Tipe Vokal Bariton dan 9 Subkategorinya

Bariton termasuk dari 3 tipe suara utama pria yang digunakan untuk menyanyi, yaitu tenor, bariton, dan bass.

Jangkauan nada bariton berada di nada A2-A4, lebih rendah daripada tenor, dan dapat mengjangkau nada F2-C5 yang mana tidak lebih rendah dari bass. 

Bariton termasuk jenis suara yang paling umum pada pertunjukkan opera, selain tenor. 

Penyanyi tenor selalu dapat peran utama disusul oleh penyanyi bariton yang jadi pemeran pendukung. Sementara itu, pria bersuara bass biasanya dapat peran jadi penjahat atau rakyat jelata.

Namun, di pertunjukkan opera modern abad 20, penyanyi  bersuara bass kini dapat peran sebagai bangsawan, orang kaya, atau pejabat, sama dengan penyanyi tenor dan bariton.

Baca Juga :

1. 5 Jenis Suara Dalam Tipe Vokal Bass 

2. 5 Jenis Suara yang Termasuk Vokal Sopran

Pada musik opera abad ke-19 di Italia, tidak ada bedanya antara bariton dan bass. Namun, sejak Mozart banyak menciptakan musik yang jangkauannya ditengah antara tenor dan bass, maka penyanyi yang bersuara diantara itu disebut bariton.

Jenis suara bariton punya 9 subkategori. Sulit membedakan kalau kita mendengarnya dengan suara awam, tapi 9 subkategori bariton ini dapat dibedakan dengan kunci nada di piano. 

1. Baryton-Martin


Disebut juga bariton-ringan. Merupakan suara bariton paling tinggi yang mendekati tenor.

Subkategori baryton-martin ini diberi nama berdasarkan jangkauan nada yang dimiliki penyanyi Prancis, Jean-Blaise Martin di abad 19.

2. Lyric Baritone


Subtipe bariton ini memiliki rentang vokal yang berada antara A2 hingga G4 dan biasanya digunakan dalam peran jenaka.

Di pertunjukkan opera, banyak ditemukan penyanyi yang bertipe vokal lyric baritone daripada subkategori lain. 

3. Coloratura Baritone


Suara coloratura bariton termasuk jarang dimiliki penyanyi opera. Namun, subkategori ini tetap dimunculkan untuk melindungi para penyanyi yang dikontrak untuk peran tertentu.

Bayaran penyanyi coloratura berbeda dengan jenis suara lain karena peran mereka juga beda. Jenis suara coloratura baritone cenderung cepat dengan nada liukan yang dinamis daripada jenis bariton lain.

4. Heldenbaritone


Istilah ini sering dikaitkan dengan Richard Wagner yang suaranya berjenis healdenbaritone atau artinya sama dengan dramatic baritone.

Penyanyi heldenbaritone lumayan banyak ditemukan dipertunjukkan opera di Italia daripada di Prancis, walaupun istilahnya berasal dari Jerman.

5. Kavalierbariton


Seperti halnya heldenbaritone, kavalierbaritone juga digunakan di Jerman untuk mengklasifikasikan jenis suara yang berada di kategori bariton.

Jenis suara ini biasanya cocok untuk peran bangsawan muda karena nadanya yang lebih kuat dari lyric-baritone

6. Verdi Baritone


Suara verdi bariton termasuk bariton berat yang lebih mendominasi di pertunjukkan opera aria atau opera serius di Italia.

Subkategori bariton yang satu ini termasuk yang susah dinyanyikan, tapi mudah digubah oleh para komposer. 

7. Baryton-noble 


Baryton-noble bariton diambil dari bahasa Prancis yang berarti "bariton mulia". Dinamakan seperti itu karena menggambarkan vokalisasi suara yang halus dan kuat.

Suara baryton-noble sudah lebih berat mendekati bass, tapi masih jauh dari jangkauan nada bass. 

8. Dramatic Baritone


Jenis ini punya tessitura yang rendah. Tesssitura adalah rentang vokal yang paling dapat diterima dan dirasa nyaman untuk penyanyi dan juga pada alat musik, yaitu rentang dimana jenis suara tertentu mencapai nada suara terbaiknya.

Seringkali penyanyi dramatic baritone dianggap bersuara bass karena nadanya yang berat.

9. Bass-baritone


Ini nada bariton yang paling rendah dan sedikit saja si penyanyi merendahkan suaranya, dia akan masuk pada jenis suara bass.

Selain dijadikan nama jenis vokal, bass juga dikenal sebagai nama instrumen musik petik yang dimainkan seperti gitar. 

Baca Juga: Beda Opera, Operet, dan Drama Musikal

***

Semua orang yang punya bakat nyanyi dengan tipe vokal bariton bisa berlatih supaya suaranya seperti penyanyi opera yang kuat dan melengking meski tanpa mikrofon.

0 komentar

Posting Komentar