Warna Biru dan Tanda Centang Pada Verifikasi Medsos

Kita tahu lah ya, warna biru punya arti kesetiaan, ketenangan, sensitif dan bisa diandalkan.

Baju warna biru juga salah satu warna yang disarankan untuk dipakai saat wawancara kerja karena memberi kesan percaya diri dan bisa dipercaya.

Pada Twitter, centang atau lencana biru menandai bahwa akun tersebut high-profile atau berpengaruh bagi publik. 

Namun, Twitter telah menangguhkan permohonan lencana biru sejak 2017 dan secara bertahap hanya memberikannya kepada selebritis, tokoh politik, tokoh publik, dan influencer. Jadi yang "hanya" ibu rumah tangga seperti saya bagai pungguk merindukan bulan.

Satu hal unik, di platform microblogging itu semua member JKT48 dapat lencana biru sementara anggota boyband SMASH yang dapat lencana hanya Bisma, Dicky, dan Rangga. Grup idol JKT48 memang populer, tapi SMASH sudah lebih dulu populer dan lebih digilai. Hemm~.

Sedangkan di Instagram centang biru menandakan bahwa akun itu asli milik orang yang bersangkutan alias akun terverifikasi. Maksudnya kalau akun bercentang biru itu punya nama Trio Kwek-kwek, berarti Trio Kwek-kwek yang grup nyanyi itulah asli siempunya akun, meskipun dikelola oleh admin atau tim manajemen.

Permohonan tanda centang lebih sulit diberlakukan oleh YouTube. Centang pada YouTube tidak berwarna biru melainkan, kalau tidak salah, abu-abu.

Dahulu YouTube hanya mensyaratkan jumlah subscriber minimal 100rb untuk bisa mengajukan verifikasi centang. Namun sejak September 2019 syarat ini diperketat. Kanal harus benar-benar orisinil, bermanfaat bagi banyak orang atau mewakili brand atau tokoh tertentu. 

Sejak peraturan baru itu diberlakukan banyak YouTuber kenamaan yang tidak lagi bertanda centang, termasuk YouTuber top dunia, PewDiePie. Tapi apalah arti centang bagi PewDiePie, toh dia telah menandatangani kerjasama live streaming eksklusif dengan YouTube.

Satu lagi centang biru yang paling kita tunggu saat membuka ponsel, yaitu tanda centang dua biru pada WhatsApp yang menandakan pesan kita telah dibaca orang yang dituju. Tapi fitur read receipt ini bisa dinonaktifkan sesuka hati, sayapun melakukannya karena alasan privasi.

Begitu besar makna dan pengaruh warna biru sampai-sampai keluarga kerajaan dan keturunannya pun disebut sebagai darah biru.

0 komentar

Posting Komentar