Bisakah Wikipedia Dipercaya?

Wikipedia dibuat oleh Larry Sanger dan Jimmy Wales pada 15 Januari 2001 yang merupakan akronim dari 'wiki' dan 'encyclopedia'.

Wiki, dalam bahasa Hawaii, artinya cepat. Sedangkan dalam pemrograman wiki berarti situs yang dirancang untuk sekelompok orang supaya dapat berbagi ide dengan cepat dengan membuat halaman sederhana dan menghubungkannya bersama-sama. 

Sesuai namanya, di Wikipedia siapapun boleh mengisi dan mengubah isi di Wikipedia selama akunnya tidak diblokir oleh pengelola. Di Indonesia, ada kelompok wikipediawan yang sering keliling membetulkan konten-konten yang tayang di Wikipedia. 

id.wikipedia.org

Kenapa harus dibetulkan? Karena sifatnya yang amat terbuka, siapapun boleh mengubah isi konten di Wikipedia meskipun tidak sesuai fakta. Wikipediawan dapat menghapus satu konten bila setelah diverifikasi, konten itu berisi informasi palsu.

Tahun lahir Syahrini pernah berubah dari 1980 ke 1982 tiga hari sesudah dia menikah dengan Reino Barack. 

Sampai sekarang tahun lahir Syahrini di Wikipedia adalah 1982 mengikuti buku nikahnya.

Sementara kelahiran 1980 diambil dari data di rapor SMP Syahrini.

Kita bisa mempercayai Wikipedia untuk bahan referensi non-ilmiah, misal untuk menulis konten blog dan tulisan fiksi.

Namun, Wikipedia tidak untuk bahan makalah, skripsi, tesis, apalagi jurnal ilmiah. Sebabnya?

Ya itu tadi, semua orang bisa mengedit Wikipedia, jadi kredibilitasnya tidak bisa digunakan untuk tulisan akademik.

Wikipedia sendiri tidak menjamin keabsahan isi artikel di dalamnya karena bersifat terbuka dalam jaringan kolaboratif.

Artinya, sepanjang informasi itu tidak palsu dan berdasarkan fakta, boleh saja dimuat disitu. Namun, apakah sumber fakta itu bohong atau tidak, benar atau tidak, tidak itu yang jadi soal.

Di tiap bagian bawah laman Wikipedia biasanya ada tautan dari mana informasi itu berasal. Tautan itulah yang bisa dijadikan sumber tulisan akademik.

Misal, tautan (link) yang berasal dari situs LIPI, NASA, kementerian, lembaga negara, atau situs berita terpercaya.

Bila tidak ada tautan atau tautannya hanya satu, kita harus mencari sumber lain di Google atau Bing, Yahoo, DuckDuckGo, dan lainnya.

Mahasiswa yang mencari bahan makalah dan skripsi saya anjurkan tetap ke perpustakaan untuk mencari bahan referensi. Buku akademik ditulis oleh akademisi yang kemampuan ilmiahnya tidak diragukan, sehingga ilmunya juga kredibel.

Isi buku juga tidak bisa dimanipulasi, setidaknya belum pernah ada yang mengubah isi buku seseorang agar orang itu seolah menulis hal lain. Paling maksimal sebuah buku dicetak ulang dengan kualitas rendah untuk dijual lagi, alias buku bajakan.

Beda dengan internet. Apapun yang ada di internet bisa diubah, dipalsukan, dimanipulasi dan disebarkan kembali seolah-olah berita itu benar dan berasal dari sumber kredibel.

Begitu pun dengan Wikipedia. isinya bisa diubah maka tidak kredibel untuk dijadikan referensi penulisan akademis.


0 komentar

Posting Komentar