Film Utopia Terbaik, Ini 7 Rekomendasinya!

Arti utopia adalah kondisi masyarakat di masa depan yang nyaris sempurna karena hampir tidak ada kriminalitas, masyarakatnya terdidik, dan bayi-bayi sudah dikondisikan untuk tumbuh sempurna.


Bila mengacu pada KBBI, utopia berarti sistem sosial politik yang sempurna yang hanya ada dalam bayangan (khayalan) dan sulit atau tidak mungkin diwujudkan dalam kenyataan.

Genre film utopia dicirikan dengan plot yang penuh kerusakan, muram, dan masyarakat merana. Kemudian ending film berakhir bahagia di mana kondisi masyarakat yang rusak terkendali, aman, dan damai. 

Bacaan Lain: Film Psikologi Thriller Wajib Tonton

Kebalikan dari utopia adalah distopia, yaitu tempat khayalan yang segala sesuatunya sangat buruk dan tidak menyenangkan serta semua orang tidak bahagia atau ketakutan.

Genre film distopia menggambarkan masyarakat yang tadinya teratur berubah jadi kacau karena bencana alam, pemberontakan, kondisi politik, atau hal lain yang merusak tatanan.

Rekomendasi film utopia ini disusun acak dan tidak berdasarkan kriteria tertentu yang ditonton sendiri oleh emperbaca,com.

 1. Rumah Tanpa Jendela (2011)

 

FIlm ini yang disutradarai Aditya Gumay juga bergenre musikal dan berkisah tentang Rara yang tinggal di Jakarta bersama ayah dan neneknya.

Foto: Smaradhana Pro
Sanggar Ananda

Sang ayah tidak mampu membuat  jendela di rumahnya karena miskin. Di sisi lain kota hidup masyarakat borjuis yang berumah dengan banyak jendela. Rumah Tanpa Jendela menggambarkan utopia dalam kondisi masyarakat Indonesia yang terfragmentasi dalam kelas sosial-ekonomi.

Film ini dapat ditonton di platform resmi KlikFilm dan Bioskop Online.

2. Tomorrowland (2015)

 

Rating film ini 13+ yang artinya aman ditonton remaja, tapi tidak untuk anak dibawah 12 tahun, walaupun pemainnya anak-anak. Butuh waktu luang untuk menontonnya karena film Tomorrowland berdurasi 2 jam 10 menit.

foto: DisneyPlus

Tomorrowland banyak melibatkan adegan mesin waktu, pemandangan futuristik, dan kecanggihan teknologi. Silakan tonton Tomorrowland di Disney+ Hotstar.

3. The Tomorrow War (2021)


Sekelompok prajurit tiba-tiba datang ke tengah lapangan sepak bola yang sedang menggelar pertandingan Piala Dunia. Ternyata mereka datang dari tahun 2051 dan bermaksud merekrut orang untuk berperang di masa depan.

Poster dari Skydance

Perang apa yang terjadi di masa depan sampai harus merekrut orang dari masa lampau? Aksi memukau Chris Pratt yang datang ke masa depan dan bertemu putrinya ternyata mengejutkan. 

Sang putri tokoh kunci memenangkan perang melawan White Spike. Siapa itu White Spike? Aksi manusia melawan White Spike dapat ditonton di Amazon Prime Video.

3. Ender's Game (2013)

 

FIlm ini diangkat dari novel berjudul sama karangan Orson Scott Card. Alkisah bumi sedang mempertahankan diri melawan serangan serangga alien.

(enderwiggin.net)

Daripada terus menunggu diserang lebih baik manusia  yang bersiaga di angkasa luar dengan melatih anak-anak dan remaja untuk menggunakan aneka teknologi canggih melawan serangga alien.

Latar lokasi Ender's Game berada di ruang angkasa, menjadikannya cocok ditonton penggemar Star Wars dan Star Trek. Film dengan ending memukau sekaligus menyenangkan campur menyedihkan ini dapat ditonton di Netflix.

4. Divergent (2014)


Setelah Divergent, menyusul sekuelnya yaitu Insurgent (2015) dan Allegiant (2016) . Diangkat ke layar lebar berdasarkan novel yang dikarang Veronica Roth.

Kota Chicago telah diisolasi selama 200 tahun karena perang dan penyakit mematikan. Semua penduduk Chicago dibagi jadi lima faksi, yaitu Abnegation, Amity, Candor, Dauntless, dan Erudite. Mereka yang tidak cocok di mana pun jadi terbuang dan jadi Factionless.

Adegan film Insurgent saat Tris, Four, dan Caleb saat melarikan diri dari Amity karena kejaran Dauntless (foto: Netflix)

Sebaliknya ada mereka yang cocok berada di faksi mana saja. Itulah divergent, yang diburu karena gen murni mereka,

Divergent, Insurgent, dan Allegiant dapat ditonton di Netflix

5. The Hunger Games (2012)


Sama seperti DIvergent, film ini juga bagian pertama dari trilogi The Hunger Games: Catching Fire (2013), dan The Hunger Games: Mockingjay (2014 dan 2015).

Katnis dan Gale dalam perjalanan ke RS di Distrik 8 dalam film Mockingjay Part 1 (Netflix)

Katniss Everdeen dari Distrik 12 yang termiskin di negara Panem jadi simbol revolusi melawan diktator kejam Presiden Snow. Bagaimana tidak kejam. Dua puluh empat anak dibawah 18 tahun dipaksa untuk bertarung sampai mati dengan hanya menyisakan satu pemenang. 

Tonton keseruan dan ketegangan bertahan hidup dengan romantisme Katniss dan Peta Mellark di Netflix.

6. I, Robot (2004)


Dibintangi Will Smith yang berperan jadi polisi pengawas robot di tahun 2035. Di masa itu semua pekerjaan kasar dan rumah tangga sudah dilakukan para robot. Kalau ada robot yang membangkang atau korslet, polisi robotlah yang menangkap mereka.

Detektif Del Spooner bersama Sonny si robot (foto: amazon.com)

Keadaan jadi kacau karena para robot yang dipekerjakan ternyata memberontak dan ingin menjadikan manusia budak.

Datanglah Sonny, robot yang berperasaan seperti manusia. Berhasilkah para robot menguasai manusia ? I, Robot tersedia di Disney+ Hotstar.

7. Warm Bodies (2013)


Lagi-lagi, diangkat dari novel berjudul sama karangan Isaac Marion dan bercerita tentang masyarakat yang terinfeksi virus sehingga berperilaku seperti zombie.

Warm Bodies, zombie yang kembali jadi manusia berkat cinta dan kasih sayang (foto: HBO)

Mereka yang sudah jadi zombie masih ada yang setengah sadar dan menolak makan daging manusia. Sementara mereka yang membiarkan dirinya dikuasai virus zombie akan jadi zombie mematikan yang memburu sesama manusia.

Ternyata manusia yang terinfeksi virus zombie tersebut dapat sembuh kalau mereka dipapari oleh kasih sayang dan cinta terus-menerus. Kalau penasaran dengan filmnya, silakan tonton di HBO Go.

0 komentar

Posting Komentar