11 Rekomendasi Lagu Metal Buat Orang yang Belum Suka Metal

Pemula disini maksudnya adalah mereka yang ingin sesekali dengar musik metal setelah terlalu lama menggemari genre pop, dangdut, atau jazz.

Walau tidak enak didengar karena dianggap berisik dan banyak vokalis band metal cuma teriak-teriak, komposisi nada di musik metal lebih kaya dan variatif daripada pop.

Bacaan Lain: Beda Musik Metal dengan Punk dari Aransemen Sampai Pemberontakan

Satu lagi, sevulgar dan sekasar-kasarnya lirik band metal Indonesia, masih lebih sopan dan halus dibanding band metal luar negeri.

Berikut rekomendasi lagu metal yang cocok didengar pemula. Lagu disusun secara acak oleh emperbaca.com

1. Machinery of Torment - Skullflower


Lagu ini diambil dari film Metal Lords rilisan Netflix. Alkisah duo band metal sedang mencari bassist supaya penampilan mereka di Battle of the Band sempurna.

Tadinya band ini bernama skullfucker, tapi dilarang oleh kepala sekolah dan band mereka ganti nama jadi skullflower.

Alih-alih dapat bassist untuk Battle of the Band, Skullflower malah dapat pemain cello. Karena itu lagunya dapat diterima telinga penggemar pop, bahkan jazz.

2. School of Revolution - Voice of Baceprot


Ini band metal cewek-cewek berjilbab asal Garut yang sudah mendunia. Hampir semua lagu VoB berlirik tergolong halus dan tidak kasar dibanding band metal cowok.

Makanya cocok buat pemula yang ingin mencoba musik metal. Suara vokalisnya juga nge-pop banget, bukan tipikal vokalis rock seperti lady rocker Tantri "Kotak" atau Nicky Astria.

Baca yang Lain Yuk: Kumpulan Lagu Iwan Fals Kolaborasi Dengan Penyanyi Beda Generasi

Pemula yang jarang dengar metal tidak bakalan kaget dengar musik khas metal yang keras.

Judulnya lagu ini nginggris, tapi liriknya berbahasa Indonesia, masih jelas didengar, dan tanpa teriakan.

3. God, Allow Me to Play Music - Voice of Baceprot


Kalau yang ini liriknya full Inggris. Bercerita tentang keinginan seseorang untuk bermusik, tapi terhalang aturan agama (nampaknya).

Mungkin berkaitan dengan para personel VoB yang berjilbab. Jilbab dianggap tanda ketaatan, dan jarang perempuan berjilbab yang nge-band, apalagi metal. Untung saja Indonesia mengikuti mahzab Syafii yang mana suara wanita bukanlah termasuk aurat.

4. Elang dan Satu Sisi - Burgerkill ft Ahmad Dhani


Well, semua orang sudah tahu seperti apa lagu Elang dan Satu Sisi milik Dewa 19, jadi tidak asing lagi dengan lirik dan musinya.

Aransemen musiknya tidak beda jauh dari versi aslinya, cuma lebih menghentak saja. Makanya masih enak didengar oleh orang yang mau coba-coba dengar metal.

5. Kalamaut - Hellcrust


Ini band metal asli Indonesia dan lagunya pakai monolog. Lumayan buat pemula biar enggak kaget waktu pertama kali dengar musik metal.

Setelah monolog di lagunya selesai, jangan lupa headbanging ya. Headbanging adalah mengangguk dan menggerak-gerakkan kepala mengikuti suara musik metal.

6. Purgatory - Downfall


Ini salah satu lagu favorit emperbaca.com, lagu Downfall ini penuh teriakan, tapi musiknya enak didengar.

Pemula bisa menikmati aransemen musiknya saja dan jangan terlalu mikirin vokalisnya ngomong apa Karena di lagu ini ada duetnya. Satu bernyanyi rock, satunya lagi teriak-teriak.

Buat orang-orang yang sering malas bangun pagi, lagu ini bisa jadi penyemangat yang menggairahkan.

7. Pasukan Jiwa Terbelakang - Siksakubur


Siksakubur termasuk band yang sudah lama bergelut di dunia permetalan. Lagu ini metal banget, jadi di telinga awam suara vokalisnya cuma teriak-teriak walau sebenarnya masih jelas lirik yang diucapkannya.

Buat pelepas stres, lagu ini very recommended biar stresnya gak akut jadi depresi.

8. Tiga Titik Hitam - Burgerkill


Masih lanjut dari Burgerkill. Band metal lawas ini termasuk 50 band metal terbaik dunia pada tahun 2020 versi majalah Metal Hammer terbitan Inggris.

emperbaca.com merekomendasikan lagu ini karena punya intro melambat ala pop yang dinyanyikan Fadli Padi. Makin lama lagunya makin keras menghentak, tapi enak didengar oleh pecinta genre non-metal.

9. Unholy Affiction - Soccer Mommy


Mirip seperti Tiga Titik Hitam, intro lagu ini juga lambat. Pas di telinga pemula yang baru mengenal musik metal.

Tidak ada suara hentakan dan teriakan yang bikin ngeri, bahkan cocok didengar di mobil atau saat hendak tidur.

10. Membunuh atau Terbunuh - Beside


Judulnya kayak gini biasa di musik metal, punk, rock, dan hardcore, tapi buat penggemar pop pasti terdengar radikal.

Walau vokalisnya teriak-teriak, liriknya masih jelas didengar. Lagu ini emperbaca.com rekomendasikan buat kamu penggemar pop yang mengalami ketidakadilan di kampus, lingkungan kerja, atau di social circle.

11. Air Mata Api - Burgerkill


Lagu ini musiknya gak terlalu keras dan liriknya jelas didengar. Selain itu admin emperbaca.com senang dengan Burgerkill, jadi kami rekomendasikan lagi Burgerkill lewat lagu Air Mata Api.

***

Setelah dengar lagu-lagu metal, paling enak dengar 12 Lagu Kolaborasi Iwan Fals dengan Penyanyi Beda Generasi.

0 Comments

Posting Komentar