun lain untuk melacak.

3. Putuskan kontak dengan teman, keluarga, dan seluruh kenalan yang ada hubungan dengannya.

Dia bisa menggunakan teman, keluarga, dan kenalan untuk melacak kita atau memanipulasi mereka supaya menghubungi kita.

jadi celah apa pun yang ada hubungannya dengan pelaku love bombing harus ditutup supaya dia tidak lagi bisa melacak dan memanipulasi kita.

4. Bukan salah kita.

Semua yang terjadi selama menjalin asmara dengan dia bukan salah kita, dialah yang bersalah. Jangan sampai kita terjebak menyalahkan diri sendiri yang akhirnya bikin kita kasihan sama dia.

Kita korbannya dan dia pelakunya. Jadi jangan dibalik dan termakan tipu dayanya.

5. Minta bantuan teman dan keluarga. 

Mintalah bantuan keluarga dan teman. Bilang pada mereka soal kondisi kita yang kena love bombing dan dapat teror serta ancaman. Jangan takut disalahkan.

Minta antar-jemput keluarga atau berangkat-pulang bareng teman tiap ke kampus atau kantor. Gunanya untuk jaga-jaga kalau dia nekat. 

Kalau punya uang berlebih, pakai jasa GoCar atau GrabCar sampai kita yakin dia sudah tidak bisa melacak. Dengan diantar saudara, menumpang teman, atau taksi online keamanan kita lebih terjaga daripada bawa kendaraan sendirian.

6. Lapor polisi

Melapor ke polisi, walau sulit ditindaklanjuti kalau kita tidak punya uang, setidaknya membuat batin kita nyaman.

Itu sekaligus memberi peringatan kepadanya kalau kita tidak takut dan betul-betul mau putus hubungan dengannya.

Sangat umum terjadi pelaku love bombing mengancam akan menyebar foto dan video tidak senonoh yang kita lakukan bersama dia.

Dari awal sebelum terjadi, langsung tolak kalau pasangan minta kita berpose tidak senonoh. Jangan pernah mau dan jangan terbujuk segala rayuannya. Pasangan yang betulan sayang tidak akan memaksa kalau kita tidak mau.

Pasangan yang suka maksa, itu sudah tanda awal dia toxic. Jadi sebelum terlambat, jangan pernah mau kalau pasangan minta kita berfoto atau membuat video tidak senonoh. Kelak dia akan mengancam dan meneror menggunakan foto dan video itu kalau keinginannya tidak dituruti.

Dengan mengetahui tentang love bombing kita jadi bisa menghindari hubungan asmara dengan orang yang toxic dan calon pelaku KDRT. Kemudian, jangan sampai kita yang jadi pelaku love bombing.

0 komentar

Posting Komentar