10 Film Anak-anak Terbaik Sepanjang Masa yang Membuat Keluarga Makin Akrab

Orang tua di negara kita masih belum peduli dengan tontonan anak-anaknya. Rating usia film sering diabaikan cuma karena orang tuanya ingin nonton film horor di bioskop dan tidak ingin anak mereka dititipkan di kerabat.

Padahal rating usia pada film dibuat supaya tidak menganggu kesehatan mental anak. Supaya perkembangan kognitif anak tidak terganggu dan dia punya kecerdasan emosional yang baik ketika dewasa.

Rating usia film yang kita kenal ada:

  • Semua umur
  • 13+
  • 16+
  • 17+
  • 21+

Kalau kita ingin mengajak keponakan atau anak nonton film, lebih baik nonton dari platform streaming karena sudah tertulis untuk usia berapa tontonan itu ditujukan. Kalaupun pengin banget ngajak mereka ke bioskop, pastikan rating filmnya semua umur atau sesuai dengan usia anak dan keponakan.

Related: Lima Film Angkasa Luar Spektakuler Non-Hollywood

Kalau masih bingung mau nonton apa bareng anak atau keponakan, berikut emperbaca.com rekomendasikan film anak sepanjang masa yang tidak bosan walau ditonton 2-3 kali. 

Film disusun secara acak dan tidak berdasarkan kriteria tertentu. Semua film juga ditonton langsung oleh emperbaca.com.

1. Dumbo (2019)

 

Film tentang anak gajah yang bisa terbang ini tayang pertama kali pada tahun 1941 dalam bentuk animasi. 

Tadinya Dumbo adalah buku cerita anak karangan Helen Aberson dan Harold Pearl. Namun buku cerita itu tidak jadi terbit karena hak ciptanya dibeli oleh Disney pada 1930-an. 

Dumbo bersama Milly dan pemilik sirkus ketika ibu Dumbo akan dijual ke sirkus lain (Foto: Disney)

Dumbo adalah gajah sirkus yang dilahirkan ibunya bernama Mrs Jumbo. Suatu hari, sirkus itu nyaris bangkrut. Mrs Jumbo dijual ke pemilik sirkus lain dan Dumbo jadi kesepian. Berkat kuping anehnya yang sangat lebar, Dumbo belajar terbang dan jadilah dia si gajah terbang.

Film Dumbo kemudian tayang lagi dalam bentuk layar lebar pada 2019. Tidak lagi berbentuk animasi, melainkan dengan karakter hidup. berupa live action.

2. Coco (2017)

 

Ini film bagus walaupun agak sedih. Ayah Coco tidak pernah kembali pulang setelah meninggalkan rumah karena ingin berkarir di dunia musik. Ibu Coco lalu melarang musik di rumah mereka.

Miguel dan keluarganya (Foto: deCode Magazine)

Suatu ketika adik Coco bernama Migule bernyanyi dan memainkan gitar milik ayahnya. Ternyata ayah Coco dan Miguel selama ini telah diculik. Sementara itu ingatan Coco makin hilang karena penyakit dementia.

FIlm ini mengajarkan tentang nilai kekeluargaan yang sangat kuat dan hangat, lewat musik.

3. Sing! (2016)


Sesuai namanya film ini berkisah cita-cita jadi penyanyi dan musisi. Sing! disuarakan oleh aktor terkenal seperti Reese Witherspoon, Matthew MacConaughey, dan Scarlett Johansson. 

Para hewan yang mengikuti audisi menyanyi, menari, dan bermusik (Foto: IMdB)

Bertempat di dunia yang dihuni oleh hewan antropomorfik, film ini berfokus pada pemilik teater yang berjuang mengadakan kompetisi menyanyi dalam upaya untuk mencegah teaternya disita. Ternyata kompetisi tersebut mengganggu kehidupan para kontestanya.

4. Puss in Boots: The Last Wish (2011 dan 2022)


Puss in Boots berasal dari dongeng di Spanyol, Italia, dan Prancis yang pertama kali hadir tahun 1697.

Setelah itu karakter Puss in Boost terkenal luas saat muncul di film Shrek 2 (2004) sampai Shrek 3. Maka itulah film Puss in Boots bisa dibilang spin-off (film sempalan) dari film Shrek.

Pembuatan film Puss in Boots diawali dari pemutaran film Shrek di Festival Film Cannes. Karakter Puss in Boots yang bertingkah seperti bangsawan pemberani-tapi-agak-penakut ternyata disukai banyak orang. Maka dibuatlah film khusus yang berkisah tentang si Puss. 

Wajah ikonik Puss ketika mengelabui musuh sebelum berubah jadi garang (Foto: Bobo Grid)

Film pertama Puss in Boots tayang pada 2011 berkisah tentang Puss yang menjadi buronan. Puss berusaha mengembalikan kehormatannya dengan mencari Jack dan Jill yang memiliki kacang ajaib yang telah dia cari sepanjang hidupnya.

Sementara itu Puss in Boots The Lasti Wish memuat kisah tentang petualangan Puss di dunia lain yang memainkan imajinasi penonton.

5. Happy Feet 1, Happy Feet 2, Happy Feet 3 (2006, 2011, 2021)


Kisah inspiratif tentang anak pinguin bernama Mumble yang fisiknya berbeda dari pinguin lainnya hingga dia kerap diledek dan dikucilkan.

Ternyata Mumble punya kelebihan dibanding pinguin lainnya. Dia mahir menari dengan lincah dan akhirnya dikagumi oleh pinguin lain.

Film ini disuarakan oleh bintang film terkenal seperti Elijah Wood, Hugh Jackman, Nicole Kidman, dan mendiang Robin Williams.

6. Ice Age (2002, 2006, 2009)


Ini kisah fabel tentang kehidupan 20.000 tahun yang lalu di mana Bumi adalah dunia prasejarah yang menakjubkan yang penuh dengan bahaya besar, tidak terkecuali awal zaman es. 

Untuk menghindari radang dingin yang sangat parah para hewan bermigrasi ke selatan. Tokoh dalam film ini punya karakter berlainan seperti mammoth berbulu, harimau bertaring tajam, tupai, dan tikus. Semuanya bersatu dan saling menolong walau kadang bertengkar juga.

Ice Age 2 berkisah tentang es yang makin lama makin mencair dan para hewan yang berjuang menyelamatkan diri dari es yang mencair.

Sedangkan Ice Age 3 menceritakan petualangan kawan-kawan Sid yang menyelamatkan Sid dari penculikan tyranosaurus. Sid dan kawan-kawannya bertualangan di dunia tropis yang dihuni oleh dinosaurus.

7. Laskar Pelangi (2008)


Salah satu film anak-anak terbaik sepanjang masa yang berkisah tentang sekolah swasta di Pulau Belitung yang nyaris tutup karena sudah kekurangan murid. Murid yang tersisa tinggal 10 orang ditambah anak orang kaya pindahan dari sekolah swasta mahal.

Related: Film Petualangan Dalam Game, Seru!

Laskar Pelangi termasuk film yang tidak bosan ditonton berulang kali karena adegannya alami, jalan ceritanya dekat dengan keseharian kita, dan sangat menggugah hati.

8. Raya and the Last Dragon (2021) 


Naga di film ini bukanlah naga bersayap, melainkan berbentuk seperti ular atau mirip barongsai. Wajar, ya, karena film ini dikisahkan berasal dari Asia, bukan Barat yang mana naganya bersayap dan menyemburkan api.

Foto: Disney+ Hotstar

Alkisah, ada seorang anak bernama Raya, prajurit perempuan cilik yang pemberani dan berbudi luhur. Dia dilatih untuk menjadi Penjaga Permata Naga. Raya mulai mencari sang naga terakhir demi memulihkan kedamaian di Kumandra dan mengubah pola pikir ayahnya yang keras

9. How to Train Your Dragon (2010, 2014)

 

Seorang anak dari bangsa Viking bernama Hiccup tidak suka melihat bangsanya memburu naga untuk dijadikan tunggangan. Dia merasa kasihan pada naga-naga itu. 

Suatu hari tanpa sengaja Hiccup menemukan anak naga langka yang terjerat jebakan di hutan. Hiccup diam-diam memelihara naga itu. Suatu saat ada kewajiban bahwa semua anak harus memilih dan melatih sendiri naga mereka atau dikeluarkan dari sukunya.

Hiccup dan si naga langka bernama Teeth itu lantas menemukan persahabatan dan kekompakan keduanya akan membawa kita ke petualangan seru di angkasa, darat, dan udara.

10. Wreck it Ralph (2012, 2018)


Film unik yang bercerita tentang Ralph, si karakter game yang bosan menjadi penjahat di tempat permainan game arcade (di Indonesia namanya tempat Dingdong). Ralph ingin jadi pahlawan supaya disukai orang yang memainkan gamenya. Karena itulah dia mengubah permainan.

Mengubah permainan ternyata berakibat fatal bagi karakter dan game itu sendiri. Bahkan fatal bagi tempat Dingdong di mana dia dan teman-temannya hidup di dalam game. 

Ralph dan Vanellope di dalam internet dan harus membayar ribuan dolar untuk menyelamatkan tempat Dingdong (Foto: Disney Movie)

Kemudian ada Wreck it Ralph 2 atau yang berjudul Ralph Breaks the Internet yang menceritakan tentang tempat Dingdong yang akan tutup karena hampir bangkrut. Ralph dan sahabatnya Vanellope harus menyelamatkan tempat itu dan nyasar sampai ke amazon.com.

0 komentar

Posting Komentar