Pemancingan Kampung Ulam Mina Wisata Menayu Muntilan

Kalau baca “wisata kuliner” sudah pasti  terbayang aneka jenis makanan dengan  menggiurkan. Tapi, yang di maksud “wisata kuliner” di Mina Wisata Menayu di kecamatan Muntilan ini adalah ikan nila (bakar, goreng, dan asam manis), lalapan plus sambalnya, dan mie instan. Minuman untuk menu tadi ada es teh, es jeruk, jeruk panas, teh panas, dan kopi. Mengecewakan untuk disebut sebagai “wisata kuliner” seperti yang terpampang dalam spanduk selamat datang disana.


Untunglah jenis ikan yang bisa dipancing tidak cuma satu. Ada Gurame, Bawal, Nila, Mujair, Mas, dan Patin. Di Dusun Menayu memang warga yang memelihara ikan untuk tujuan ekonomis.

Kolam pemancingan di Mina Wisata Menayu ada dua. Di kolam yang lebih besar ada tiga gazebo. Pada tiap keliling kolam ada dingklik panjang dari bambu untuk tempat duduk pemancing. Pada kolam yang lebih kecil hanya ada tempat duduk dari bambu, tanpa gazebo.


Pemancingan ini buka sejak pagi sampai pukul 17.00. Pehobi mancing yang lagi stres boleh menghabiskan waktu disini. Tinggal bawa pancingan dan umpan lalu pesan kopi segelas, duduk deh seharian di temani pemandangan sawah nan luas. Tidak pesan apapun juga boleh, hanya memancing saja dan bawa bekal dari rumah. Tapi ikan hasil mancingnya ya harus dibayar.

Lokasi ini cocok untuk keluarga, tapi tempat cuci tangan hanya ada dua. Toilet cuma satu dengan kondisi menjijikkan. Tempat sampah juga cuma satu yang berupa tong plastik yang biasa dipakai di rumah-rumah. Karena tak ada cukup tempat sampah maka banyak orang yang buang sampah ke kolam. Tidak banyak, sih, tapi mengganggu kenyamanan karena plastik mengambang-ambang di kolam.

Pelayanannya juga lamaaa. Dari lima kali berkunjung kesana, rekor tercepat untuk dapat dua gelas es teh dan dua es jeruk adalah 25 menit setelah kita memesan. Kalau lagi ramai (Minggu dan tanggal merah), kita harus menunggu selama 1,5 jam sampai seekor nila goreng, nila bakar, dua es jeruk, dan dua es teh terhidang di meja.

Sudah tahu lama kenapa balik kesitu lagi? Karena si boy suka mancing dan Mina Wisata Menayu ini satu-satunya tempat mancing di kecamatan. Orang-orang tidak keberatan dengan segala kekurangan yang ada mungkin mereka memang niat memancing, bukan makan enak di lokasi yang bersih dan nyaman.

Kebanyakan keluarga yang datang dengan anak kecilpun memang memancing, tidak makan. Ya, paling pesan minumlah. Setelah puas lalu mereka pulang.
Dan kalau bawa balita harus diawasi jangan sampai mereka kecebur kolam. Ya iyalah.

0 komentar

Posting Komentar